Alun-alun Utara Banjir Asongan - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, 6 July 2009

Alun-alun Utara Banjir Asongan

GONDOMANAN: Selama musim liburan sekolah, Alun-alun Utara kebanjiran pedagang asongan liar, yang kebanyakan justru bukan dari Kota Jogja. Mereka menempati titik-titik di Alun-alun Utara, yang sebenarnya tidak diizinkan untuk berdagang.

Kawasan itu terlarang, sesui dengan kesepakatan antara Pemkot Jogja dengan pihak Keraton tentang penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar keraton. Dari hasil pantauan Harian Jogja, hadirnya pengasong terjadi pada akhir pekan selama musim liburan kali ini. Tidak hanya sejak sore hari, bahkan mulai siang hari para pedagang asongan tersebut telah menempati lokasi di Alunalun sebelah Utara yang menurut kesepakatan harus bersih dari pedagang.

Kepala Seksi Trantib Kecamatan Gondomanan, Suatmadji menjelaskan dari data yang ada di kecamatan, hanya ada sekitar 270-an pedagang di Alunalun Utara yang sah dan mengantongi
izin berdagang. Sisanya merupakan pedagang liar yang banyak berdatangan dari luar kota menjelang libur sekolah.

“Jumlah pendatang [pedagang asongan] bisa mencapai 200- an. Dan mereka kebanyakan berjualan cen deramata dan baju-baju wisata,” terang Suatmadji kepada Harian Jogja, Sabtu (4/7).

Dari hasil pengamatan di lapangan oleh pihak kecamatan, ada sejumlah pedagang asongan liar yang merupakan pedagang dari pasar sore yang datang ke Alunalun Utara pada musim liburan.

Barang dagangan mereka dipasok dari luar Kota Jogja misal dari Bandung atau Surabaya. “Pedagang dari Bandung atau Jakarta tidak berani bermain sendiri di Alun-alun. Biasanya mereka menyewa orang atau warga setempat untuk berjualan di Alun-alun. Sedangkan barang dagangan mereka yang memasok,” terang Suatmadji.

Terkait penertiban, pihaknya menuturkan telah melakukan kooridinasi dengan pihak Dinas Ketertiban Kota Jogja. Sehingga penertiban bukan lagi dilakukan oleh pihak kewilayahan atau kecamatan namun oleh Dintib Kota. (Yuspita Anjar Palupi)

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)