Kamis, 25 Februari 2010

YOGYA (KRjogja.com) - Guna memperingati Serangan Oemoem 1 Maret 1945 ke-61 tahun ini, panita bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan menggelar 'Night Ride On Jogja Bike Lane' pada 28 Februari, pukul 19.00 WIB. Acara bersepeda bersama ini akan mengambil start di kawasan Gardu Kotabaru (pojok SMA N 3) dan finish di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yulia Rustianingsih acara diselenggarakan karena saat ini bersepeda di malam hari sudah menjadi tren di beberapa kota di Indonesia. Ditargetkannya, lebih dari 1.000 pesepeda siap memeriahkan acara ini. "Rute jalan akan melewati Jalan Sudirman, Jalan Diponegoro, Kyai Mojo, Cokroaminoto, Martadinata, Ahmad Dahlan dan terus ke timur hingga Kusumanegara. Kami akan bekerjasama dengan Kepolisian dan Dishub untuk pengaturan lalu lintas. Yang jelas, tidak akan ada penutupan jalan," paparnya di Balaikota Yogyakarat, Rabu (24/2).

Ditambahkannya, pada peringatan tanggal 1 Maret, ratusan pelajar Kota Yogyakarta akan bersepeda bersama menuju Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Menurutnya, akan terdapat 4 titik keberangkapat pelajar, yankni dari SMK 2 Yogyakarta (kawasan utara), Rumah Dinas Walikota (kawasan timur), SMP N 13 Yogyakarta (kawasan selatan) dan SMA N 1 Yogyakarta (kawasa barat).

"Ditargetkan, sekitar 750 hingga 1.000 siswa akan berangkat dari masing-masing titik. Acara akan dilanjutkan dengan upacara. Sesudah itu, siswa kembali ke sekolah masing-masing. Ini untuk lebih memasyarakatkan sepeda di kalangan pelajar," paparnya. (Den)


EmoticonEmoticon