Hujan Deras- Dua Pesawat Delay, Dua Kembali ke Bandara

YOGYAKARTA – Hujan deras yang mengguyur Kota Yogyakarta membuat Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta ditutup untuk penerbangan. Setidaknya, dua pesawat terpaksa ditunda keberangkatannya.

Begitu juga dua pesawat yang hendak tiba juga terpaksa kembali ke bandara asal. Penutupan bandara ini terjadi sejak pukul 16.30 WIB,menyusul cuaca burukdi Yogyakarta.Jarak pandang yang terbatas membuat otoritas bandara menutup akses penerbangan sesaat. Hingga pukul 17.00 WIB, bandara belum dibuka.Akibat penutupan ini,dua penerbangan terpaksa delay, yakni Batavia Air 234 jurusan Surabaya dan Garuda 213 jurusan Jakarta. Kedua pesawat terpaksa kembali ke apron untuk digrounded. Sementara dua penerbangan yang mestinya tiba di Yogyakarta, Sriwijaya Air 235 dari Surabaya dan Lion Air 550 dari Jakarta,terpaksa kembali ke bandara asal.

“Cuaca buruk tidak memungkinkan untuk terbang, terpaksa dua penerbangan delay, dan dua lainnya kembali ke bandara asal,” papar Asisten Manajer Data Dan Informasi PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Faizal Indra Kusuma. Bandara akan membuka kembali penerbangan jika kondisi cuaca bagus. Begitu cuaca bagus, penerbangan akan dilakukan kembali. Hingga berita ini diturunkan,Faizal belum bisa memperkirakan sampai kapan penerbangan dilakukan.

“Kita akan terapkan sesuai SOP, kalau sudah aman pasti akan kita buka,”tandasnya. Bandara dan maskapai telah memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada calon penumpang sehingga permasalahan ini bisa dipahami oleh calon penumpang. Maskapai telah memberikan kompensasi atas keterlambatan. Public Relation PT Garuda Indonesia Yogyakarta Takarina, mengaku belum mendapatkan laporan terkait masalah cuaca buruk. Saat kejadian itu dia berada di Jakarta.

Biasanya masalah seperti ini akan disesuaikan dengan standar.Termasuk penundaan pembatalan. “Biasanya sudah ada standar, dankitatidakbisaambilrisiko karena berbahaya,”ujarnya. kuntadi

17.20 | Posted in , , , | Read More »

Kota Yogya dan Sleman Dilanda Lesus

YOGYAKARTA – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, kemarin 28/11/2012. Akibat kejadian itu, beberapa pohon dan baliho roboh menimpa sejumlah mobil yang sedang di parkir.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah itu. Hasanudin, 28, salah satu warga Papringan, Depok, Sleman mengatakan, angin kencang menerbangkan atap dapur milik seorang warga yang terbuat dari seng. Kencangnya tiupan angin itu juga membuat takut warga. Mereka memilih bertahan di dalam rumah. “Pas mendung itu anginnya kenceng tapi tidak hujan,”ucapnya. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, Mochammad Riyadi mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap gangguan cuaca, seperti munculnya angin puting beliung ataupun angin ribut yang terjadi di musim peralihan.

Dia melihat curah hujan masih belum normal dalam artian intensitas hujan terjadi hampir setiap hari.“Perlu diwaspadai kalau pagi cerah kemudian siangnya panas lalu tiba-tiba mendung gelap, itu biasanya ada puting beliung,”paparnya. Menurut dia, saat terjadi angin puting beliung, kecepatan angin bisa mencapai 50-60 km/jam dengan gerakan vertikal dan dampak yang diakibatkan tidak meluas.

Sedang, untuk angin ribut, kecepatannya sampai 60 km/jam dan bergerak secara horizontal dengan cakupan dampak yang diakibatkan cukup luas karena sifatnya regional. “Dalam kondisi normal, kecepatan angin sekitar 18 km/- jam,”ucapnya. Riyadi menerangkan, ada perubahan curah hujan yang terjadi di wilayah DIY pada musim hujan tahun ini.

Dari delapan zona musim,empat zona mengalami penurunan curah hujan. Empat zona itu,yakni Kulonprogo Utara dan Sleman Barat, Sleman Timur, Gunungkidul Utara dan Gunungkidul Selatan.

Sumber : Seputar Indonesia

21.25 | Posted in , , | Read More »

Kunjungi Keraton Yogya, Pangeran Norwegia Dipameri Wayang dan Keris

Yogyakarta - Putra mahkota Norwegia, Pangeran Haakon Magnus, dan putri mahkota Mette Marift mengunjungi Keraton Yogyakarta. Kedatangan keduanya disambut Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas.

Tiba di keraton sekitar pukul 10.30 WIB, Rabu (28/11/2012), putra-putri mahkota Norwegia itu langsung memasuki Keraton menuju Gedung Jene diiringi Gending Monggang yang merupakan musik gamelan untuk menyambut tamu. Sebelum masuk ke gedung Jene, keduanya melihat pusaka keraton yang berada di depan Gedung Jene.

Pusaka yang dipamerkan di antaranya wayang Kresna, Punto Dewo, dan Harjuna yang merupakan karya Sri Sultan HB I, dan wayang Bataro Guru karya Sri Sultan HB VIII serta keris berpamor meteor dan manuskrip tentang kisah Barathayuda.

"Ini semua karya sendiri, bukan karya yang sifatnya mass (tidak diperjualbelikan). Ini ditunjukkan untuk memahamkan bahwa keris karya bangsa Indonesia, bukan karya Malaysia," kata Sultan.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Sultan menceritakan tentang kota budaya dari filosofinya hingga peradaban serta membincangkan Norwegia berinvestasi dalam teknologi lingkungan dan teknologi perikanan.

"Norwegia kan masalah lingkungannya sangat ketat. Mereka juga memiliki teknologi perbaikan kapal. Kerjasama dibidang ini tentu sangat bermanfaat," kata Sultan.

Investasi yang ditekankan Sultan kepada Norwegia merupakan investasi yang mengarah untuk menjadikan masyarakat lebih produktif. "Jadi bukan sekadar investasi yang membuat masyarakat menjadi konsumtif," katanya.

Usai melakukan kunjungan ke Kraton Yogyakarta, putra mahkota Norwegia langsung menuju ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk menjajaki kerjasama di bidang pendidikan.

Sumber berita & gambar : detikNews

15.29 | Posted in , , , | Read More »

Nelayan Pantai Baron Abaikan Gelombang Tinggi

GUNUNG KIDUL-Sejumlah nelayan Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tetap melaut pada Minggu (25/11) meski gelombang laut mencapai 10 meter.

"Kemarin meski gelombang laut mencapai 10 meter, masih ada beberapa nelayan yang tetap melaut. Hasil tangkapannya lumayan banyak, khususnya lobster," kata petugas TPI Pantai Baron Wasiman di Gunung Kidul, Senin (26/11).

Ia mengatakan, setiap perahu jukung yang melaut sedikitnya mampu menangkap sekitar 60 hingga 70 kilogram (kg) lobster. Harga lobster mencapai Rp200 ribu per kg.

"Kemarin sekitar tujuh kapal jukung yang melaut. Hasil tangkapan berupa lobster, bawal putih, tongkol dan rumput laut. Penurunan hasil tangkapan ikan tidak terlalu banyak," kata Wasiman.

Nelayan anggota Kelompok Nelayan Mina Samudera Pantai Baron Wasid mengatakan dirinya memilih tidak  melaut karena takut dengan gelombang sangat tinggi dan melewati batas kemampuannya sebagai nelayan.

"Saya lebih memilih tidak melaut, karena takut. Gelombangnya sangat tinggi antara tujuh hingga 10 meter. Tingginya gelombang melebihi kemampuan saya sebagai nelayan. Lebih baik, saya menunggu hingga gelombang kembali normal," kata Wasid.

Wasid mengatakan, beberapa rekannya memang ada yang nekat melaut, tetapi jumlah tangkapan yang mereka dapatkan tidak maksimal sehingga harus kembali dengan sedikit tangkapan. Nelayan yang melaut hanya mendapatkan sedikit udang.

Seorang nelayan Ngatno mengatakan, dirinya memilih tidak melaut dan mempersiapkan peralatan melautnya di tepi pantai ketimbang memaksakan diri menerjang ombak tinggi.

Perlengkapan ini, dia persiapkan untuk melaut pada saat ombak melandai sehingga dirinya bisa langsung mencari tangkapan.  "Kami mempersiapkan peralatannya seperti jaring dan segala peralatan untuk melaut sembari menunggu gelombang kembali normal," kata dia. 

Sumber : Media Indonesia

21.11 | Posted in , , | Read More »

Kabel PLN Terbakar Bikin Panik Warga

KULONPROGO – Warga di sekitar Pesanggarahan Puro Pakualaman, Kulonprogo dibuat panik setelah kabel milik PT PLN bertegangan 20.000 volt tiba-tiba terbakar, kemarin. Peristiwa itu terjadi diduga akibat hubungan pendek arus listrik.

Api sempat berkobar selama hampir 25 menit. Saksi mata Taruno, 70, menuturkan, sebelum kebakaran, terlihat percikan api dari tiang listrik di depan kantor PT Jogja Magasa Iron (JMI).Tak lama kemudian, kabel jatuh di depan kantor disusul nyala api dan suara gemuruh yang cukup keras. “Suara gemuruhnya cukup keras setelah percikan disusul nyala api dari. Siang hari sebelum kejadian ada pemasangan jaringan kabel baru.

Ada penambahan tiang listrik baru dan kabel sudah terpasang,” kata dia,kemarin. Menurut Taruno,saat pemasangan jaringan baru,aliran listrik di sekitar lokasi padam. Aliran kembali menyala sore harinya.Kebakaran baru terjadi sekitar pukul 17.15.“Tidak ada warga yang berani mendekat karena takut kesetrum.Hanya berkerumun melihat dari kejauhan,”ujarnya. Kobaran api padam 25 menit kemudian setelah dilaporkan ke PLN dan polisi.

Mobil pemadam kebakaran juga didatangkan ke lokasi,namun terlambat karena saat tiba di lokasi kobaran api sudah padam. Kepala UPJ PLN Wates,Sutikno mengakui, jika PLN tengah menambah jaringan baru menuju ke wilayah pesisir selatan. sodik

Sumber : Seputar Indonesia

20.27 | Posted in , , , | Read More »

Kasus Penipuan Berkedok Investasi, Dosen IT di Yogya Ditangkap

Yogyakarta - Selama kurun waktu 7 tahun, seorang Dosen IT Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta membuka usaha investasi dengan sarana ITE. Dosen dan pemilik warnet berinisial MT (35) tersebut akhirnya ditangkap oleh jajaran Polda DIY atas dugaan penipuan investasi.

Penipuan invetasi dilakukan dengan merekrut para nasabah dengan membuka website ASIA KITA dan MANDIRI KITA. Selama kurun waktu mulai tahun 2005 hingga sekarang, tersangka telah berhasil merekrut nasabah sebanyak 42.559 investor. Invetasi ini modelnya mirip seperti MLM namun media yang digunakan berbebeda yakni melalui web.

Direktur Reserse dan Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda DIY, Kombes Pol Joko Lelono mengatakan, pelaku melakukan penipuan karena tidak dapat memenuhi keuntungan dari yang telah dijanjikan. Modus operandi yang dipakai pelaku menampilkan data-data pada WEB SITE WWW.ASIAKITA.COM dengan nama program investasi ASIA KITA.

Invetasi ini mencari downline empat orang dengan mentransfer uang masing-masing RP 20.000 melalui Rek BCA, sehingga jumlahnya Rp 80.000. Selain itu juga dengan memakai program invetasi Mandiri Kita dengan mencari downline empat orang dengan mentransfer ke Rek Mandiri masing-masing Rp 50.000, sehingga jumlah total downline Rp 200.000.

“Dokumen-dokumen tersebut diduga tidak saah, karena status usahanya tidak memiliki izin dan tidak terdaftar pada instansi yang berwenang,” kata Joko Lelono di Mapolda DIY, Minggu(25/11/2012).

Tersangka saat ini telah ditahan di Polda DIY dan masih dilakukan pengembangan kasus sehingga tersangka kemungkinan bisa bertambah. Dari penangkapan tersangka di Sorosutan, Pakel Baru No 35, Umbulharjo, Yogyakarta, Polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit Laptop, 6 Buku Rek Bank Mandiri, dan 3 Buku Rek BCA.

“Kesemua rekening atas nama tersangka, istri dan keluarganya. Tidak ada nama lain diluar keluarganya. Masih diselidiki apakah mereka menerima aliran uang atau hanya sekadar pinjam nama,”katanya.

Total jumlah uang dari usaha invetasi ini masih dihitung. Namun menurut Joko Lelono, secara kasar lebih dari Rp 4 milyar. Polda DIY telah memblokir semua WEB dan rekening yang dipergunakan tersangka. Ada 4 WEB yakni ASIAKITA.COM, MANDIRIKITA.COM, INVESTA MANDIRI dan ASIA BERSAMA.

Kepolisian meminta semua yang merasa menjadi korban tersangka untuk melapor. Diduga korban tersebar diseluruh wilayah Indonesia, karena media yang dipergunakan Internet sehingga lebih mudah diakses.

Sementara itu, Kuasa Hukum tersangka, Edi Ahmad Nurkojin, SH mengatakan, akan meminta penangguhan penahanan. “Ada yang lebih penting yang dilakukan yakni sebagai pengajar atau dosen dan juga konsultan Warnet. Sehingga dibuthkan khalayak ramai,”katanya.

Menurutnya, bisnis yang dilakukan pada dasarnya adalah saling menguntungkan. Dan rekening yang disetorkan semuanya disetorkan ke member.

Sumber : detikNews

17.22 | Posted in , , , , , | Read More »

Konsumsi BBM Bersubsidi Jateng-DIY Sudah Overkuota

YOGYAKARTA-Konsumsi BBM Bersubsidi di wilayah Jateng  dan Daerah Istimewa Yogyakarta dari Januari sampai dengan 18 November sudah menunjukkan overkuota dari seharusnya.

Untuk itu, Pertamina memperkuat stok BBM nonsubsidi di SPBU seluruh wilayah Jateng dan DIY baik untuk produk Pertamax, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex.

"Overkuota Premium (bersubsidi) sebesar 1% dan Solar (bersubsidi) 2%. Mendekati akhir tahun kuota BBM Bersubsidi semakin menipis," terang Assistant Manager Eksternal Relation Pertamina Pemasaran Jateng dan DIY Heppy Wulansari, Sabtu (24/9).

Ia menjelaskan, realisasi BBM bersubsidi di wilayah Jateng dan DIY, sampai dengan 18 November 2012 sudah mencapai 3.104.208 KL atau 89% untuk premium dan 1.705.335 KL atau 90% untuk solar.

Padahal, seharusnya, realisasi konsumsi BBM Bersubsidi sampai dengan tanggal 22 November 2012 tercapai 88% untuk Premium maupun Solar agar kuota cukup.

Untuk itu, Pertamina melakukan penguatan stok BBM nonsubsidi hingga penyiapan pelayanan Solar nonsubsidi di SPBU untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga sebagai antisipasi jika alokasi BBM Subsidi di SPBU habis sehingga masyarakat tetap bisa terlayani dengan BBM nonsubsidi.

Penguatan stok BBM nonsubsidi dilakukan Pertamina dengan mewajibkan SPBU yang menyediakan BBM nonsubsidi untuk menjaga ketahan stok dan harus melakukan penebusan di saat stock Pertamax mulai menipis sehingga Pertamax selalu tersedia di SPBU. Selain itu Pertamina juga melakukan monitor secara ketat terhadap stock Pertamax di SPBU dengan system MS2 (Monitoring Stock SPBU)

Saat ini, tambahnya, Pertamina juga sedang menyiapkan langkah-langkah penjualan Solar nonsubsidi di SPBU.

Terkait penyedian solar nonsubsidi, Pertamina Pemasaran Jateng dan DIY menargetkan 64 SPBU yang bisa menjual Solar nonsubsidi dalam waktu dekat.

Pada SPBU-SPBU ini juga akan dibuat jalur khusus untuk Solar Non Subsidi untuk menjaga kenyamanan konsumen.

"Pertamina bertekad untuk tetap menyediakan BBM dan menjamin ketersedian BBM di SPBU agar pelayanan kepada masyarakat terus dapat berjalan lancar," pungkasnya. (AT/OL-11)

Sumber : Media Indonesia

17.00 | Posted in , , | Read More »

Nyaru Jadi Tamu, Kuras Rumah

BANTUL – Modus kejahatan belakangan ini semakin beragam. Berpura-pura menjadi tamu, lima kawanan perampok asal Tangerang menguras sejumlah rumah warga di Bantul.

Namun aksi mereka terhenti setelah jajaran Satreskrim Polres Bantul meringkus mereka, kemarin. Mereka adalah Bahar, 19, Iwan, dan Erwinsyah, 19, ketiganya warga Lampung Timur,Bandar Lampung; Irfan, 23, warga Tangerang, Jawa Barat; dan Darmawan, 32,warga Subang,Jawa Barat. Informasi yang dihimpun, kawanan ini tiba di Bantul pada Senin (19/11) malam lalu.Keesokan harinya mereka langsung beraksi dengan menyewa sebuah mobil Daihatsu Terios hitam nopol B 1803 XY.

Tak tanggung-tanggung, mereka menyasar tiga tempat berbeda dalam satu hari. Lokasi pertama, mereka menyasar rumah Ahmad Arifin, 26,warga kompleks perumahan Pendowo Asri, Kelurahan Pendowoharjo Kecamatan Sewon.Selain mengancam korban, kawanan yang menyaru jadi tamu ini mengobrak-abrik seisi rumah dan berhasil menggondol perhiasan emas dan dokumen berharga lainnya.

Setelah itu,kawanan ini bergeser ke rumah Malviani Dwi,30, warga Perum Taman Mas Tamantirto, Kecamatan Jetis.Korban kehilangan sejumlah perhiasan berupa emas. Korban berikut antara lain rumah Irwan Sucipto, 30, dan Zeta Yetiningsih, 34, keduanya warga Perum Tirto Bangunjiwo Sejahtera Blok 03 Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan. Kasatreskrim AKP Alaal Prasetya mengatakan, pihaknya belum memastikan apakah kelompok ini terkait teroris.

“Kita belum sampai di sana.Yang jelas kita fokus untuk mengusut tuntas kasus ini,”ujarnya. Menurut Alaal,kawanan perampok ini tergolong lihai. Sebab hanya dalam tempo singkat, mereka sudah bisa menguasai tiga wilayah sekaligus dalam waktu hanya satu hari. Kapolres Bantul AKBP Dewi Hartati mengatakan, lima tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif. “Kita proses lebih lanjut,”tandasnya.

Sumber : Seputar Indonesia

21.50 | Posted in , | Read More »

Acungkan Sayur, Pedagang Tuntut Penertiban Pasar di Yogya

Yogyakarta - Dengan membawa berbagai jenis sayuran, para pedagang Pasar Kranggan Yogyakarta berunjuk rasa di depan pasar di Jl P. Diponegoro. Pedagang yang menempati lapak di dalam pasar ini menuntut Pemkot segera menertibkan keberadaan pedagang liar.

Para pedagang menilai tidak tegasnya pemerintah dalam menertibkan pedagang liar menyebabkan situasi semakin semrawut. Di luar pasar, pedagang tak resmi menjamur. Diperkirakan, jumlah pedagang liar semakin banyak sekitar 600-an hampir menyamai pedagang resmi yang mencapai 700-an.

Para pedagang yang sebagian merupakan nenek ini berorasi di depan pasar sambil mengacung-acungkan sayur-sayuran.

"Jualan kami semakin menurun. Lama-lama kami bisa bangkrut kalau pedagang liar dibiarkan terus," ungkap Walji Astuti(40), salah satu pedagang sayuran di Pasar Kranggan, Kamis (22/11/2012).

Para pedagang mengaku pendapatannya turun 40-50 persen karena makin banyaknya pedagang liar. Padahal mereka membayar retribusi secara tertib. Sementara pedagang liar tidak dipungut retribusi resmi.

Wakil Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Kranggan, Waljito mengatakan, sebelumnya seluruh pedagang membuat kesepakatan dengan disaksikan aparat kecamatan. Pedagang liar hanya berdagang mulai pukul 3 pagi sampai pukul 07.30. Tetapi kesepakatan itu dilanggar. Di sela aksi, para pedagang menyobek-nyobek kesepakatan tersebut sebagai bentuk protes.

"Jika tidak dilakukan penertiban, kami pedagang resmi akan boikot bayar restribusi," kata Waljito.

Dalam aksi ini, mereka membentangkan poster yang antara lain bertuliskan "Dinlopas Jangan Cuma Duduk di Kursi", "Dintib Taati Aturan dan Tegas", "Kami Tak Percaya Janji Palsu", dan lain-lain.

Sumber Berita & Gambar : detikNews

17.20 | Posted in , , , | Read More »

Buruh DIY Lega, Pengusaha Kecewa

YOGYAKARTA – Surat keputusan (SK) terkait upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2013 di DIY secara resmi diteken oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X kemarin.

Nilai upah yang akan berlaku mulai 1 Januari 2013 tersebut disahkan dalam Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor 370/KEP/2012 tentang UMK di DIY. Kota Yogyakarta tercatat memiliki UMK tertinggi yakni Rp1.065.247 dari kebutuhan hidup layak (KHL) hasil survei Dewan Pengupahan Kota Yogyakarta Rp1.046.846. Daftar selengkapnya besaran UMK lihat infografis. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY Budiantono mengatakan, DIY mampu mengesahkan UMK lima hari lebih cepat dari deadline yang diberikan Kemenakertrans.

Anton menambahkan, UMK 2013 semua lebih tinggi dari usulan yang disampaikan kabupaten dan kota.Termasuk lebih tinggi dari nilai KHL yang diputuskan dewan pengupahan kabupaten dan kota. Dalam pertemuan antara Gubernur DIY dengan bupati walikota Senin (19/11) lalu, nilai UMK disepakati 100% KHL ditambah dengan perkiraan inflasi 2013.

”Inflasinya sesuai kondisi daerah masing-masing. Misalnya Sleman kita prediksikan inflasinya sekira tiga persen, dan angkanya tidak sama dengan daerah lain,” tambahnya. Disinggung mengenai keberatan pengusaha, mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY tersebut mengatakan ada jeda waktu 40 hari sebelum berlakunya upah baru pada 1 Januari 2013.Pada masa sosialisasi tersebut, pengusaha yang keberatan dengan UMK bisa mengajukan keberatan secara resmi ke Gubernur DIY.

Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu secara terpisah menilai, nilai UMK jika dibandingkan dengan UMP 2012 peningkatannya memang cukup signifikan. Namun demikian, jika dibandingkan dengan KHL nilainya tidak mengalami perbedaan yang cukup jauh. ”Ini kan masa transisi pemberlakuan peraturan baru. Kalau dulu ada 40 item survei KHL sekarang ada 60. Sementara ke depan murni survei KHL dengan 60 item kebutuhan,” tandasYuni.

Pengusaha Kaget

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DIY Hermelien Y mengaku cukup kaget dan sedikit kecewa dengan keputusan Gubernur DIY tentang UMK 2013.Sebab besaran UMK melebihi usulan kabupaten/ kota.Namun demikian, dikarenakan pengesahan UMK dinilai sebagai hak prerogratif gubernur maka keputusan yang sudah diambil dapat diterima. Soal keberatan kalangan pengusaha, pihaknya tidak akan mengoordinasi dalam upaya pengajuan penangguhan pemberlakuan UMK 2013.

Pengusaha yang keberatan dengan keputusan Gubernur DIY diharapkandapatmengajukansecara personal surat keberatan. Sekjen Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) organisasi buruh di DIY yang berafiliasi dengan Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kirnadi mengaku cukup puas dengan keputusan Gubernur DIY. Meski belum mampu memenuhi harapan ABY bahwa UMK mencapai Rp1,3 juta, keputusan yang diambil untuk UMK 2013 sudah memenuhi ekspektasi buruh.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Dinsosnakertras) Kota Yogyakarta Muhammad Sarjono mengatakan setelah ada keputusan dari gubernur, pemkot segera akan melakukan berbagai langkah sebagai tindaklanjut dari ketetapan tersebut. Salah satunya segera akan melakukan sosialisasi kepada pekerja dan pengusaha tentang besaran UMK, termasuk mekanisme bagi pengusaha yang akan mengajukan permohonan penangguhan. maha deva/ priyo setyawan

Sumber : Seputar Indonesia

13.15 | Posted in , , , | Read More »

Siswa Kesurupan, Sekolah Undang Pawang Kuda Lumping

YOGYAKARTA, Fenomena kesurupan kembali terjadi di Sleman, setelah sekolah MTsN Prambanan pada bulan Oktober lalu, kali ini giliran siwa-siswi SMK Sanjaya, Pakem mengalami kejadian serupa.

Kepala SMK Sanjaya Pakem, Utami menggungkapkan. kesurupan yang menimpa siswanya terjadi saat jam istirahat. "Awalnya satu siswi kelas 2 bernama Eriska merasa tidak enak badan, lalu dibawa ke UKS sekolah. Beberapa menit dia tiduran tiba-tiba badanya kejang-kejang dan mulai mengigau. Beberapa guru dan petugas UKS mencoba menenangkan namun tidak berhasil," paparnya saat ditemui Kompas.com di SMK Sanjaya Pakem, Selasa (20/11/2012)

Ia menambahkan, saat beberapa guru sedang berusaha menenangkan Eriska, tiba-tiba beberapa murid yang sedang istirahat mengalami hal yang sama. Serentak siswa dan guru berhamburan mencoba menolong siswa yang kesurupan.

"Mereka mengigau ada roh halus yang mengikuti. Kami tidak tahu cara menanganinya, akhirnya kami mendatangkan pawang "jathilan" (kuda lumping) untuk menenangkan kelima siswa yang kesurupan. Setelah ditenangkan guru-guru memutuskan untuk memulangkan para siswa agar tidak merembet lebih banyak lagi," terangnya.

Menurut keterangan Rini Pusparwati guru BP di SMK Sanjaya Pakem, Eriska memang suka ikut menari "jathilan" (kuda lumping). Malam harinya pun dia sudah kesurupan. Fenomena ini yang pertama kalinya terjadi.

"Besok mereka tetap sekolah seperti biasanya. Dan semoga saja kejadian seperti ini tidak kembali terulang," pungkasnya.

Sumber Berita & Gambar : Kompas Online

19.54 | Posted in , | Read More »

Bawa 'Rudal', Ratusan Warga Yogya Aksi Kecam Serangan Israel ke Gaza

Yogyakarta - Ratusan orang berunjuk rasa menentang serangan Israel ke Gaza. Gerimis tak menghalangi aksi tersebut. Mereka membawa replika rudal sebagai simbol kekecaman Israel.

Dengan teriakan takbir, ratusan orang berkumpul di tengah perempatan kantor Pos Besar Yogyakarta, Minggu (18/11/2012). Mereka mengibarkan puluhan bendera Palestina dan Indonesia sambil menyanyikan lagu-lagu dukungan untuk Palestina. Mereka juga mengedarkan kardus bertuliskan dana sumbangan untuk Palestina.

"Biar diguyur hujan, kita akan tetap melakukan aksi ini. Karena di Gaza, rakyat Palestina diguyur peluru Israel," teriak peserta aksi dalam orasinya.

Aksi ini diawali dari halaman kantor DPRD DIY. Kemudian massa yang membawa anak-anak kecil tersebut long march melalui Jl Malioboro menuju perempatan kantor pos besar. Sebagian massa berada trotoar karena jalan yang disesaki peserta aksi.

Koordinator aksi Ardianto mengatakan, tindakan Israel yang memborbardir jalur Gaza adalah biadab. "Tindakan Israel harus dihentikan. Indonesia punya peran besar untuk menghentikanya," katanya di sela-sela aksi.

Penyerangan Israel, lanjut Ardianto, telah menyebabkan ribuan warga sipil Palestina menderita. Oleh karena itu, massa mengutuk keras kebrutalan pasukan Israel terhadap warga sipil dan anak-anak di Gaza Palestina dan mendesak dunia Islam dan internasional mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Selai itu, massa mendesak pemerintah RI melakukan langkah kongkret untuk Palestina merdeka dan mendesak PBB dan dunia internasional untuk bersikap tegas atas pelanggaran HAM berat oleh Israel.

Dalam aksinya, massa membawa replika rudal simbol kekejaman Israel. Mereka juga membentangkan spanduk dan poster bertuliskan, "Save Palestine", "Israel=penjahat kemanusiaan", "Hukum zionis Israel" dan lain-lain. Foto-foto kekejaman Israel juga mereka tunjukkan di barisan paling depan.

Akibat aksi tersebut arus lalu lintas tersendat. Polisi mengalihkan sebagian kendaraan untuk menghindari kemacetan yang lebih parah.

Sumber berita & gambar : detikNews

17.17 | Posted in , , , | Read More »

Mahalnya Sekantung Darah

YOGYAKARTA – Sekantung darah sangat bernilai harganya bagi kehidupan pasien. Namun untuk mendapatkan di Palang Merah Indonesia (PMI), pasien harus membayar hingga mencapai Rp250.000.

Mahalnya,biaya untuk mendapatkan darah itu bisa saja menimbulkan anggapan PMI mengomersialkan darah dari pendonor. Anggapan itu bisa muncul, terlebih bagi pendonor, transfusi darah dilakukan tanpa meminta imbalan. Dibyo, warga Klaten,Jawa Tengah dan merupakan salah satu keluarga pasien Rumah Sakit di Yogyakarta merasakan mahalnya biaya mendapatkan darah itu.

Dibyo menceritakan belum lama ini istrinya yang tengah mendapatkan perawatan harus segera mendapatkan transfusi darah.Sebelum menjalani operasi dibutuhkan enam kantung darah. Dari jumlah itu, dua kantung didapatkannya dengan mengambil dari PMI di Klaten, Jawa Tengah, sedangkan empat kantung lagi dari pendonor yang dia ajak melakukan transfusi di PMI Kota Yogyakarta. “Satu kantungnya yang berisi 250 cc harus ganti Rp250.000,” ucapnya.

Dengan biaya penggantian sebesar itu, dilihat secara kemanusiaan terasa mahal,terlebih pendonor sendiri melakukannya secara sukarela. Namun karena kebutuhan yang mendesak dan menyangkut keselamatan jiwa,seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan tetap diberikan.“Kalau dilihat dari urgensinya dan keselamatan jiwa berapa pun tidak ada artinya,”tandas Dibyo.

Menanggapi besarnya biaya mendapatkan darah,staf administrasi dari PMI Kota Yogyakarta Nur Edy Hidayatullah menerangkan pendonor yang menyumbangkan darah ke PMI diakui melakukan dilakukan secara sukarela. Meski begitu, darah itu tidak serta-merta bisa langsung masuk ke tubuh pasien karena harus diperiksa ada tidaknya penyakit seperti HIV,hepatitis B,hepatitis C,dan sifilis. “Biaya pemeriksaan laboratorium dari pendonor itu dibebankan kepada pasien yang membutuhkan darah,” ungkapnya.

Secara terperinci uang Rp250.000 itu untuk pemeriksaan laboratorium, pembelian kantung darah, produksi komponen darah, dan terakhir pengujian cocok serasi antara darah pendonor dan pasien. Mengenai alat laboratorium yang digunakan di PMI dibandingkan dengan laboratorium lain dinilai lebih sensitif. “Alat dan reagen yang kami gunakan berbeda,alat dari PMI dapat mengetahui jarak inkubasi virus dari pendonor sejak terinfeksi dengan cepat,jadi kalau darah ada penyakit langsung cepat diketahui,”paparnya.

Dilihat dari nominalnya,bila dibandingkan dengan biaya uji laboratorium yang dilakukan, uang itu tidak terlalu mahal.Untuk menopang biaya itu, PMI tidak mampu mengingat PMI bukan di bawah pemerintah.“Biaya itu sudah dikurangi dari bantuan karena kita selama ini berjalan juga karena adanya bantuan, dan dari potongan itu kenanya jadi Rp250.000,”kata Dibyo.

PMI Kota Yogyakarta setidaknya membutuhkan 100– 150 kantung darah per hari. Realitanya, jumlah pendonor hanya 30–90 orang per hari.Dari perhitungan Edy,selama dua tahun terakhir jumlah pendonor mencapai 36.000 orang. Jumlah itu pun tidak bisa mencukupi permintaan darah. Untuk itu,Dibyo mengajak masyarakat ikut menjadi pendonor karena tidak dilakukan setiap bulan.Donor darah itu bisa dilakukan minimal lima kali dalam satu tahun atau setiap 75 hari.

Berdasarkan jenis golongan darah yang dihitung dari persentase jumlah penduduk yang ada, diketahui pendonor golongan darah A sebanyak 20%, golongan darah B (30%), golongan darah 0 (40%), dan golongan darah AB (10%). Melalui pengecekan laboratorium, golongan darah itu masih dibagi antara golongan darah Rhesus (Rh) positif dan negatif. Penduduk Indonesia ratarata memiliki golongan darah Rh positif.

Untuk melakukan transfusi darah Rh positif hanya bisa digunakan untuk pasien Rh positif, sedang untuk darah golongan Rh negatif bisa diberikan untuk pasien yang golongannya Rh negatif maupun Rh positif.

“Yang Rh negatif ini sulit didapat.Di DIY hanya ada 30 orang, makanya sering kita ambil dari PMI lain,begitu juga kita dari PMI Yogya pernah mengirim ke daerah lain seperti Batam dan NTB,”ungkapnya. muji barnugroho

Sumber : Seputar Indonesia

18.04 | Posted in , , , | Read More »

Monumen Jogja Kembali Targetkan 5.000 Pengunjung

YOGYAKARTA - Pengelola obyek wisata Monumen Jogja Kembali (Monjali), Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan 5.000 pengunjung selama libur panjang Tahun Baru Islam 1434 Hijriah. "Kami  menargetkan total jumlah pengunjung selama libur Tahun Baru Islam mulai Kamis hingga Minggu  mencapai angka 5.000 orang," kata Kepala Bagian Operasional Monjali, Benny Soegito di Yogyakarta, Sabtu (16/11/2012).

Benny menyebutkan, jumlah pengunjung pada hari pertama libur panjang, Kamis (15/11/2012) mencapai 1.218 orang, meningkat dari jumlah biasanya yang rata-rata hanya mencapai 700 orang.

Selanjutnya dia memperkirakan jumlah pengunjung selama libur panjang tersebut mampu memenuhi target perolehan pengunjung tahun 2012. "Saya perkirakan libur panjang hingga hari Minggu (18/11/2012) mampu menutup target tahunan pada tahun ini," katanya.

Target jumlah kunjungan tahun 2012 di museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, menurut Benny, sebanyak 270.000 orang, sementara hingga saat ini telah mencapai 99 persen yaitu sebanyak 267.000 orang. "Saat ini kami kurang 2.600 pengunjung lagi untuk dapat mencapai target," katanya.

Peningkatan jumlah pengunjung juga ditunjang dengan kehadiran wahana hiburan baru "Taman Pelangi" di sekitar kawasan monumen sebagai daya tarik tambahan yang baru dibuka pada 2011.

Selain itu dalam rangka meningkatkan kenyamanan pengunjung pada liburan ini pengelola telah melakukan revitalisasi beberapa penunjang koleksi meliputi  tata pameran serta papan petunjuk koleksi. "Sebelumnya kami telah melakukan beberapa pembenahan dan pembaharuan untuk menyambut  liburan ini," katanya.

Benny memaparkan, harga tiket masih tetap sama yakni Rp 7.500 untuk wisatawan mancanegara dan Rp 5.000 untuk wisatawan lokal.

Hingga saat ini, tambah Benny, Monjali menyajikan sedikitnya 1.000 koleksi serta diorama yang melingkari bangunan yang secara keseluruhan menggambarkan rekaan situasi saat perjuangan sebelum kemerdekaan hingga Yogyakarta menjadi Ibu Kota RI kala itu.

Sumber Berita & Gambar : Kompas Online

15.47 | Posted in , , , | Read More »

Liburan Panjang-30.000 Tiket Kereta dari Yogya Terjual

YOGYAKARTA– Liburan panjang pekan ini dimanfaatkan ribuan orang untuk berwisata ke Yogyakarta dan sekitarnya.Dari pantauan kemarin,sejumlah objek wisata juga membeludak.

Pemesanan tiket kereta api (KA) melalui perjalanan Yogyakarta juga menembus 30.000 buah. Bahkan,tiket untuk kereta tambahan yang disediakan untuk akhir pekan pun ludes terjual. Manager Public Relations PT KAI Daop 6 Yogyakarta Kuswardoyo menerangkan, pemesanan tiket mencapai 30.000 tersebut terhitung sejak Rabu (14/11) sampai dengan Minggu (18/11) mendatang.Dibandingkan tahun lalu, pada musim liburan yang sama jumlah itu mengalami kenaikan sekitar 10 persen,”Pada tahun lalu ada sekitar 28 ribu,”katanya

Dia menerangkan, pada liburan tahun baru Hijriyah ini, Daop 6 Yogyakarta mengoperasionalkan 17 kereta reguler dan satu kereta tambahan untuk perjalanan Sabtu-Minggu (17-18/11) mendatang. Kereta tambahan ituyakniKAEksekutif ArgoDwipangga yang melayani perjalanan Solo-Gambir. ”Tiket untuk tanggal 17 dan 18 baik itu yang ke Jakarta,Bandung maupun Surabaya sejak 5 hari lalu sudah habis terjual,tapi untuk tanggal 15 dan 16 masih ada,”terangnya.

Untuk tarif tiket KA selama liburan menggunakan batas atas dan bawah. Bilamana permintaan tiket tinggi, harga tiket bisa menggunakan batas atas,dan atau kebalikannya. Di antara tempat wisata yang kemarin tampak sesak adalah Taman Pintar.Kawasan Malioboro yang menjadi favorit para wisatawan juga padat. Okupansi hotel berbintang di DIY selama libur panjang mengalami kenaikan yang cukup signifikan menjadi 95%,demikian diungkapkan Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranawa Eryana.

Sumber : Seputar Indonesia

13.46 | Posted in , , , , | Read More »

Penjualan Miras di Bawah 5% Belum Miliki Regulasi

YOGYAKARTA – Penjualan minuman keras (miras) dengan kadar alkohol di bawah 5% yang dijual bebas di Kota Yogyakarta ternyata belum memiliki regulasi.

Anggota Komisi B DPRD Yogyakarta M Safi’i mengatakan, kebijakan pemkot yang mengizinkan miras golongan A atau minuman beralkohol dengan kadar di bawah 5% dijual bebas di toko waralaba patut dipertanyakan. Sebab, hingga saat ini aturan tersebut belum ada. “Jika tidak ada (landasan hokum), tentunya kegiatan itu melanggar ketentuan dan harus ada tindakan tegas,” kata Safi’i,kemarin.

Karena itu, lanjut dia, pemkot harus segera membuat regulasi yang mengatur penjual miras jenis tersebut, termasuk memperketat dan membatasi tempat-tempat tertentu yang boleh menjual miras golongan A.Dengan adanya aturan tersebut, bukan hanya untuk mengatur perdagangan namun juga sebagai bentuk pengawasan terhadap peredaran miras. “Bukan seperti saat ini hampir semua toko waralaba dengan bebas dapat memperjualbelikan miras golongan A itu,”tandasnya.

Menurut Safi’i, untuk mengatur masalah ini pemkot dapat membuat peraturan wali kota (perwal).Apalagi perwal itu juga sudah memiliki kekuatan hukum sebagai dasar untuk melakukan tindakan jika ada yang melakukan pelanggaran atau kegiatan yang bertentangan dengan perwal tersebut. “Selama ini untuk masalah miras masih menggunakan perda lama yaitu Perda No 7/1953 tentang Miras dan Perda No 7/2006 tentang Perubahan Ketentuan Pidana dalam Perda. Namun keduanya belum membahas secara rinci mengenai jenis kadar alkohol yang boleh dijual,termasuk dapat dijual di toko waralaba,”paparnya.

Maraknya peredaran miras golongan A yang dijual bebas di toko waralaba tersebut ternyata juga membuat warga resah. Terutama yang menyediakan meja dan kursi sebagai tempat untuk pembeli miras tersebut. Menurut Heri, 30, warga Gedongkuning,Kotagede, keberadaan toko waralaba yang menyedikan fasilitas tersebut sangat mengganggu karena kegiatan itu berlangsung tiap malam. Namun,warga tidak dapat berbuat banyak karena mereka takut menegur. ●priyo setyawan 

Sumber : Seputar Indonesia

16.33 | Posted in , | Read More »

Apel Seribu Becak di DIY Pecahkan Rekor Dunia

YOGYAKARTA  - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Lalu Lintas tahun 2012, Dit Lantas Polda DIY memecahkan rekor dunia dengan mengadakan apel seribu becak di Alun-alun utara Yogya, Selasa (13/11).

Kegiatan apel becak se-Provinsi DIY dimaksudkan sebagai upaya pembinaan sarana transportasi non kendaraan bermotor (nonranmor) guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, terutama becak sebagai aset pariwisata.

Kapolda DIY Brigadir Jenderal Polisi Sabar Raharjo mengatakan, belum pernah ada laporan tentang kecelakaan yang disebabkan oleh becak, karena itu becak harus menjadi pelopor dalam ketertiban berlalu lintas di Yogyakarta.

"Berdasar catatan itulah kami mengajak para pengemudi becak untuk ikut membuat rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dan menjadi pelopor keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas," paparnya

Di kesempatan yang sama, Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap agar setelah apel becak ini para pengemudi becak tidak melanggar peraturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan penumpang.

"Becak adalah alat transportasi khas Yogyakarta, karena itu kesopanan dalam berlalu lintas tetap harus selalu diutamakan sebagai citra orang Yogya," ungkap Sri Sultan HB X.

Direktur Muri Jaya Suprana dalam sambutannya mengaku terharu dengan kelestarian becak yang ada di Yogyakarta. "Ketika di banyak daerah becak dihapus, namun di Yogyakarta keberadaannya tetap dilestarikan, bahkan menjadi pelopor ketertiban berlalu lintas, ini sungguh luar biasa," ungkapnya.

Ia menambahkan, acara ini bukan lagi memecahkan rekor Muri, namun memecahkan rekor dunia. Piagam rekor dunia apel seribu becak sendiri diserahkan dari Jaya Suprana ke Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan dilanjutkan ke Dir Lantas Polda DIY, Komisaris Besar Bambang Pristiwanto.

Sumber Berita & Gambar : Kompas Online

20.35 | Posted in , , , , | Read More »

Kecelakaan Bus di Parangtritis Tewaskan 1 Orang

BANTUL - Sebuah bus pariwisata mengalami kecelakaan di sekitar Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, Minggu (11/11/2012). Kanit Laka Satlantas Polres Bantul, Iptu Amir Mahmud, mengatakan, dugaan sementara, saat bus meluncur deras, kernet bus berusaha mengendalikan laju bus. Hanya saja, ia tak kuasa dan tubuhnya terpelanting menghantam dashboard bus.

"Kernet dan beberapa korban mengalami luka cukup serius di bagian tangannya, sehingga dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati Bantul. Sementara korban tewas atas nama Mujayana, jasadnya kemudian dilarikan ke RSUP Sardjito untuk diautopsi," ujarnya saat dikonfirmasi Tribun Jogja, Minggu (11/11/2012).

Ia menambahkan, sementara ini ada empat rumah yang rusak berat akibat tertabrak bus. Sedangkan sopir bus yang selamat dari kejadian ini, atas nama Slamet, untuk saat ini diamankan di Mapolres Bantul guna pemeriksaan lebih lanjut, imbuh Amir.

Akhirnya seluruh penumpang bus nahas tersebut terpaksa membatalkan berkunjung ke objek wisata lainnya. Baru sekitar pukul 17.00 WIB, dari lokasi kejadian, merekapun kembali menuju kampung halamannya menggunakan bus wisata lain yang telah disediakan oleh pihak managemen bus Bima Jaya.(*)

Sumber  Berita & Gambar : Tribun Jogja

17.04 | Posted in , | Read More »

Ngayogjazz 2012, Pesta Komunitas Jazz Yogya

YOGYAKARTA – Ngayogjazz 2012 yang digelar pada Minggu (18/11) pekan depan di Desa Wisata Brayut,Pendowoharjo, Sleman akan menjadi semacam pesta besar bagi komunitas jazz Yogyakarta.

Sejumlah band dengan keunikan masingmasing siap mengajak para pencinta jazz larut dalam perjalanan lirik lagu mereka. Sebagian band yang akan tampil dalam Ngayogjazz 2012 mungkin belum begitu tenar. Namun, mereka memiliki kreativitas yang patut mendapat apresiasi. Seperti Chicken Jiezz, band ini akan memainkan beragam genre jazz mulai dari Fusion,Swing,Bebop.Grup musik yang digawangi Malve (vokal, aransemen), Dimas (lead vokal,back vokal),Andra (gitar), Ndaru (bas),Alfin (drum, perkusi), dan Satya (keyboard) siap membawakan lagu Benthik E Nyongbaeyang menceritakan tentang permainan benthik.

“Mereka mencoba menginterpretasikan bebunyian gamelan dengan instrumen modern dan menggambarkan situasi dalam permainan benthik,” kata Humas Ngayogjazz 2012 Gusti Arirang kemarin. Band lainnya yang akan tampil adalah Berempat yang beranggotakan Andreas Krisnamurthi (drum),Arya Pradana (bas), Ignatius Andi Prabowo (bas), dan Ignatius Putra Andika (bas). Salah satu lagu yang diusung dalam album kompilasi Berempat bernuansa Papua dengan memainkan perpaduan tiga buah bas dan drum.

Berempat mencoba menceritakan tentang seseorang yang terbangun di tengah hutan di Papua yang indah dan sadar bahwa ada banyak “harta karun” di sekelilingnya. Selain itu, ada pula Blank On 5. Berasal dari kata Blank yang berarti kosong, suci atau bersih, dan kata On yang berarti menyala, serta angka 5 yang berarti kesempurnaan. Blank On 5 adalah kelompok yang beranggotakan Rizky Khaitsul (keyboard), Wahyu Prakoso (bas),Wira Pratama (drum), Angga Anindya (gitar), dan Firman Faisal (vokal). Band ini mencoba membawa “warna”Sumatera pada musiknya.

Dalam album kompilasi Komunitas Jazz Yogyakarta lagu berjudul Lemme Go bercerita tentang anak yang meminta izin untuk merantau. Merantau merupakan budaya orang-orang Sumatera dan juga daerah lain di Indonesia. Band lain yang memberikan warna dalam Komunitas Jazz Yogyakarta adalah Dialogue. Grup beranggotakan Gustomi Sukmawiardi (vokal/ flute),Andre Wu (bas),Aditya Lutfi (drum), Santoso Noveanda (keyboard), dan Eben Haezer (keyboard) ini akan membawa gaya musik yang riang, semangat, dan groove. Hal ini bisa dilihat dalam karya mereka yang berjudul Ancer-ancer Sudagaran.

“Inilah beberapa proyek yang kemudian ada di bawah naungan Komunitas Jazz Yogyakarta. Karya-karya yang akan disajikan cukup beragam dan punya ciri khas tersendiri sehingga menjadikannya kaya akan rasa,” kata Arirang. windy anggraina

Sumber : Seputar Indonesia

13.32 | Posted in , , | Read More »

Yogyakarta Terima Penghargaan Ki Hajar Award 2012

YOGYAKARTA- Kota Yogyakarta kembali menerima penghargaan tingkat nasional. Kali ini, Pemerintah Kota Yogyakarta menerima Ki Hajar Award 2012 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Wakil Menteri Pendidikan Musliar Kasim. Yogyakarta dinilai baik dalam Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pendidikan Terbaik.

Penghargaan itu diserahkan pada Jumat (9/11) malam di Plaza Insan Berprestasi Kompleks Kemdikbud.

Penghargaan Ki Hajar (Kita Harus Belajar) kepada enam gubernur dan delapan wali kota/bupati yang berprestasi dalam memajukan TIK terutama yang difungsikan untuk pendidikan.

Penghargaan juga diberikan kepada para pemenang kuis Ki Hajar dan Lomba Media Pembelajaran.

"Ini adalah apresiasi tertinggi bagi pendayagunaan TIK untuk pendidikan di Indonesia khususnya di Kota Yogyakarta," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Sabtu (10/11).

Haryadi menambahkan, Pemkot Yogakartta telah berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas layanan pendidikan, termasuk pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat memperoleh akses layanan.

Dalam Pengelolaan tata pemerintahan Kota Yogyakarta telah memanfaatkan fasilitas online secara optimal pada kegiatan Penerimaan Siswa Didik Baru secara Real Time Online, Konsultasi Belajar Siswa Online, Layanan Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah yang memanfaatkan teknologi

informasi e-learning, dan e-administration dan pembangunan Portal secara mandiri di setiap sekolah.

Diharapkan dengan pemanfaatan TIK ini, kinerja bidang pendidikan di Kota Yogyakarta akan meningkat dengan cepat.

Penghargaan Ki Hajar 2012 juga diterima Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur dengan Kepemimpinan (e-leadersip) dalam Pendayagunaan TIK untuk Pendidikan Terbaik.

Sumber Berita & Gambar : Media Indonesia

14.53 | Posted in , , | Read More »

Bejat, Bapak Cabuli Anak Kandungnya

GUNUNGKIDUL – Apa yang dilakukan oleh Tri, 51, warga Ngestirejo, Tanjungsari ini benar-benar keterlaluan.Demi memuaskan nafsu bejatnya, anak kandungnya sendiri, Sus,yang masih berusia14 tahun di gasak juga.

Tidak tanggung-tanggung, gadis di bawah umur ini tujuh kali dicabuli hingga korban merasa malu dan hanya mengurung diri dalam kamarnya.Karena sudah tidak kuat lagi, peri
stiwa memilukan ini diceritakannya kepada kakeknya, Marmo. ”Saya pun kaget mendengar cerita itu. Saya kemudian lapor ke polsek dan dia ditangkap,” ujar Marmo kemarin. Benar saja, Tri tidak berkutik ketika digelandang ke polsek dan dilanjutkan ke Mapolres Gunungkidul kemarin siang. Baik pelaku serta korban langsung ditangani Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) Satreskrim Polres Gunungkidul.

Di hadapan petugas, bapak dengan badan gempal ini mengaku khilaf dan cemburu melihat putri pertamanya tersebut sering diajak main teman laki-laki.”Dia juga sering SMSan,” ucapnya. Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Imam Suhodo menjelaskan, dari pengakuan korban, pelaku sempat mengancam akan membunuh ibunya jika korban tidak mau melayani nafsu bejatnya. Psikiater RSUD Wonosari Ida Rochmawaty berpendapat, perilaku Tri ini merupakan bentuk gangguan kepribadian. ”Banyak faktor penyebabnya.” suharjono

Sumber : Seputar Indonesia

18.24 | Posted in , , | Read More »

Ganja Dibungkus Kemasan Permen

YOGYAKARTA– Direktorat Reserse dan Narkoba Polda DIY berhasil mengungkap modus baru peredaran narkoba jenis ganja menggunakan kemasan bungkus permen.

Berhasil pula ditemukan percobaan pengiriman biji ganja menggunakan layanan pos. Modus peredaran ganja melalui kemasan bungkus permen itu terungkap dari penangkapan tiga orang mahasiswa dari perguruan tinggi swasta (PTS) di kompleks kos-kosan daerah Jetis,Yogyakarta.Mereka berinisial MS,HS,dan PHN. Dari hasil penggeledahan,ketiganya didapati menyimpan ganja sebanyak 150 gram yang masih tersimpan rapi dalam kemasan bungkus permen cokelat berukuran besar.

Direktur Reserse dan Narkoba Polda DIY Kombes Pol Widjanarko menilai modus pengepakan dalam kemasan permen itu cukup rapi. Sekilas,bungkus permen itu tidak mencurigakan. Namun,begitu dibuka di dalamnya terdapat daun ganja kering yang dikemas kertas koran dalam bentuk paket hemat. ”Masing-masing paket beratnya antara 10–20 gram,” ujarnya siang kemarin. Menurut Widjanarko,model pengiriman barang dengan pengemasan bungkus permen itu merupakan modus baru untuk mengelabui petugas.Pengedar narkobasejauhiniterusmencari cara-cara baru dalam melancarkan proses transaksi.

”Kemasan seperti ini bisa untuk sabu-sabu juga.Tujuan mereka untuk mengelabui petugas”ujarnya. Akhir Maret 2012 lalu satuan narkoba juga berhasil membongkar peredaran narkoba jenis sabu-sabu dalam kemasan saset minuman ringan. Saat itu berhasil diamankan salah satu mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) di Yogyakarta berinisial Hr, 28, dengan barang bukti sabu-sabu seberat 16 gram dalam 28 kemasan sasetan minuman ringan dan 1 bungkus rokok.

”Mahasiswa itu statusnya sebagai kurir,dan yang kita ungkap sekarang kali ini mereka (3 orang mahasiswa PTS) itu sebatas sebagai pemakai,” ungkap Widjanarko. Dari hasil pengungkapan kasus narkoba selama dua pekan terakhir,Widjanarko mengaku berhasil menemukan pula percobaan pengiriman biji ganja dari Belanda. Dalam kasus itu, pemesanan dilakukan via internet dan barang dikirim melalui jasa paket kantor pos.”Ini kita temukan di salah satu kantor pos di Sleman, dalam paket itu pengirim sudah menyampaikan alamat dan nama penerima dengan jelas. Hanya saja, penerima barang tidak mengakui melakukan pemesanan,”paparnya.

Untuk pengusutan pemesanan itu, penerima barang yang berinisial DW dan tercatat sebagai salah satu mahasiswa PTS di Yogyakarta hingga kemarin siang masih diamankan polisi. Dari kasus itu diamankan barang bukti dua paket biji ganja dari pengungkapan itu, masing-masing paket berisi 5 biji dan 10 biji. ”Disinyalir pemesanan biji ganja itu untuk ditanam karena di Belanda ganja dilegalkan,” ungkap Widjanarko. Selain empat orang mahasiswa itu, polisi juga mengamankan 13 tersangka lain yang tertangkap karena menggunakan narkoba. muji barnugroho 

Sumber Berita & Gambar : Seputar Indonesia

19.18 | Posted in , , , | Read More »

Ada Pesawat 'Lanjut Usia' Mendarat di Yogya

Yogyakarta - Sebuah pesawat tua mendarat mulus di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Karena bentuknya yang kurang lazim di era sekarang, pesawat Dakota DC3 ini menarik perhatian petugas bandara dan pengguna jasa bandara.

Pesawat tua itu digunakan dalam napak tilas perjalanan bersejarah perempuan pilot legendaris, Jean Gardner Batten. Tanggal 5 Oktober 1936 atau 76 tahun silam, ia menerbangkan pesawat jenis tersebut dari Inggris ke Selandia Baru. Saat landing di Indonesia, pesawat singgah ke Yogyakarta dan Kupang.

DC3 merupakan pesawat buatan Douglas Aircraft Company. Diproduksi tahun 1935, lalu mulai digunakan secara komersial setahun berikutnya. Pesawat ini juga digunakan dalam perang, terutama Perang Dunia II, Perang Korea, Perang Vietnam dan perang lainnya di berbagai belahan dunia pada rentang waktu 1930-1970-an.

Pesawat dengan rentang sayap 28,96 meter dan panjang 19,63 meter itu tiba di Bandara Yogyakarta sekitar pukul 13.40 WIB. Meleset dari perkiraan semula, yakni 12.40 WIB.

Kedatangan pesawat menarik perhatian petugas bandara dan penumpang pesawat komersial. Apalagi karena deru pesawat cukup kencang.

Pilot Christiaan Goezinne menyatakan, tidak ada kendala apa pun dalam penerbangan. Hanya cuaca yang agak buruk mengganggu jadwal. "Seharusnya landing satu jam sebelumnya, tapi karena cuaca jadi agak terlambat," katanya di Bandara Adisutjipto, Rabu (7/11/2012).

Christiaan yang berkewarganegaraan Belanda itu menjelaskan, pesawat membawa 3 pilot, 4 mekanik dan 5 penumpang. Mereka berangkat dari Inggris 25 Oktober lalu dan dijadwalkan finish di Auckland, Selandia Baru, pada 14 November mendatang.

"Ini adalah napak tilas perjalanan perempuan pilot Jean Gardner Batten. Kami akan ke Borobudur sebagaimana Batten," katanya.

Rombongan napak tilas penerbangan bersejarah itu akan menginap di Yogyakarta selama semalam. Kemudian rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Kupang, Australia dan Selandia Baru.

Pesawat diparkir bersanding pesawat komersial yang bentuk dan teknologinya lebih canggih. Meski demikian, DC3 masih terlihat kokoh. Sayang, hanya orang-orang tertentu yang bisa menikmati terbang bersama pesawat yang diproduksi 75 tahun silam itu.

Sumber Berita & Gambar : detikNews

18.13 | Posted in , , | Read More »

Penataan Malioboro Masih Setengah Hati

YOGYAKARTA– Pemprov DIY terkesan masih setengah hati menata ulang Malioboro sebagai kawasan pedestrian dan bebas dari kendaraan bermotor.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemprov DIY Tavip Agus Rayanto mengatakan, dari kajian internal yang dilakukan Bappeda, Jalan Malioboro tidak akan diubah 100% menjadi kawasan pedestrian.Pertimbangannya, keberadaan Istana Negara Gedung Agung di ujung selatan ruas Jalan Ahmad Yani.

Ketika Malioboro dijadikan pedestrian 100%, penerapannya akan sulit ketika ada kunjungan Presiden ke Yogyakarta dan menginap ataupun transit istana itu. Menurut Tavip, Bappenas dan konsultan dari Jepang yang sedang mengkaji revitalisasi kawasan Malioboro sebelumnya mengajukan dua opsi. Selain penataan kawasan parkir dengan pembuatan parkir bawah tanah atau parkir atas tanah, Malioboro juga akan dijadikan kawasan pedestrian.

“Pedestrian yang dimaksud adanya pengecualian bagi kendaraan tertentu.Tapi realisasinya nanti seperti apa, masih menunggu hasil kajian dari Bappenas,”paparnya. Tavip mengaku bahwa pihaknya baru akan mempertanyakanhasilkajianyangdilakukan Bappenas bersama dengan konsultan dari Jepang.“Kajian Bappenas belum diserahkan kepada kami.Karena itu kerja samanya Bappenas dengan konsultan Jepang untuk mengkaji Malioboro,”ujarnya.

Menurut pakar transportasi dari UGM Sigit Priyanto,mewujudkan Malioboro menjadi kawasan pedestrian bukanlah hal yang sulit.Banyak keuntungan yang diperoleh dengan menjadikan Malioboro sebagai jalur pedestrian. Salah satunya akan mendorong masa tinggal wisatawan ke Yogyakarta. Ketika wisatawan haru berjalan kaki ke Malioboro,mereka jelas membutuhkan waktu yang cukup lumayan untuk bisa menikmati penuh kawasan jantung Kota Yogyakarta itu.

Dengan demikian,diharapkan dapat berkorelasi dengan peningkatan omzet para pelaku bisnis di jalan yang cukup fenomenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri tersebut. “Yang perlu diperhatikan tentu saja lahan parkir serta pengalihan arus lalu lintas,” katanya. maha deva

Sumber : Seputar Indonesia

16.41 | Posted in , , | Read More »

Robot Kapal Tanpa Awak UGM Juara II Nasional

YOGYAKARTA, - Robot kapal tanpa awak karya mahasiswa UGM berhasil meraih juara II dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2012 yang diselenggarakan Universitas Diponegoro (Undip) di Pantai Kartini Jepara pada 30 Oktober lalu. Robot kapal tanpa awak yang diberi nama Safinah One itu meraih juara II dalam kompetisi yang diikuti lebih dari 40 perguruan tinggi di Indonesia.

Perguruan tinggi yang berpartisipasi di antaranya, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Hasanuddin, UGM, dan Universitas Indonesia. Dalam kontes tersebut, dipertandingkan dua kategori, yaitu autonomous dan remote controle. Robot Safinah One berhasil menang dalam kategori autonomous.

Ketua tim robot, Malik Khidir, mengatakan, robot Safinah One merupakan robot kapal tanpa awak yang dirancang untuk dapat memantau dan menjaga pertahanan serta keamanan wilayah perairan laut Indonesia.

"Idenya, kami membuat robot yang bisa digunakan untuk mengawasi wilayah laut Indonesia, terutama di wilayah perbatasan untuk menggantikan prajurit yang berpatroli. Sementara ini jangkauan jelajah robot baru 1 kilometer," kata Malik, Senin (5/11/2012) di Lembah UGM saat melakukan demo uji coba robot di hadapan para wartawan.

Robot Safinah One dirakit dari berbagai komponen, seperti single board computer (SBC), motor Brushless, electronic speed control (ESC) dengan daya 2.200 kilovolt, mikrocontroler mbed, serta radiator. Robot ini juga lengkapi dengan dua buah kamera untuk melihat kondisi sekitar.

"Robot kami dapat dijalankan dengan dua menu, yaitu dengan maupun tanpa remote controle. Untuk bahan bakarnya, kami menggunakan 3 buah baterai litium poliner dengan tegangan 12 volt," ujarnya.

Menurut Malik, penggunaan SBC sebagai pemroses data dan citra menjadi keunggulan yang tidak dimiliki oleh tim lainnya. Selain efisien karena tidak memakan tempat, penggunaan SBC juga mengurangi berat beban.

"Tim lain umumnya masih menggunakan laptop, jadi memakan banyak tempat," katanya.

Dalam kontes tersebut, lanjut Malik, robot harus melewati dua tahapan tes, yakni tes lintasan speed dan manuver. Dalam lintasan speed, robot Safinah One merupakan satu-satunya robot yang berhasil sampai hingga garis finis.

"Tes speed dilakukan di laut, yaitu di Pantai Kartini. Tantangannya cukup berat, selain cuaca yang tidak bersahabat, ombaknya juga besar dan anginnya cukup kencang sehingga sangat memengaruhi kestabilan kapal. Tetapi, alhamdulilah robot kita satu-satunya yang bisa mencapai finis dalam waktu 24 detik," urainya.

Sementara itu, anggota tim yang lain, Tito Garry, menambahkan, rangka robot Safinah One dibuat dari fiber yang memanfaatkan fiber sisa dari mobil Semar UGM. Sementara untuk komponen utama seperti SBC, motor, dan ESC masih diimpor dari Amerika Serikat.

"Robot ini akan kita kembangkan, kita tambahkan teropong, radar, dan menggunakan bahan bakar yang harapannya jangkauan jelajahnya bisa hingga 30 kilometer," ujar Tito.

Robot yang disempurnakan itu rencananya akan dilombakan dalam kontes robot internasional yang akan digelar Juli 2013 mendatang di Virginia, AS. Saat ini, Tito dan kawan-kawan tengah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan TNI AL untuk mengembangkan robot kapal ini,

Robot tersebut akan dimodifikasi dengan melakukan sejumlah penambahan komponen dan diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah pantai Indonesia.

Sumber : Kompas Online

15.52 | Posted in , , , , , | Read More »

Jadwal Perjalanan KA Ditambah

YOGYAKARTA– Guna memenuhi kebutuhan pengguna jasa kereta api jarak dekat, PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus melakukan upaya perbaikan pelayanan, dengan melakukan penambahan jadwal perjalanan KA Komuter di wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Manajer Public Relation Daop 6 Yogyakarta Kuswadoyo mengatakan, selain mengoperasional kan KA Sriwedari AC yang dimulai pada Senin (5/11) hari ini, Daop 6 juga melakukan penambahan perjalanan KA Madiun Jaya AC.KA yang melayani perjalanan Madiun-Solo-Yogyakarta, semula hanya 2 kali perjalanan ditambah menjadi 4 kali perjalanan pulang pergi (PP) dalam setiap harinya.

“Untuk tarifnya tetap sama, yakni Rp20.000 untuk Yogya- Solo dan Rp35.000 untuk Yogya-Madiun,”katanya. Dengan dioperasionalkannya KA Sriwedari dan penambahan perjalanan KA Madiun Jaya AC itu, perjalanan kereta tetap dilakukan penyesuaian dengan perjalanan KA Prameks. Dengan begitu masyarakat luas khususnya pengguna jasa kereta api di wilayah Solo- Yogyakarta-Kutoarjo dapat terpenuhi kebutuhannya.

“Waktunya antar kereta disesuaikan supaya merata,”paparnya. Dari data penyesuaian jadwal perjalanan yang dilakukan, diketahui KA Madiun Jaya AC yang melayani 4 perjalanan, pertama berangkat dari Madiun pukul 06.05 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 09.51 WIB. Selanjutnya, kereta diberangkatkan dari Yogyakarta pukul 10.15 WIB,tiba di Madiun pukul 13.40 WIB. Kemudian, Kereta kembali berangkat dari Madiun pukul 14.10 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 17.57 WIB.

Terakhir,kereta diberangkatkan dari Yogyakarta pada pukul 18.25 WIB dan tiba di Madiun pukul 22.50 WIB. Untuk KA Sriwedari, yang melayani 8 kali perjalanan untuk lintas Solo Balapan–Yogyakarta, kereta dari Yogyakarta pada pukul 05.15 - 08.30 - 14.30 dan 17.45 WIB. Sedang, dari Stasiun Solo Balapan kereta diberangkatkan pada pukul 06.55 - 10.05 - 16.10 dan 19.25 WIB. Sedang untuk KA Prameks, untuk rute perjalanan Solo Balapan-Kutoarjo,kereta berangkat pada pukul 05.30 WIB.

Rute perjalanan Solo Balapan- Yogyakarta pemberangkatan pukul 11.30 WIB,dan pada sore harinya untuk rute Solo Balapan- Kutoarjo,pemberangkatan pukul 15.00 WIB. Kemudian untuk rute perjalanan dari Kutoarjo sampai Solo Balapan,kereta diberangkatkan pada pukul 08.15 WIB, rute perjalanan Yogyakarta- Solo Balapan pada pukul 13.20 WIB, dan kembali rute Pemberangkatan Kutoarjo-Solo Balapan pada pukul 18.00 WIB.

Ketua Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) Widijantoro berpendapat, upaya yang dilakukan itu wajar dilakukan, sebagai bentuk komitmen dari PT KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.“ Upaya itu saya harap dilakukan berkesinambungan, jangan sampai hanya jangka pendek,”katanya. muji barnugroho

Sumber : Seputar Indonesia

16.13 | Posted in , , , | Read More »

Gudang Garuda Food Dirampok

SLEMAN – Kawanan perampok spesialis brankas kembali beraksi di Sleman. Dini hari kemarin, gudang PT Garuda Food II yang baru delapan bulan berdiri di Jalan Ring Road Barat, Trihanggo, Gamping, menjadi sasaran kawanan ini.

Kawanan tersebut membawa kabur brankas berisi uang senilai Rp120 juta. Perampokan tersebut terjadi sekitar pukul 02.15 WIB,kemarin. Sebelumnya, Jumat (19/10), kawanan perampok menyikat brankas di Rumah Sakit (RS) Grasia,PakemdiJalanKaliurang Km 17.Saat itu pelaku membawa kabur uang Rp23 juta. Perampokan di Gudang Garuda Food itu tergolong cukup rapi.Kawanan tersebut juga diduga sudah lama merencanakan aksi kejahatan.

Selain sudah menyiapkan berbagai alat untuk membongkar brankas besi, kawanan itu juga mengetahui kelemahan pengamanan di gudang tersebut. Salah seorang satpam PT Garuda Food II,Muhammad Hasan mengatakan, dari hasil jejak yang terlihat,pelaku masuk dengan cara melompat pagar gudang bagian belakang setinggi 3 meter. Setelah itu,para pelaku masuk ke mes (tempat istirahat karyawan) yang berada di tengah gudang.

Di sana,kawanan itu menyekap sejumlah karyawan yang sedang terlelap.Tak berhenti di situ,kawanan ini juga melumpuhkan dua satpam yang sedang bertugas,yaitu Suryo dan Daryanto. “Gudang ini tidak ada kamera closed circuit television (CCTV), jadi para perampok leluasa menjalankan aksi setelah menyekap dua teman kami,”papar Muhammad Hasan kemarin.

Salah seorang karyawan,Eko Yulianto, 21,menuturkan, saat kejadianituadabeberapakaryawan yang sedang tidur di mes, yakni dua sopir dan dua satpam. Eko mengaku sempat dipukuli perampok sebelum disekap dengan cara tangan dan kaki diikat menggunakan tali dan mulut dibungkam dengan lakban. “Ketika datang ada banyak orang, ada yang menggunakan penutup wajah maupun pakai topi untuk menutupi wajah mereka. Kemudian para perampok menyekap semuanya (karyawan), saya sendiri yang mengalami pukulan dan masih diancam menggunakan senjata tajam,”ujar Eko.

Setelah menyekap, perampok yang berjumlah delapan orang itu kemudian masuk ke ruang administrasi.Setelah itu, pelaku membobol brankas besi menggunakan las dan gerinda yang sudah dipersiapkan. Dari hasil pemeriksaan sementara polisi, kawanan perampok ini sudah ahli.

“Kita lihat para perampok berjumlah delapan orang ini telah mempersiapkan aksi kejahatan sebelum bertindak. Mereka kemungkinan sudah tahu kalau di sana brankas besinya ditanam, karena saat melakukan aksi sudah membawa alat-alat untuk menjebol brankas dan mengambil isinya,” papar Kasatreskrim Polres Sleman AKP Heru Muslimin.

Disinggung ada kesamaan pelaku dengan kasus perampokan di Rumah Sakit Grasia,Pakem, Heru tidak sependapat. “Kemungkinan pelakunya berbeda dengan kejahatan sebelumnya( RSGrasia),”ucapHeru. ridho hidayat 

Sumber : Seputar Indonesia

14.41 | Posted in , , | Read More »

Kereta Sriwedari Yogyakarta-Solo Segera Beroperasi

YOGYAKARTA--MICOM: Selama ini, penumpang yang hendak berpergiian dengan antara Yogyakarta dan Solo dilayani dengan Kereta Prambanan Ekspres. Namun, beberapa hari ke depan, tepatnya Senin (5/11), penumpang mempunyai pilihan lain untuk rute Yogyakarta-Solo dengan diluncurkannya Kereta Api Sriwedari.

"KA Sriwedari akan menggunakan Kereta Rel Disel Elektrik (KRDE) dengan kapasitas 462 penumpang," terang Manager Public Relation PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Kuswardoyo, Jumat (2/11).

Kereta Sriwedari terdiri dari satu set rangkaian dengan lima gerbong KRDE.

Berbeda dengan kereta komuter pada umumnya, posisi duduk penumpang KA Sriwedari saling berhadapan, yaitu menghadap ke depan dan belakang seperti kereta api jarak jauh.

"KRDE Sriwedari juga ber-AC (air conditioned) dengan tarif Rp20 ribu untuk sekali perjalanan," kata dia.

Rencananya, jadwal perjalanan Kereta Api Sriwedari sebanyak 8 kali, yaitu berangkat dari Yogyakarta menuju Solo pukul 05.15 WIB, 08.30 WIB, 14.30 WIB, dan 17.45 WIB, sedangkan berangkat dari Solo menuju Yogyakarta pada pukul 06.55 WIB, 10.05 WIB, 16.10 WIB dan 19.25 WIB.

Sementara itu, KA Prameks saat ini hanya melayani 6 perjalanan untuk rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo. (AT/OL-11)

Sumber : Media Indonesia

15.02 | Posted in , , , , | Read More »

381 Rumah Diterjang Angin di Sleman

SLEMAN - Sedikitnya 381 unit rumah rusak akibat terjangan angin kencang yang melanda wilayah sekitar Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (1/11).

"Data kerugian hingga Kamis pukul 21.15, akibat bencana angin kencang tersebut sebanyak 21 rumah mengalami rusak berat, 49 rusak sedang, dan 311 rusak ringan, hingga total rumah rusak sebanyak 381 unit," kata Camat Kalasan Samsul Bakri di Sleman, Kamis (1/11) malam.

Menurut dia, selain itu terjangan angin kencang juga mengakibatkan 685 pohon tumbang dan dua kandang peternakan ayam rusak berat dan rusak ringan dua unit. "Sedangkan korban luka satu orang atas nama Muhammad Miftakhul Khoir warga Kuwang yang tercatat sebagai siswa SD Negeri Tunjungsari," katanya.

Ia mengatakan, angin kencang yang menerjang bersamaan dengan turunnya hujan tersebut melanda sejumlah dusun di antaranya Dusun Pondok, Senden 2, Ngasem, Gatak, Kledokan Timur dan Tegal Rejo. "Sedangkan kerusakan pada rumah mayoritas terjadi pada atap seperti genteng beterbangan dan ada beberapa yang rusak akibat tertimpa pohon," katanya.

Samsul mengatakan, saat ini sejumlah relawan SAR, PMI, TNI dan Polri masih bergotong royong membantu warga membersihkan puing-puing rumah maupun pohon-pohon yang tumbang. "Warga yang menjadi korban saat ini masih berada di rumah masing-masing dan segera akan dikirim bantuan logistik untuk pemulihan," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo juga langsung turun ke lokasi bencana untuk memberikan pengarahan dan memantau kerusakan akibat terjangan angin kencang tersebut.

Sumber : Media Indonesia

16.31 | Posted in , , | Read More »

Tunggakan Listrik DIY Capai Rp6 M

YOGYAKARTA– Jumlah tunggakan tagihan pembayaran listrik di DIY mencapai Rp6 milliar, per Oktober kemarin. Mayoritas wajib bayar dari kalangan rumah tangga.

PLN akan memaksimalkan pemasangan meteran prabayar, untuk menekan tunggakan pembayaran. Manager Area PLN Yogyakarta Subuh Isnandi mengatakan, secara rasio jumlah tunggakan masih cukup rendah. Sebab di DIY ada sekitar 852.000 pelanggan, dengan nilai tagihan mencapai Rp114 milliar.Namun yang menunggak hanya sekitar 6% saja.“Secara rasio ini masih rendah, dan kebanyakan dari rumah tangga”jelasnya.

PLN, ujarnya telah aktif melakukan upaya menekan tunggakan ini. Setiap ada pelanggan menunggak sebulan, akan diberikan surat peringatan. Jika bulan kedua, belum membayar, aliran akan dihentikan. Puncaknya ketika sudah tiga bulan,meteran akan dicabut.“Masyarakat sudah sadar membayar,makanya jarang yang dicabut,”tambahnya. Guna mengantisipasi tunggakan bertambah,PLN menerapkan kebijakan baru.Setiap pemasangan baru diarahkan menggunakan meteran prabayar.

Dengan cara ini pelanggan akan lebih tertib membeli listrik, agar aliran tidak padam secara otomatis.Model ini,ujarnya, sangatlah menguntungkan masyarakat, kare-na tidak ada biaya abonemen. Pelanggan tinggal mengatur penggunaan listriknya.Jika habis, juga banyak outlet yang menjual listrik layaknya jualan pulsa.“Kode angka (token) ini tinggal dimasukkan ke meteran seperti memasukkan pulsa,”tegasnya.

Tingkat eletrifikasi (jumlah penduduk yang teraliri listrik) di DIY cukup tinggi dan di atas elektrifikasi nasional. Untuk DIY, rasio elektrifikasi mencapai 71%,dengan rincian Kota Yogyakarta 77%, Bantul 80%,Gunungkidul 68%.Terendah di Kulonprogo 66% dan tertinggi Sleman 94%.

Humas PLN Area Yogyakarta, Dian Putri mengatakan, pihaknya jumlah pelanggan yang menggunakan meteran prabayar sudah mencapai 79.352 pelanggan. Jumlah ini sudah cukup tinggi dan memenuhi target yang ada.“Kita masih terus lakukan penambahan khususnya pelanggan baru,” terangnya. kuntadi

Sumber: DetikNews

16.56 | Posted in , , | Read More »

Blog Archive

Labels