Rabu, 03 Maret 2010

YOGYAKARTA (SI) – Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede rencananya akan dibuat menjadi kampung wisata. Ciri khas Kotagede yang masih kental akan budaya tradisional Jawa akan dipertontonkan pada wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

Camat Kotagede Rumpis Trinintarta mengatakan langkah awal mewujudkan rencana ini adalah pembentukan kelembagaan masyarakat yang saat ini sedang dalam proses pembentukan. ”Latar belakang dikembangkannya kampung wisata ini adalah banyaknya cagar budaya yang menjadi daya tarik, adanya kemauan dan partisipasi masyarakat, serta banyaknya potensi kerajinan seperti perak, makanan, dan kesenian di Kelurahan Purbayan,”kata Rumpis.

Letak kampung wisata yang akan dibentuk tersebut berada di RW 10 kelurahan Purbayan Kecamatan Kotagede.Wisata yang dapat ditawarkan kepada para wisatawan berupa kehidupan tradisional masyarakatnya, jalan-jalan sempit yang menjadi ciri khas Kotagede, peninggalan bersejarah, adat-adat seperti acara mantenan Jawa.

”Bangunan-bangunan bentuk joglo yang ada di sana sudah termasuk kategori heritage. Rencananya, rumah-rumah joglo tersebut akan dijadikan home stay bagi para wisatawan sambil mereka mengamati kehidupan seharihari masyarakat sekitar,” ujar Rumpis. Dia menambahkan, akan diadakan pula pertunjukan rutin seperti kesenian Srondul (sejenis sendra tari ketoprak), kasidahan, dan musik keroncong. Rumpis mengaku minimnya anggaran dan jalan akses masuk Kelurahan Purbayan yang sempit menjadi kendala untuk mewujudkan rencana ini. Kepala Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Yogyakarta Yulia Rustianingsih menilai usulan kampung wisata Purbayan luar biasa dan perlu diapresiasi.

”Usulan itu sangat baik.Apalagi karena biasanya perkembangan kampung wisata berasal dari masyarakat daerah itu sendiri. Pemerintah hanya mensuppot kegiatan tersebut,”ujarnya. (ratih keswara)


EmoticonEmoticon