Mendaftar, Casis Harus Tunjukkan Kartu C1 - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 4 July 2008

Mendaftar, Casis Harus Tunjukkan Kartu C1

RADAR JOGJA – Selain penambahan jumlah pilihan sekolah, Dinas Pendidikan Kota Jogja juga memberlakukan kebijakan baru dalam penerimaan siswa baru (PSB) tahun 2008. Tahun ini, setiap calon siswa (casis) diharuskan menyertakan fotokopi kartu keluarga (C1) dalam berkas pendaftaran mereka.
”Calon siswa juga harus menunjukkan kartu keluarga (KK) asli saat mendaftar,” ujar Koordinator Panitia PSB Dinas Pendidikan Kota Jogja Rohmat kepada Radar Jogja kemarin.
Rochmat mengungkapkan, menyertakan C1 saat pendaftaran ini untuk mengetahui status kependudukan casis. Penerapan aturan ini merupakan kebijakan adanya pengaturan kuota di masing-masing wilayah.

Seperti diketahui, dalam ketentuan pelaksanaan PSB, setiap sekolah di Kota Jogja menerapkan pembagian kuota. Yakni bagi penduduk kota 70 persen, penduduk luar kota maksimal 25 persen, dan luar provinsi maksimal 5 persen. ”Nah, salah satu cara untuk mengetahui casis berpenduduk wilayah mana dengan C1,” urainya.
Selain C1, persyaratan lain yang harus dipenuhi casis adalah menyerahkan fotokopi ijazah dan surat keterangan hasil ujian akhir. ”Masing-masing juga harus disertai dengan yang asli tuturnya,” terangnya.
Di bagian lain Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja Drs Syamsuri mengatakan, pelaksanaan PSB tingkat SMA diikuti 31 sekolah. Terdiri dari 11 SMA negeri, 17 SMA swasta, dan dua madrasah. ”Jumlah ini lebih banyak dari tahun lalu. Tahun kemarin hanya 26 sekolah,” kata Syamsuri.

Untuk PSB online, setiap siswa tidak harus mendaftarkan pada sekolah yang menjadi pilihan pertama. ”Pendaftaran bisa di mana saja. Yang penting sekolah yang bersangkutan masuk dalam sistem online,” paparnya.
Setiap siswa juga tidak diperbolehkan mendaftar pada sekolah yang berlainan jalur. Artinya, siswa yang memilih jalur SMA dilarang mencantumkan pilihan selanjutnya pada SMK. ”Harus memilih salah satu. Mau di sekolah umum atau kejuruan,” urainya.

Sementara itu dari pantauan yang dilakukan koran ini kemarin, kesibukan pelaksanaan PSB sudah mulai terlihat di berbagai sekolah. Seperti di SMA 8 Jogja misalnya. Peralatan komputer dan papan pengumuman sudah mulai disiapkan.
Ada empat buah komputer yang disiapkan. Bahkan, pihak sekolah juga menyediakan layar lebar di halaman sekolah selama pelaksanaan PSB. ”Ini untuk memberikan informasi bagi orang tua siswa,” ujar Humas SMA 8 Ali Mulyono. (sam)

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)