SELURUH WAHANA SUDAH BISA DINIKMATI PENGUNJUNG ; Besok, Presiden SBY Resmikan Taman Pintar - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, 15 December 2008

SELURUH WAHANA SUDAH BISA DINIKMATI PENGUNJUNG ; Besok, Presiden SBY Resmikan Taman Pintar

YOGYA(KR) - Wahana belajar sekaligus rekreasi Taman Pintar besok, Selasa (16/12) akan diresmikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan grand opening ini seluruh wahana yang ada di dalam Taman Pintar, mulai Playground, Gedung PAUD, Gedung Oval, Gedung Kotak maupun Gedung Memorabilia sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung. Sekretaris Tim Pengarah Taman Pintar Aman Yuriadijaya Minggu (14/12), mengatakan, science park seluas 12 ribu meter persegi ini terdapat arena bermain sambil belajar yang disertai alat peraga Iptek, sehingga pengunjung dapat langsung mencoba berbagai permainan yang bernuansa teknologi.

“Di Taman Pintar pengunjung dirangsang untuk ingin tahu, berimajinasi dan bermain kreatif dengan berbagai teknologi dan penerapannya,” ujar Aman. Di bagian luar ada Playground serta Gedung PAUD. Di tempat ini disediakan ruang bermain dengan menekankan unsur pendidikan yang menyenangkan untuk mendukung perkembangan aspek motorik serta kognisi bagi anak-anak usia dini. Selain itu ada 6 Tapak Presiden RI, prasasti kebangkitan bangsa berupa gong raksasa yang disebut Gong Perdamaian, sebagai simbol pemersatu bangsa. Juga di Playground sisi barat terdapat lingkungan ‘Desaku Permai’, di mana suasana pedesaan dengan berbagai aktivitas bisa dijumpai di sana. “Untuk Playground ini bisa diakses gratis,” ucapnya. Sementara di Gedung Oval, pengunjung diajak memancing imajinasi, memunculkan rasa penasaran dengan berbagai percobaan interaktif, berlandaskan filosofi yang di- adopsi dari ajaran Ki Hajar Dewantara, yaitu niteni, nirokake, nambahi (memahami, menirukan, mengembangkan). Di pintu masuk Gedung Oval pengunjung bisa menyaksikan sebuah terowongan akuarium raksasa dengan ratusan jenis ikan air tawar, kemudian dapat melihat Dinosaurus yang meraung di alam kehidupan purba. Lebih ke dalam, ada sebuah aula besar yang berisi eksperimen bernuansa metafisis, kimia dan sebagainya.

Di jalan melingkar menuju lantai 2, pengunjung dapat melihat penemu berbagai bidang pengetahuan, seperti Sir Isaac Newton, Thomas Alfa Edisson serta nama besar lain yang melahirkan berbagai teori serta dalil penting. Masih di Gedung Oval, bisa disaksikan wahana Titian Penemuan, yang di dalamnya beraneka penemuan roda, listrik, lampu dan telepon, perkembangan sains hingga implikasinya dalam kehidupan modern. Selanjutnya Titian Sains yang memperkenalkan pembelajaran dengan metode ilmiah. Jembatan Sains yang berisi ilmu-ilmu dasar seperti Matematika, Kimia, Fisika, Biologi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika ingin tahu ilmu tata surya, berbagai alat peraga interaktif juga disediakan. (Ret)-f

Dipaparkan, di sisi timur ada Gedung Kotak yang terbagi dalam beberapa zona. Lantai 1 berisi ruang exhibition, Radio Anak Jogja serta foodcourt. Di lantai 2, ada Zona Indonesiaku, Robotik, Otomotif serta Perpustakaan. Sedang di lantai 4, terdapat bioskop 4 dimensi. Kemudian di sisi barat, berdiri Gedung Memorabilia yang berisi otobiografi para Presiden RI, tokoh-tokoh pendidikan, perjalanan sejarag Kasultanan Ngayogyakarta dan Puro Pakualaman, serta upacara adat Kraton. (Ret)

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)