Sabtu, 20 Februari 2010

HARIAN JOGJA - SLEMAN: Sebanyak 382 botol minuman keras (Miras) dari berbagai golongan disita oleh petugas Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Sleman dalam razia yang digelar di sejumlah lokasi, Rabu (17/2). Razia ini diduga telah bocor karena dari 6 lokasi yang menjadi sasaran yakni di Jalan Kaliurang, Babarsari, Denggung, Sagan, dan Jalan Magelang, hanya dua lokasi di antaranya berhasil ditemukan Miras.

Petugas mengawali razia di sebuah toko di Jalan Magelang yakni di sebelah Utara TVRI Jogja. Tempat ini disinyalir telah lama menjual berbagai merek Miras. Setelah melalui penggeledahan, akhirnya di sini petugas berhasil menyita sebanyak 184 botol Miras dari berbagai golongan. Razia kemudian dilanjutkan ke arah utara yakni di sebuah warung daerah Denggung. Namun sayangnya di sini petugas tidak menemukan adanya Miras.

Di warung tersebut petugas hanya menemukan aneka jamu yang telah dikemas dalam botol namun komposisi kandungannya tidak tertera. Untuk mengetahui ada tidaknya kandungan alkohol dalam jamu botolan tersebut, petugas pun membawa dua botol jamu sebagai sampel. Jamu tersebut selanjutnya akan dibawa ke laboratorium BPPOM untuk diteliti. Gagal mendapat buruan di Denggung, petugas pun melanjutkan razia ke arah timur yakni ke sebuah warung di Jalan Kaliurang.

Di sini juga petugas tidak menemukan sasaran. Barulah saat melakukan razia di sebuah toko modern di daerah Babarsari petugas menemukan Miras dalam jumlah yang cukup banyak yakni sebanyak 198 botol yang semuanya merupakan golongan A. Kasie Penegakan Perundang-undangan Kantor Satpol PP Sleman Ignatius Sunarto mengatakan razia ini digelar dalam rangka penegakan Perda No 8/2007 tentang Pelarangan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.

“Razia ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan untuk menegakkan Perda. Selain itu, razia ini juga digelar untuk mengantisipasi maraknya peredaran Miras oplosan di Sleman. Kami tidak ingin kecolongan seperti daerah tetangga,” ujar dia di sela-sela razia. Menurut Sunarto, pihaknya akan terus menggencarkan razia Miras di berbagai wilayah karena ditengarai peredaran minuman haram tersebut di Sleman masih sangat tinggi. Dikatakan, menyambut perhelatan Pilkada mendatang, diharapkan peredaran Miras bisa diminimalisasi.(sig)


EmoticonEmoticon