Rabu, 17 Februari 2010


SLEMAN (KRjogja.com) - Guna mengurangi dampak pemanasan global, PKK Hargobinangun Pakem melakukan penghijauan dengan menanam 1.250 pohon. Penghijauan ini diharapkan dapat menjaga ekosistem, mencegah erosi serta dapat berfungsi sebagai penahan air.

Wakil Bupati Sleman, Sri Purnomo menuturkan sleman merupakan daerah penyangga air sehingga diharapkan warga dapat bertanggung jawab untuk pelestarian lingkungan dengan menambah tanaman yang bermanfaat. Dengan tanaman pohon buah ini, kata dia, akan berfungsi ganda, disamping buahnya bermanfaat maka dengan penanaman pohon akan mengurangi erosi juga sebagai penahan air.

”Lebih-lebih penghijauan ini yang ditanam adalah pohon buah, maka kedepan akan lebih menarik wisatawan yang berkunjung ke Kaliurang,” ujarnya.

Sementara itu Camat Pakem, Budiharjo mengatakan jumlah bibit yang ditanam dalam program ini sebanyak 1.250 batang yang merupakan tanaman atau pohon buah. Bibit tersebut merupakan bantuan dari Balai pengelolaan Daerah aliran sungai Serayu, Opak, Progo Prop. DIY.

”Dari jumlah tersebut berupa bibit Duku 50 batang, bibit Rambutan 330 batang, bibit Manggis 90 batang, bibit Durian 150 batang, bibit Pete 350 batang, bibit Klengkeng 250 batang dan bibit Matoa 30 batang,” ungkapnya. (Angelia)


EmoticonEmoticon