4.582 Orang Buta Aksara - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 8 January 2009

4.582 Orang Buta Aksara

Disediakan Rp 3,7 Juta per Tingkat
BANTUL - Pemkab Bantul masih mempunyai tanggungan dalam menuntaskan buta aksara, khususnya warga usia 15 - 40 tahun. Berdasarkan data terbaru yang direkap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bantul, saat ini tercatat sebanyak 4.582 warga buta aksara.
Mereka tersebar di seluruh wilayah Bantul. Umumnya, berasal dari wilayah minus dan keluarga tak mampu. Meski demikian, jumlah tersebut berkurang dari tahun sebelumnya yang mencapai 8.228 warga.
"Atau turun sebanyak 3.646 orang," kata Kasubdin Pendidikan Luar Sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Bantul Totok Sudarto kepada wartawan kemarin.

Pemkab menargetkan, sebanyak 4.582 orang yang buta aksara dapat dibebaskan tahun 2009. "Kami optimistis tahun ini bisa diatasi," katanya.

Sejumlah program telah disiapkan. Mulai tingkat satu hingga tingkat empat. Setiap tingkatan akan diisi sepuluh orang yang mengalami buta aksara. Mereka didampingi seorang pembimbing.

Masing-masing tingkat membutuhkan enam bulan. Pada program ini, pemkab Bantul akan memberi bantuan uang sebesar Rp 3,7 juta untuk setiap tingkatan.

"Bagi mereka yang sudah menyelesaikannya akan mendapatkan surat keterangan dan bisa digunakan untuk meneruskan ke jenjang kejar Paket A," terang Totok. (din)

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)