Senin, 08 Maret 2010

Yogyakarta - Bupati Bantul, Idham Samawi terpilih menjadi ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2010-2015.

Dalam konferensi daerah (konferda) III DPD PDIP DIY yang berlangsung di The Cangkringan Vila, Cangkringan, Sleman, Minggu (7/3/2010) itu, Idham unggul atas pesaingnya Esti Wijayanti anggota DPRD DIY.

Konferda III yang dibuka Ketua Umum DPP Megawati bersama sejumlah pengurus DPP itu berlangsung singkat sekitar dua jam. Jalannya konferda yang digelar secara tertutup itu dipimpin langsung oleh Sekjen DPP PDIP, Pramono Anung. Sebelum dilakukan pemandangan umum dari lima wakil DPC se-DIY, pimpinan sidang mendemosionerkan kepengurusan lama pimpinan Djuwarto.

Dalam laporan pertanggungjawaban, empat DPC PDIP menerima LPJ kepengurusan Djuwarto dengan beberapa catatan. Sedang satu DPC Kota Yogyakarta menyatakan menolak LPJ.

Dalam sidang itu baik Ketua Umum dan Sekjen DPP PDIP, Megawati dan Pramono Anung sepakat pelaksanaan konferda akan berjalan singkat dan efektif sehingga waktu tidak molor atau terbuang.

Pramono selaku pimpinan sidang kemudian meminta salah seorang perwakilan DPC yakni Ayunardi dari Bantul untuk membacakan pandangan umum dari lima cabang. Sebanyak dua cabang yakni Bantul dan Kota Yogyakarta merupakan yang paling banyak mengusung nama Idham Samawi. Sedangkan Gunung Kidul dan Sleman Esti Wijayanti unggul. Sedangkan DPC Kulonprogo, dukungan antara keduanya imbang alias draw.

Dalam rapat tertutup itu, peserta konferda akhirnya memutuskan memilih Idam Samawi sebagai ketua formatur. Idham pun kemudian memilih beberapa orang kader PDIP untuk menyusun kepengurusan periode mendatang.

(bgs/lrn)


EmoticonEmoticon