|

SAR DIY Siaga di Tiap Kawasan Wisata

YOGYAKARTA, Tim SAR Daerah Istimewa Yogyakarta menerjunkan personelnya di beberapa titik yang berpotensi dikunjungi wisatawan selama Lebaran. Langkah itu diambil terkait peningkatan suhu di Samudera Hindia yang menimbulkan gangguan cuaca di wilayah tersebut.

Humas SAR DIY Teguh Supriyadi mengatakan selama libur lebaran semua potensi yang ada di SAR DIY akan disiagakan, mengingat meningkatnya pengunjung ke setiap destinasi wisata di DIY selama lebaran.

"Semua potensi yang ada akan diturunkan ke beberapa obyek wisata yang memiliki resiko cukup besar seperti pantai dan gunung. Terlebih lagi cuaca saat ini kurang bersahabat," Teguh menegaskan, Jumat (2/8/2013).

Ia menjelaskan total 20 personel akan disiagakan di sekitar lokasi wisata Merapi, Pantai Baron dan Parangtritis. Untuk tempat wisata pantai akan disiagakan personel water rescue, selain beberapa personel lain. Sementara itu, untuk Merapi ditugaskan personel rescue hutan/gunung.

"Personel akan mulai diterjunkan mulai H-1 - sampai dengan H+7 dan sifatnya hanya mem-backup Sarlinmas yang ada di setiap destinasi wisata," tandasnya.

Sebelumnya, Kamis (1/7/2013), Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta Toni Agus Wijaya, mengatakan, selama sepekan mendatang wilayah DIY masih berpotensi turun hujan, akibat dari meningkatnya suhu di Samudra Hindia.

Toni menjelaskan, akibat gangguan cuaca itu, ombak yang biasanya hanya mencapai dua meter menjadi tiga sampai empat meter. "Wisatawan yang sedang menikmati wisata di pantai, terutama pantai di wilayah selatan harus mewaspadai tingginya gelombang yang datang," ujar dia.

Sumber : Kompas/Wijaya Kusuma

Posted by Wawan Kurniawan on 18.39. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels