Bentuk Pokja Pemantau Pupuk - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 3 January 2009

Bentuk Pokja Pemantau Pupuk

Pantau Distribusi Pupuk
BANTUL - Menindaklanjuti keluhan petani terhadap distribusi pupuk urea, pemkab Bantul akan memberlakukan penjualan pupuk dengan sistem tertutup.
Langkah tersebut dianggap sebagai jalan keluar terbaik. "Mudah-mudahan sistem ini membuat distribusi pupuk di tahun baru menjadi semakin baik," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Bantul Drs Yahya kepada wartawan kemarin.

Sistem tertutup ini menerapkan model pendistribusian disesuaikan jumlah kebutuhan di lapangan. Setiap petani yang tergabung dalam kelompok tani (klomtan) akan mengajukan jumlah kebutuhan pupuk.
Syaratnya, petani yang ingin mendapatkan pupuk harus masuk menjadi anggota kelompok tani. Menjamin pola distribusi tertutup, Pemkab Bantul telah membentuk Kelompok Kerja Pemantau Distribusi Pupuk.

Pokja inilah yang akan memantau semua pergerakan distribusi pupuk ke semua wilayah dan kelompok tani. Mereka akan membuat laporan secara berkala dan melaporkan kepada bupati.

Di Bantul saat ini terdapat sekitar 725 kelompok tani. Yahya mengatakan, kebutuhan para kelompok tani akan dipenuhi pengecer.

Demikian juga yang dilakukan pengecer. Pengecer akan mengajukan jumlah kebutuhan kepada distributor. Selanjutnya, distributor akan dipenuhi kebutuhannya oleh pabrik sesuai kebutuhan.

"Dengan pola seperti ini, dipastikan tidak akan ada kelebihan jumlah pupuk di pasaran," kata Yahya.

Karena semua kebutuhan pupuk telah disesuaikan kebutuhan. Dengan pola ini, penjualan pupuk ke luar daerah juga dapat diantisipasi.

Bupati HM Idham Samawi menegaskan, pola distribusi pupuk secara tertutup adalah usulan dari Bantul. Karena itu, Idham mengajak semua petani, pengecer, distributor dan pabrik pupuk untuk bersikap fair dan jujur dalam penjualan pupuk.

"Kalau ada yang melanggar akan berhadapan dengan saya langsung," ancamnya. (din)

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)