Jumlah Wisatawan Diprediksi Meningkat - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 28 December 2008

Jumlah Wisatawan Diprediksi Meningkat

WONOSARI: Jumlah pengunjung Pantai Baron akan mengalami peningkatan pada hari Sabtu-Minggu (27-28/12) ini. Mengingat besok (27/12) siswa sekolah sudah terima rapor, kami perkirakan jumlah pengunjung akan meningkat mulai Sabtu-Minggu, ungkap Birowo Edi, Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Gunungkidul, kemarin.
Menurutnya, prediksi terjadinya lonjakan jumlah wisatawan pada Sabtu dan Minggu diharapkan dapat memperbaiki jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Baron pada libur Natal yang hanya mencapai 1.500 orang.

Birowo Edi menambahkan, meski saat ini kondisi cuaca di Pantai Baron dan beberapa pantai lain di pesisir Selatan Gunungkidul kurang bersahabat, namun ia tetap yakin target pendapatan retribusi pada 2008 tetap akan tercapai bahkan melebihi target. “Meski target kami hanya Rp1,025 miliar, namun kami yakin pendapatan kami akan mencapai Rp1,2 miliar,” jelas dia. Melihat hasil pendapatan yang terus membaik, Birowo menyatakan jika Pemkab berencana akan menaikan target pendapatan.

Sumardi, salah satu anggota Tim SAR Pantai Baron Gunungkidul yang melakukan pemantauan aktivitas pengunjung di Pantai Baron menyatakan, selama libur Natal, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Baron dan beberapa pantai lain tidak terlalu banyak. Namun menurutnya, pada akhir pekan ini jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan. Apalagi Minggu besok ada upacara tradisional Sedekahan Laut untuk menyambut Tahun Baru Hijriah. Tahun lalu saja, jumlah pengunjung yang ingin melihat upacara itu sampai menimbulkan kemacetan di jalan masuk menuju pantai,” jelas dia.

Untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang terus berubah dan sulit diprediksi, Tim SAR bersama Kesbanglinmas pemkab Gunungkidul terus berupaya meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan di kompleks wisata demi keamanan pengunjung. Ancaman gelombang tinggi dan kekuatan angin akan selalu diinformasikan kepada para pengunjung. Selain itu pengunjung juga terus diimbau untuk hati-hati, terutama jika berenang di titik yang dianggap rawan seperti di muara sungai di sebelah Barat Pantai Baron yang kerap memakan korban.

Untuk menyiapkan hal ini, seluruh anggota Tim SAR yang berkekuatan 46 orang akan diterjunkan langsung memantau setiap titik yang dianggap rawan. Kalau hari biasa, yang bertugas hanya ada 8 orang, khusus pada hari libur besok, semua anggota akan kita kerahkan, jelas Sumardi.
Walau kondisi alam di Pantai baron sering tidak diduga, Birowo mengatakan jumlah pendapatan tahun 2008 ini melebihi target. Target kami Rp1,025 miliar tetapi pendapatan kami dapaty mencapai Rp1,2 miliar,” jelas dia. Melihat hasil pendapatan ini, menurut rencana PEMDA Gunungkidul akan menaikan target menjadi Rp1,2 miliar.

Oleh Mediani Dyah Natalia

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad