Jumat, 26 Februari 2010

YOGYAKARTA(SI) – PT Kereta Api (KA) Daop 6 Yogyakarta memberangkatkan dua kereta api (KA) menghadapi liburan panjang,yang bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad yang jatuh hari ini.

Dua KA ekstra liburan yang diberangkat Minggu (28/2) tersebut adalah KA Argolawu dan KLB (kereta luar biasa) klas bisnis dan eksekutif. Humas Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan,libur yang jatuh pada Jumat (26/2) biasanya membuat load factor melonjak karena berdekatan dengan Minggu. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Daop 6 Yogyakarta memberangkatkan dua KA yakni Argolawu ekstra (eksekutif) yang diberangkatkan dari Stasiun Solo Balapan pukul 21.30 WIB serta Kereta Api Luar Biasa (KLB) (eksekutif dan bisnis) yang diberangkatkan dari Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 21.57 WIB.

“Dua kereta tersebut jurusan ke Jakarta,” katanya kemarin. Dia menambahkan, masing-masing KA ekstra tersebut terdiri dari delapan rangkaian, yang masing-masing KA bisa mengangkut sekitar 400 orang. “Kita berharap dua kereta ekstra yang diberangkat tersebut bisa mengangkut semua penumpang yang akan balik ke Jakarta. Karena biasanya libur tiga hari banyak yang memanfaatkan pulang ke kampung halaman atau berwisata di Solo,Yogyakarta dan sekitarnya,” jelasnya. Untuk klas eksekutif tarifnya sekitar Rp300.000 sedangkan klas bisnis Rp130.000,”ungkapnya.

Terpisah,Kepala Stasiun Solo Balapan Djuhandri mengatakan, tambahan KA ekstra tersebut dilakukan karena tiket reguler jurusan Jakarta sudah habis. Untuk arus balik nanti pada Minggu (28/2),stasiun Solo Balapan akan memberangkatkan tiga jadwal keberangkatan KA eksekutif tujuan Jakarta, yaitu Argolawu,Argo Dwipangga dan KLB. Pantauan Seputar Indonesia (SI) di Stasiun Lempuyangan dan Tugu Yogyakarta, KA yang datang dari Jakarta maupun Bandung lebih banyak dipenuhi penumpang dibanding hari biasanya. “Kedatangan penumpang kereta api dari Jakarta dan Bandung mulai meningkat di bandingkan hari biasa.

Puncak kedatangan penumpang diperkirakan akan terjadi besok pagi (hari ini),” kata Kepala Stasiun Tugu Yogyakarta Asdo Artrivianto kemarin. (ridwan anshori/sumarno)


EmoticonEmoticon