Jumat, 30 April 2010

YOGYA (KRjogja.com) - Para Facebooker atau pengguna Facebook, diharapkan untuk lebih waspada terhadap kejahatan dunia maya impersonation yang akhir-akhir ini sedang marak di kalangan pengguna Facebook dan di dunia maya. Tiap orang berlomba untuk memiliki teman sebanyak-banyaknya di Facebook biar terkesan eksis.

Secara sederhana, impersonation merupakan perilaku meniru gaya dan tindakan seseorang, tanpa diketahui seseorangtersebut. Dampak yang mungkin terjadi kemudian, yakni penyalahgunaan data seseorang di internet yang dapat merugikan dirinya sendiri atau pihak tertentu.

Information and Communicaton Technology (ICT) Watch, Bonny BU mengimbau, bagi seluruh pemilik akun Facebook dan mungkin jejaring sosial lainnya untuk berpikir ulang dalam memberikan data, informasi dan terlebih foto-foto diri. Alasannya, di dunia maya, siapapun dapat dengan leluasa medowload atau mengunggahnya di internet.

"Dengan mengupload data di internet, hal itu berarti kita telah memberikan data kita ke publik atau seluruh orang yang bisa mengakses internet. Bahkan mungkin memperbolehkan mereka untuk mengambil dan mempergunakan data yang telah kita upload," katanya di Yogyakarta, Kamis (28/4).

Bonny mengingatkan, hendaknya para Facebooker dapat lebih berhati-hati dalam berhubungan di dunia maya. Selain itu, data dan informasi tentang jati diri jangan terlalu terbuka serta dipublikasikan secara umum. (Fir)


EmoticonEmoticon