SEMINAR DAN DEMO DI IST AKPRIND ; Teknologi Robotika Semakin Diminati - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Pasang Iklan Banner 790x90
Harga Rp. 100.000,-/Bulan

Breaking

Home Top Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Post Top Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Friday, 10 July 2009

SEMINAR DAN DEMO DI IST AKPRIND ; Teknologi Robotika Semakin Diminati

YOGYA (KR) - Teknologi robotika semakin diminati pelajar dan kian memasyarakat. Berbagai kontes dan pengembangan teknologi robotika di DIY maupun kota-kota besar lainnya, telah mendorong semakin tingginya animo pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umumnya untuk mengenal serta mengetahui lebih jauh seputar teknologi robotika.

Demikian halnya dengan seminar dan demo robotika yang digelar Fakultas Teknologi Industri Institut Sains dan Teknologi (FTI IST) Akprind Yogyakarta, Senin (6/7).



Sekitar 80 siswa SMP dan SMA di DIY dan sekitarnya mengikuti seminar dan demo robotika tersebut. “Ini menunjukkan kalau pelajar semakin akrab dengan teknologi robotika. Berbagai event yang mengetengahkan teknologi robotika untuk mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum pun semakin memasyarakatkan teknologi robotika,” ujar Dekan FTI IST Akprind Muhammad Sholeh ST MT.


Menghadirkan narasumber Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta Drs Edy Heri Suasana MPd, dosen Elektronika dan Instrumentasi FMIPA UGM Ilona Usuman SSi MKom, serta Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika IST Akprind Samuel Kristiana ST MT.


Edy Suasana mengungkapkan, sesuai visi sebagai wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains dalam suasana yang menyenangkan, Taman Pintar sangat mendukung perkembangan sains dan teknologi, khususnya robotika di kalangan siswa sekolah menengah.

“Bentuk dukungan ini diwujudkan dalam program yang dikembangkan di Taman Pintar, pengembangan Kelompok Sains di Taman Pintar, Taman Pintar Mini-Racer Contest, Kontes Robot Pintar Yogyakarta, Kontes Water Rocket Pintar serta Pengembangan Energi Alternatif,” katanya.

Sementara Ilona Usuman memaparkan, pengklasifikasian robot dapat dilihat dari sisi bentuknya yang dapat berdasarkan tubuh manusia, berbentuk binatang, menyerupai bentuk binatang, serta robot yang mampu melakukan proses produksi, seperti menyajikan makanan dan minuman dan robot yang digunakan untuk melakukan pelayanan seperti vacuum cleaning, exploration robot for space.


Rangkaian seminar diakhiri paparan Samuel Kristiana yang membahas sisi teknis proses pembuatan robot. Paparan dilengkapi demo oleh Tim Robotika IST Akprind. “Tim Robotika IST Akprind ini aktif dalam mengelola kegiatan robot di Taman Pintar dan menjadi panitia inti kegiatan ilmiah remaja yang digelar Juni 2009,” imbuh Ketua Jurusan Teknik Elektro Ir Gatot Santoso MT. (San)-k



No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)