UGM Keluarkan Deklarasi Akademik - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 11 January 2009

UGM Keluarkan Deklarasi Akademik

HARIAN JOGJA: Universitas Gadjah Mada (UGM) mengeluarkan deklarasi akademik yang salah satunya mengajak semua pihak untuk juga mengimbau kepada seluruh komponen bangsa menyikapi Pemilu legislatif dan pilpres dengan mengendalikan ambisi serta emosi, serta menjernihkan nurani dalam perjuangan bermartabat.

Dalam deklarasi yang dibacakan Rektor UGM, Prof Sudjawardi tersebut, kampus negeri tertua di Indonesia ini menilai kejernihan nurani sangat diperlukan agar pemilu nanti benar-benar memunculkan hasil yang bermanfaat bagi bangsa.

“Hal ini [tidak emosi dan menjernihkan nurani] diperlukan agar dalam pemilu legilatif dan pilpres kita bisa mengambil manfaat bagi bersama,” katanya.

Pada bagian lain UGM juga meminta pemerintah dan DPR tepat waktu menyelesaikan rancangan perundang-undangan yang diperlukan untuk solusi nyata urusan jangka sangat mendesak dan menunda pengesahan RUU yang masih menimbulkan kontroversi.

“Pengesahan RUU yang mengandung kontroversi sebaiknya ditunda untuk mendapatkan konsultasi publik seluas-luasnya pada tahun 2010,” kata Sudjarwadi yang didampingi Ketua Senat Akademik (SA) Prof Sutaryo, serta Ketua Majelis Guru Besar (MGB) Prof Suryo Guritno di hadapan puluhan dosen dan guru besar di ruang Balai Senat.

Menurut Sudjawardi, maklumat itu bertujuan mewujudkan perubahan bermakna dalam kedaulatan ideologi dan ilmu pengetahuan dalam pengelolaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. UGM melalui maklumatnya juga mengharapkan sinergitas para pemimpin di semua bidang dan lapisan untuk bersikap profesional.

“Hal itu untuk membentuk jalinan optimal untuk mengokohkan kedaulatan ideologi bangsa dalam rangka menciptakan pengetahuan bersama yang menjamin solusi persoalan dengan dasar Pancasila dan ilmu pengetahuan. Terutama menyelesaikan urusan di bidang hukum, politik dan ekonomi sebagai tiga simpul strategis konteks kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa mendatang,” tuturnya.

Selain itu, UGM kata Sudjarwadi mengajak seluruh komponen bangsa menyatukan langkah pembebasan dari kejahatan ideologi yang bertentangan dengan konsep keindonesiaan dan menciptakan pengetahuan komprehensif bermakna untuk percepatan pencapaian cita-cita bersama yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

Solidaritas bersama, lanjutnya, juga perlu dibangun dengan bersinergi menyelesaikan berbagai persoalan bangsa dengan aktualisasi positif Pancasila dan UUD 1945 serta aktualisasi makna Bhinneka Tunggal Ika.

Sebelumnya UGM telah menyimpulkan tiga urusan utama yang berpengaruh menentukan praktik amalan semua bidang ilmu yakni hukum, politik, dan ekonomi. Ketiga hal tersebut, tutur Sudjarwadi, masih sangat dipengaruhi oleh ideologi produk penciptaan ilmu pengetahuan yang berorientasi bukan lagi keindonesiaan. “Oleh karena itu, solusi jangka panjang perlu bertahap disesuaikan dengan ilmu pengetahuan kita baik pada konteks fisik maupun budaya,” tutupnya.

Bersih kampanye
Sudjawardi usai deklarasi mengatakan kampusnya juga melarang secara tegas kampanye partai politik (parpol) maupun calon presiden (capres) di lingkungan kampus. Apalagi kampanye itu menggandeng organisasi kemahasiswaan maupun melibatkan dosen dan karyawan.

Menurut orang nomor satu di UGM itu, larangan tersebut untuk menjaga netralitas kampus. Ia menyatakan bahwa dalam menghadapi pemilu legislatif dan pilpres yang berlangsung dalam beberapa bulan ke depan, kampus UGM akan steril dalam bentuk aktivitas kampanye partai politik dan calon presiden.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menyikapi pemilu dengan cara mengendalikan ambisi serta emosi, dan menjernihkan nurani dalam perjuangan bermartabat.

Oleh Nadia Maharani

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad