Senin, 22 Februari 2010

RADAR JOGJA - Sebelas museum yang berada di wilayah Sleman menyatakan kesiapannya untuk mendukung program Tahun Kunjung Museum 2010 yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Drs. Untoro Budiharjo, mengungkapkan bahwa di Sleman terdapat sebelas museum yang masih eksis dan layak untuk dipromosikan kembali.

"Kesebelas museum di Sleman mampu menjadi aset yang perlu terus dipertahankan sehingga dapat mendukung perkembangan kepariwisataan daerah. Langkah nyatanya adalah melalui program-program kunjungan dari siswa-siswa sekolah mulai dari TK hingga sekolah menengah atas," jelas Untoro kemarin (19/2).

Sejalan dengan program Tahun Kunjung Museum 2010 pihaknya berupaya menginisiasi dan menggandeng pihak-pihak terkait yaitu Barahmus dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga.

"Keterkaitan Disdikpora dengan program Tahun Kunjung Museum 2010 merupakan hal yang sangat signifikan mengingat sasaran utama program tersebut adalah siswa-siswa sekolah dan generasi muda," tegasnya.

Ditambahkan Ketua Barahmus DIJ, Thomas Haryonagoro, bahwa program Tahun Kunjung Museum 2010 merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI Jero Wacik pada tanggal 30 Desember 2009.

"Program ini dimaksudkan untuk mendorong kesadaran masyarakat akan arti penting museum dan sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke museum. Tahun Kunjung Museum 2010 merupakan bagian integral dari Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) 2010 - 2015," papar Thomas di tempat terpisah kemarin (19/2).

Thomas melanjutjan bahwa banyak hal yang tersimpan dalam museum sehingga dapat memberikan pembelajaran yang luar biasa bagi masyarakat. Namun kenyataannya selama ini museum masih terpinggirkan dari perhatian banyak pihak.

"Di antaranya kunjungan siswa sekolah ke museum tergolong masih rendah. Meski ada kunjungan ke museum, tapi kebanyakan dari mereka belum banyak yang berupaya mencermati secara mendalam," ujarnya.

Kesebelas museum yang siap untuk dikunjungi adalah Museum Affandi, Museum Geoteknologi Mineral UPN, Museum Gunungapi Merapi, Museum Mandala Bhakti Wanitatama, Museum Ullen Sentalu, Museum Nyoman Gunarsa, Museum Pancasila Sakti, Museum Paleoanthropologi UGM, Museum TNI AU Dirgantara Mandala, dan Museum Prambanan. (isa)


EmoticonEmoticon