Kearifan Lokal Jadi Dasar Penanganan Bencana di DIY - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 6 March 2010

Kearifan Lokal Jadi Dasar Penanganan Bencana di DIY

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Di DI Yogyakarta, kearifan lokal menjadi dasar penanganan bencana dan berbagai dampak yang ditimbulkannya. Belajar dari pengalaman, masyarakat mempunyai kearifan tersendiri dalam menyelesaikan persoalan-persoalan bersama.

“Itulah yang selama ini menjadi filter yang sangat efektif bagi masyarakat dalam menyikapi berbagai persoalan kebencanaan yang berkembang,” ungkap Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat DIY Tavip Agus Rayanto, saat menerima kunjungan kerja Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Jumat (5/3/2010) di Yogyakarta.

Salah satu contoh kearifan lokal yang sudah menjadi bagian dari dinamika kehidupan masyarakat DIY, terutama masyarakat pedesaan adalah rembug desa dengan berbagai pertemuan dari tingkat RT sampai pada kelompok-kelompok yang lebih besar misalnya. Dari forum itu, masyarakat mengambil keputusan bersama untuk, misalnya bergotong royong mengatasi bencana.

Penulis: RWN | Editor: made

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)