KULIAH ILMU BUDAYA DASAR DI PT ; Bangkitkan Kembali dengan Roh Berbeda - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 23 December 2008

KULIAH ILMU BUDAYA DASAR DI PT ; Bangkitkan Kembali dengan Roh Berbeda

YOGYA (KR) - Kuliah Ilmu Budaya Dasar di Perguruan Tinggi yang telah dikubur beberapa tahun lalu, tampaknya perlu dibangkitkan kembali dengan roh yang berbeda. Kuliah Ilmu Budaya Dasar, menurut Drs B Rahmanto MHum, bukan lagi diisi dengan pengetahuan ilmu budaya yang pasti akan membosankan mahasiswa, namun bisa dirancang seperti liberal arts yang diberlakukan di negara barat. Pemikiran ini dilontarkan Dosen Universitas Sanata Dharma (USD), Drs B Rahmanto MHum, dalam pidato ilmiah dengan judul 'Revitalisasi Humaniora dalam Rangka Pembangunan Moral Bangsa', yang disampaikan pada puncak Dies Natalis ke-53 USD, di Kampus Paingan, Yogya, Sabtu (20/12).

Dengan demikian, lanjutnya, upaya untuk merevitalisasi humaniora dalam rangka pembangunan moral bangsa yang sudah sangat amburadul ini, akan ada hasilnya. Menurut Rahmanto, pembelajaran bahasa hakikatnya merupakan sarana penalaran, sedangkan pembelajaran sastra mengembangkan potensi afektif, bukan kognitif, sehingga tidak bisa dipadukan begitu saja. Tujuan akhir pembelajaran sastra adalah memperkaya pengalaman siswa dan menjadikannya lebih tanggap terhadap peristiwa-peristiwa manusiawi, pengenalan dan rasa hormatnya pada tata nilai, baik dalam konteks individual maupun sosial. Oleh karena itu, lanjutnya, mengapresiasi sastra menjadi ujung tombak paradigma baru pembelajaran sastra. Mengapresiasi sastra dengan jalan membaca langsung karya sastra berarti merespons dengan kemampuan afektif, bukan kognitif. Dengan banyak membaca karya sastra dapat menumbuhkembangkan kepekaan para siswa terhadap nilai-nilai yang tersurat atau tersirat dalam karya sastra, sekaligus berupaya memetakan pola tata nilai yang diperolehnya ke dalam proporsi yang sesuai dengan konteks persoalannya. ( Rsv)-m

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)