Minggu, 28 Februari 2010

YOGYA (KRjogja.com) - Puluhan aparat dari jajaran TNI dan Polri menggelar operasi gabungan di tempat-tempat terlarang dan tempat hiburan di wilayah DIY, Minggu (28/2) dini hari. Dalam operasi yang melibatkan POM AD, AL, AU dan Propam Polda DIY ini, petugas berhasil mengamankan 3 anggota TNI AD dan 3 anggota Polri yang kedapatan berada di beberapa tempat hiburan di Kota Yogyakarta dan Sleman.

Razia yang mulai digelar Sabtu (27/2) sekitar pukul 23.00 WIB hingga Minggu (28/2) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB ini menyisir kawasan-kawasan yang sering dijadikan tempat mangkal para oknum-oknum aparat. Operasi pertama dilakukan di kawasan prostitusi terkenal di Yogyakarta, Pasar Kembang (Sarkem. red). Di tempat ini, petugas tidak menemukan satu orang pun anggota.

Setelah kawasan Sarkem dianggap steril dari keberadaan oknum aparat, petugas bergeser menyisir tempat-tempat hiburan, karaoke ataupun diskotik. Aparat gabungan menuju ke tempat hiburan Palm dan Gending yang berada di Kota Yogyakarta, selanjutnya Cafe Montana, Terrace, Hugos, Bosche dan Liquid di kawasan Sleman juga tak luput dari razia petugas.

Di Cafe Montana, kawasan Seturan Sleman, petugas berhasil mengamankan 3 anggota TNI AD dan 2 anggota Polri. Sementara itu, 1 anggota Polri yang sedang nongkrong di Cafe Gending juga diciduk petugas.

“Pada awalnya oknum-oknum ini mengelak dan tidak mengakui jika dirinya merupakan anggota. Namun setelah diinterogasi petugas, oknum ini mengaku,” terang Pasi Hartib Denpom Yogyakarta, Kapten CPM Sugeng Budiharjo disela digelarnya operasi Jumat (28/2) dini hari.

Setelah didata, sambung Sugeng, oknum-oknum ini akan diserahkan ke ankum (atasan yang menghukum. red) sesuai kesatuannya untuk diproses lebih lanjut. Ditambahkannya, razia bagi aparat ini akan rutin digelar secara gabungan, hal ini untuk meminimalisir adanya oknum-oknum aparat yang bertindak diluar kendali yang justru malah meresahkan masyarakat.

“Ini merupakan petunjuk dari pimpinan. Operasi gabungan antara TNI dan Polri ini akan rutin digelar tiap bulan,” tegas Sugeng. (Van)


EmoticonEmoticon