Selasa, 04 Mei 2010

YOGYA (KRjogja.com) - Pemilukada Kota Yogyakarta akan digelar pada hari Minggu, 25 September 2011 tahun depan. Rencana ini mundur dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, yakni pada bulan Agustus 2011, karena bersamaan dengan datangnya bulan puasa tahun 2011. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kota Yogyakarta, Nasrullah dalam dalam rapat kerja Komisi A DPRD Kota Yogya, di gedung dewan setempat, Selasa (4/5).

Nasrullah menjelaskan, perkiraan awal, kampanye akan dilakukan pada tanggal 8 September 2011 mendatang. Ditetapkannya tanggal tersebut, menurut Nasrullah, lantaran waktu itu diperkirakan merupakan saat seminggu sesudah lebaran 2011.”Hhari pertama kampanye akan dilangsungkan di gedung dewan dalam bentuk sidang paripurna, dimana semua calon menyampaikan visi dan misinya," jelasnya.

Untuk putaran kedua, kata Nasrullah, seandainya ada akan diselenggarakan apda tanggal 6 November 2011. Sebelumnya, diberi waktu 21 hari untuk waktu penyelesaian seandainya terjadi sengketa di Mahkamah Konstitusi. "Dijadwalkan, pelantikan walikota baru akan dilaksanakan 41 hari sesudah pemungutan suara," ujarnya.

Ditambahkannya, 150 hari sebelum jabatan Aalikota Yogyakarta, Herry Zudianto berakhir, dewan harus mengirim surat resmi untuk mengingatkan walikota bahwa masa jabatanya akan brakhir 20 Desember 2011. Dirinya berharap, 210 hari menjelang pemungutan suara, Panwaslu harus sudah terbentuk. "Jangan sampai seperti pemilihan yang lalu, dimana sudah setengah jalan, Panwaslu baru terbentuk," ungkapnya. (Den)


EmoticonEmoticon