|

Revitalisasi Tiga Pasar, Pemkot Yogya Gelontorkan Rp 8,2 Milliar

Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta kembali menggelontorkan dana sebsar Rp 8,2 miliar untuk merevitalisasi tiga pasar di Kota Yogya. Ketiga pasar yang akan direvitalisasi adalah pasar Kranggan, pasar Giwangan, dan pasar Karangkajen. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Bangunan dan Aset Daerah Kota Yogyakarta, Hari Setyawacana. Menurut Hari, perencanaan revitalisasi tersebut sudah dilakukan pada tahun 2013 dan juga sudah dialokasikan dana untuk revitalisasi ketiga pasar tersebut.

"Perencanaan revitalisasi sudah dilakukan pada 2013. Tinggal nunggu APBD disahkan, dalam waktu dekat akan kita masukan lelang ke LPSE," kata Hari Jumat (30/1/2014).

Menurut Hari, dana yang dianggarkan untuk revitalisasi ketiga pasar tersebut akan berbeda-beda. Untuk pasar Kranggan dana yang dianggarkan sejumlah Rp 2,7 miliar, pasar karangkajen sejumlah Rp 2,4 miliar dan untuk pasar Giwangan sejumlah Rp 3,1 miliar.

Proses revitalisasi akan dilakukan serentak setelah proses lelang yang memakan waktu 45 hingga 60 hari di LPSE selesai. Rencananya proses lelang di LPSE akan dimasukan pada awal Februari sehingga pembangunan bisa dilakukan dua bulan setalah lelang tersebut di masukan ke LPSE.

"Revitalisasi akan dimulai secara serentak, dua bulan setelah Februari, selama masa pembangunan pedagang akan dipindahkan sementara, kami buatkan lokasi sementara untuk berjualan," kata Hari.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang, Revitalisasi tersebut dilakukan selain untuk melakukan pembenahan fisik, juga untuk mendorong pemberdayaan pedagang. Sehingga dapat memberikan kualitas pelayanan yang bagus dan diharapkan nantinya tidak kalah dengan pasar modern yang ada di Kota Yogyakarta.

"Selain pembenahan fisik, non fisik juga kita lakukan seperti mendorong pedagang untuk lebih memberikan pelayanan yang bagus agar tidak kalah dengan pasar modern," kata Maryustion.

Untuk pembangunan fisik, tiap pasar akan berbeda-beda. Untuk pasar Kranggan, nantinya sisi barat yang akan direnovasi, hal tersebut merupakan kelanjutan dari revitalisasi yang sebelumnnya yang sudah dilaksanakan pada tahun 2013.

Untuk pasar giwangan, sisi timur pasar yang akan dilakukan renovasi, dengan salah satu pekerjaanya yaitu menganti atap dengan seng. Sedangkan untuk pasar Karangkajen dari segi tampilan bangunan akan dirubah seperti huruf U dan akan dibuat agar bongkar muat tidakdilakukan di pinggir jalan, sehingga tidak menggangu arus lalu lintas.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada pedagang terkait pembangunan," tandas Maryustion.

Sumber : Tribun Jogja

Posted by Wawan Kurniawan on 19.37. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented