Rabu, 17 Februari 2010

(SI) – Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung dijadwalkan mulai mengoperasikan rute Bandung-Yogyakarta pada Jumat (19/2) mendatang. Manajer Operasional PT Angkasa Pura II (AP) cabang Bandara Internasional Husein Sastranegara mengatakan, tingginya pasar penumpang tujuan Yogyakarta melatarbelakangi beberapa maskapai penerbangan yang berminat melayani perjalanan rute tersebut. ”Rencananya,kami (pengelola bandara) mulai mengoperasikan rute penerbangan Bandung-Yogyakarta pada 19 Februari karena kami dan maskapai menilai pasar di rute penerbangan ini cukup tinggi,” kata Sutrisno ketika dihubungi wartawan,kemarin.

Rencananya, pesawat jenis ATR 72-500 yang mampu menampung sekitar 70 penumpang melayani rute keberangkatan ini dengan jadwal penerbangan sekitar pukul 13.30 WIB.Dia menjelaskan, selain karena tingginya pasar rute ini,kekosongan jadwal penerbangan selama 5-6 jam di Bandara Husein juga menjadi alasan lain. Pihaknya ingin memaksimalkan jadwal penerbangan yang tersedia dengan diisi pembukaan berbagai rute penerbangan baru. ”Dengan pembukaan rute baru ini,total Bandara Husein melayani 9 jadwal penerbangan dengan 5 di antaranya merupakan penerbangan domestik dan 4 sisanya merupakan penerbangan internasional,” sebutnya.

Pada Maret mendatang, pihaknya memastikan proses penebalan landasan pacu di bandara terbesar di Jabar ini akan mulai dilakukan karena proses tender saat ini sudah berlangsung.Meski demikian,AP II Bandung tidak tahu-menahu mengenai masalah tender yang dilakukan. Pihaknya hanya menerima hasil tender dan menjadi pelaksana operasional pelaksanaannya nanti. Saat ini Bandara Husein melayani rute domestik menuju Surabaya, Denpasar, Batam, dan Medan, serta rute penerbangan internasional menuju Malaysia dan Singapura. Maskapai yang melayani penerbangan dari Bandung, antara lain AirAsia, Sriwijaya Air, dan Merpati Nusantara Airlines.

Sutrisno menambahkan, load factor rata-rata penerbangan internasionalmampumencapai80% atau sekitar 1.500 penumpang per hari. Kondisi tidak jauh berbeda juga dialamirutepenerbangandomestik. General Manager PT AP II Cabang Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung Mulya Abdi mengonfirmasikan rencana pembukaan rute tersebut. Menurut dia,rute penerbangan tersebut akan dilayani maskapai penerbangan Wings Air dengan frekuensi tujuh kali per pekan.

”Mulai 19 Februari Bandara Husein akan melayani rute penerbangan Bandung- Yogyakarta. Rute ini akan berangkat dari Bandung setiap pukul 13.00 WIB,”kata Mulya. (irvan christianto)


EmoticonEmoticon