|

Siswa Kesurupan, Sekolah Undang Pawang Kuda Lumping

YOGYAKARTA, Fenomena kesurupan kembali terjadi di Sleman, setelah sekolah MTsN Prambanan pada bulan Oktober lalu, kali ini giliran siwa-siswi SMK Sanjaya, Pakem mengalami kejadian serupa.

Kepala SMK Sanjaya Pakem, Utami menggungkapkan. kesurupan yang menimpa siswanya terjadi saat jam istirahat. "Awalnya satu siswi kelas 2 bernama Eriska merasa tidak enak badan, lalu dibawa ke UKS sekolah. Beberapa menit dia tiduran tiba-tiba badanya kejang-kejang dan mulai mengigau. Beberapa guru dan petugas UKS mencoba menenangkan namun tidak berhasil," paparnya saat ditemui Kompas.com di SMK Sanjaya Pakem, Selasa (20/11/2012)

Ia menambahkan, saat beberapa guru sedang berusaha menenangkan Eriska, tiba-tiba beberapa murid yang sedang istirahat mengalami hal yang sama. Serentak siswa dan guru berhamburan mencoba menolong siswa yang kesurupan.

"Mereka mengigau ada roh halus yang mengikuti. Kami tidak tahu cara menanganinya, akhirnya kami mendatangkan pawang "jathilan" (kuda lumping) untuk menenangkan kelima siswa yang kesurupan. Setelah ditenangkan guru-guru memutuskan untuk memulangkan para siswa agar tidak merembet lebih banyak lagi," terangnya.

Menurut keterangan Rini Pusparwati guru BP di SMK Sanjaya Pakem, Eriska memang suka ikut menari "jathilan" (kuda lumping). Malam harinya pun dia sudah kesurupan. Fenomena ini yang pertama kalinya terjadi.

"Besok mereka tetap sekolah seperti biasanya. Dan semoga saja kejadian seperti ini tidak kembali terulang," pungkasnya.

Sumber Berita & Gambar : Kompas Online

Posted by Wawan Kurniawan on 19.54. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented