PENGISIAN SOTK BARU PEMPROP DIY; Selain Pejabat, Banyak Pegawai Bakal Dimutasi - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 11 January 2009

PENGISIAN SOTK BARU PEMPROP DIY; Selain Pejabat, Banyak Pegawai Bakal Dimutasi

YOGYA (KR) - Pengisian pejabat sesuai Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru di lingkungan Pemprop DIY yang diharapkan bisa dilaksanakan minggu depan, akan segera ditindaklanjuti dengan penataan staf atau pegawai. Diperkirakan bakal cukup banyak pegawai yang mengalami mutasi atau perpindahan tempat kerja, mengingat terdapat 4 instansi/lembaga baru di lingkungan Pemprop DIY, serta beberapa instansi yang mengalami pemisahan maupun penggabungan. Kendati demikian, Pemprop DIY berharap penataan kelembagaan sekaligus pegawai tersebut dapat berlangsung lancar, tanpa mengurangi aktivitas pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Biro Kepegawaian Pemprop DIY Sudibyo SH mengakui, tidak mudah menata pegawai Pemprop DIY yang berjumlah sekitar 7.000 personel.
Apalagi untuk    instansi-instansi yang baru nanti belum diketahui persis volume dan beban kerjanya, sehingga penataan pegawai yang dilakukan sekitar 10 hari setelah pengisian pejabat struktural itu pun saat ini sifatnya masih perkiraan.


"Karena itu, khusus untuk instansi yang baru, di bidang kepegawaian, selama setahun akan terus dievaluasi. Apakah personel yang ada sudah mencukupi atau belum termasuk kemampuan dan daya dukungnya. Personel-personel untuk instansi baru ini akan diambilkan dari instansi yang masih 'gemuk' pegawainya, tentu saja disesuaikan kebutuhan keahliannya," kata Sudibyo kepada KR di kantornya, Jumat (9/1).

Menurut Sudibyo, instansi baru itu meliputi Badan Ketahanan Pangan, Biro Administrasi Pembangunan, Biro Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Biro Kesejahteraan Rakyat DIY. Sementara beberapa instansi yang sudah ada juga ada yang mengalami pemisahan maupun penggabungan urusan dan kewenangan.
Sudibyo mengatakan, pihaknya hanya khusus mengurusi masalah kepegawaian. Sedang menyangkut tempat atau kantor dan perlengkapan untuk instansi baru tersebut ditangani Biro Umum Pemprop DIY.
Belum Normal
Meski 1 minggu telah berjalan sejak pelantikan pejabat baru, suasana perkantoran di Pemkot Yogyakarta belum sepenuhnya normal. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta Tri Widayanto ketika dikonfirmasi  mengakui, pihaknya sebenarnya berharap perubahan personel tersebut bisa dilakukan dalam waktu relatif singkat.
Tetapi pada kenyataannya dengan perubahan kelembagaan yang cukup besar, tidak semudah itu untuk dapat kembali secara normal.
"Memang tidak semudah itu agar bisa berjalan seperti biasa lagi. Ini butuh proses, juga dukungan berbagai pihak termasuk kesiapan sarana-prasarana yang ada," ujar Tri menjawab pertanyaan KR di ruang kerjanya, Jumat (9/1). Namun pihaknya yakin dalam 1 bulan ini semuanya dapat berjalan relatif mapan.
Dicontohkan, BKD yang adaptasinya tidak begitu sulit, karena strukturnya tak berubah banyak serta menempati ruangan yang sama pun hingga saat ini masih terus berbenah. Apalagi meski ada penambahan bidang, tetapi personelnya tetap, sehingga hal tersebut merupakan tantangan   tersendiri.
(San/Ret)-f
"Jadi bagaimana mengefektifkan potensi yang ada. Kami juga selalu berkoordinasi dengan Kepala SKPD agar penempatan personel tak hanya berdasar analisa jabatan, tetapi bagaimana dengan personel yang efisien bisa efektif menjalankan fungsinya," paparnya.
Ditanya apakah masa transisi tersebut mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat, Tri mengatakan pelayanan tidak boleh terganggu dan harus tetap dikedepankan. Seperti halnya Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) yang bergabung di Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan, juga belum serta merta melakukan pindahan. Sebab, server untuk pelayanan pajak baru bisa longgar setelah 10 Januari ini. Sehingga pindahan baru dilaksanakan usai tanggal tersebut.
"Jadi pelayanan tetap prioritas, meski masih ada pembenahan di SKPD bersangkutan," tandasnya.    (San/Ret)-f

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)