Senin, 10 Mei 2010

DETIK NEWS | Setelah berhasil mengimplementasikan Perjanjian Kerjasama dengan Metropolitan University Prague, UPN Veteran Yogyakarta kini melebarkan kerjasama dengan Masaryk University, Brno (universitas negeri terbesar kedua di Ceko) dan Tomas Bata University, Zlin.

Delegasi UPN Veteran Yogyakarta yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr. Sri Wuryani dan didampingi Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha Azis Nurwahyudi diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Internasional Masaryk University Prof. Mikulas Bek, Kamis (6/5/2010).

Dr. Sri Wuryani menyampaikan hasrat UPN Veteran Yogya untuk membuat kerjasama akademik dengan Masaryk University mencakup kegiatan antara lain pertukaran mahasiswa, pertukaran pengajar dan seminar bersama.

Prof. Mikulas Bek menanggapi hasrat tersebut dengan positif dan mengharapkan kerjasama dapat segera terlaksana. Untuk itu perlu segera dibuat Nota Kesepahaman karena pihak Masaryk University juga tertarik untuk melebarkan kerjasamanya dengan universitas di Asia, termasuk Indonesia.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Masaryk University Prof. Ladislav Rabusic menyampaikan bahwa kerjasama yang diharapkan adalah di bidang ilmu-ilmu sosial, terutama Hubungan Internasional.

Pada kesempatan sama, Masaryk University juga mengundang Dr. Machya Astuti Dewi dari UPN Veteran Yogyakarta sebagai salah satu pengkaji Gender dan Politik, untuk menjadi dosen tamu di universitas tersebut dalam kerangka kerjasama dua universitas.

Selama pertemuan kedua petinggi universitas berlangsung, para mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional UPN Veteran Yogyakarta menerima kuliah tentang Politik Luar Negeri Ceko oleh Ketua Jurusan Hubungan Internasional dan Studi Eropa Masaryk University Dr. Petr Suchy.

Selepas dari Masaryk, delegasi UPN Veteran Yogyakarta juga melakukan penjajakan kerjasama dengan Tomas Bata University, Zlin, dan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Internasional Prof. Berenika Hausenerova.

Prof. Hausenerova menyambut baik hasrat UPN Veteran Yogyakarta dan menjelaskan program-program di universitasnya. Pihak Tomas Bata University mengharapkan rencana tersebut dapat diimplementasikan sesuai dengan program masing-masing universitas. Bahkan pihak Tomas Bata University menawarkan program dual-degree untuk tingkat master.

Delegasi UPN Veteran Yogyakarta dalam misi tersebut membawa rombongan mahasiswanya dari Hubungan Internasional untuk sekaligus melakukan muhibah seni dan akademik. ​Mereka antara lain menampilkan tari tradisional dari Melayu Riau, Kalimantan serta Papua di Indonesian Art Festival dan Museum Benatky nad Jizerou.

Rangkaian kegiatan ini merupakan implementasi persetujuan Sidang Komisi Bersama Tahun 2009 antara Pemerintah RI dan Ceko untuk meningkatkan hubungan antar masyarakat kedua bangsa melalui bidang pendidikan. (es/es)


EmoticonEmoticon