UGM Berjaya dalam Kompetisi 'Roborace' - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 28 December 2008

UGM Berjaya dalam Kompetisi 'Roborace'

Yogya(KR).TIM UGM berjaya dalam lomba Roborace Competition 2008 yang digelar di Gedung KPLT Lantai 3 Fakultas Teknik UNY pekan lalu. Dalam kompetisi ini Tim UGM yang diwakili Teknik Elektro FT-UGM merebut juara I dan II dari tiga juara. Sementara juara III disabet Tim Politeknik Negeri Semarang, setelah menyisihkan pesaing lainnya dari berbagai perguruan tinggi.

Menurut Tri Setia Putra dari Magister Sistem Teknik (MST) UGM yang ikut mengawal Tim UGM, Rabu (24/12) Roborace kali ini merupakan kompetisi adu cepat dan adu strategi diikuti berbagai jenjang pendidikan dari SMA, D-1 sampai S-1, bakan siswa SMK diberi peluang untuk mengikuti dengan mengirimkan karya-karya robot kreatifnya.
Lintasan untuk lomba ini berbentuk garis dengan dimensi 4x5 meter memiliki karakter yang variatif. Mulai dari track lurus, percabangan sudut siku-siku, sudut lancip, lengkungan dan garis putus-putus. Ditinjau dari segi desain tampilan banyak robot yang unik dan kreativitas dituangkan dalam bentuk atau bodi robot.

Sebagian besar pesertanya menyajikan robot dalam bentuk mobil balap, tetapi tidak sedikit peserta yang berani tampil beda dengan desain berbentuk hewan serangga, donat, rumah-rumahan atau alat perang militer. Salah satu peserta dari teknik Mesin UII Kurniawan Andi menampilkan robot dalam bentuk kumbang, pada punggung kumbang dilengkapi penampil huruf atau huruf elektronik.
Seperti displai yang sering ditampilkan dalam periklanan dan tim Andi berusaha keras menciptakan robot selama satu bulan sebelum lomba, tidak hanya mengejar kelincahan dan kecepatan, tetapi juga mengharapkan unggul di salah satu kategori yang dilombakan, yaitu desain terbaik dalam kompetisi yang berlangsung sekitar 11 jam tersebut.

Bagi pemenang pertama juara I sampai III masing-masing mendapat hadiah uang pembinaan Rp 1.500.000, Rp 700.000 dan Rp 500.000. Sementara untuk kategori desain terbaik juga berhasil diraih Teknik Elektro UGM mendapat hadiah uang pembinaan Rp 300.000. Penyelenggara lomba berharap bagi penyelenggara acara serupa masa mendatang agar mengemas acara dan mempersiapkan peralatan dengan lebih cermat, nyaman untuk tim dan penonton.(Asp)-o


No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)