Senin, 14 Juni 2010

YOGYAKARTA(SI)- DPD Partai Amanat Nasional (PAN) dan DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Yogyakarta mengaku telah menjaring nama bakal calon kepala dan wakil kepala daerah yang akan diajukan dalam Pilwalkot 2011 nanti.

Partai akan menunggu respons masyarakat sebelum menentukan siapa calon yang diusung. Ketua DPD PAN Kota Yogyakarta Muhammad Sofyan mengatakan, pihaknya telah menjaring lima nama bakal calon.Yakni Immawan Wahyudi (Ketua DPW PAN DIY),Hanafi Rais (Putra Sulung Amien Rais), Arif Noor Hartanto (Anggota DPRD DIY), Latifah Iskandar (mantan Anggota DPD DIY), dan Dyah Suminar (isteri Wali Kota Herry Zudianto).

“Bola sudah kita lempar, kita lihat seperti apa respon masyarakat,”kata Ketua DPD PAN Kota Yogyakarta Muhammad Sofyan kepada wartawan,kemarin. Respon masyarakat berguna untuk mengetahui elektabilitas calon dalam pilwalkot 2011 nanti.Juga untuk mengetahui penerimaan warga Kota Yogyakarta terhadap calon-calon yang akan diajukan PAN, sebelum nantinya diusung.

“Kita serap aspirasi masyarakat terlebih dahulu sebelum nantinya mengerucut pada dua nama,”katanya. Selain menyerap aspirasi masyarakat, PAN juga menjalin komunikasi dengan partai lain dalam menghadapi Pilwalkot. Jika dimungkinkan, partai berlambang matahari terbit itu ingin meneruskan Koalisi Rakyat Jogja jilid 1 yang telah berhasil memenangkan pilwalkot 2006-2011. Koalisi ini merupakan gabungan dari PAN, Partai Golkar,dan Partai Demokrat yang mengusung pasangan Herry Zudianto-Haryadi Suyuti.“Jika dimungkinkan kita akan kembali usung Koalisi Rakyat Jogja jilid 2,” kata Sofyan. Namun,kata dia,PAN tidak akan membatasi komunikasi dengan partai tertentu yang memiliki wakil di DPRD Kota Yogyakarta saja.

PAN juga akan mendekati partai-partai nonparlemen untuk mendukung calon yang diusung nantinya. “Semakin banyak yang mendukung semakin bagus,”katanya. DPD PAN akan membuat strategi khusus agar bisa memenangi pilwalkot 2011. Salah satunya dengan mengusung calon dengan memiliki kekuatan politik dominan dan layak jual. Ketua DPC PPP Kota Yogyakarta Fachrudin AM juga mengatakan senada. Pihaknya telah menjaring nama yang akan diajukan dalam Pilwalkot 2011 nanti. Salah satunya adalah Alfian Darmawan yang merupakan kader partai. PPP mengaku sedang menjajaki kemungkinan berkoalisi dengan PAN dalam pesta demokrasi di Kota Yogyakarta nanti. Fachrudin memandang ada kesamaan visi antar keduanya.Apalagi,PAN dan PPP juga bersatu dalam satu Fraksi di lembaga DPRD Kota Yogyakarta.

“Ada kesamaan visi dan bangunan yang sudah kita lakukan bersama. Ini cukup baik dan menjanjikan hubungan politik di masa depan,”katanya. Selain kesamaan visi, PPP memandang PAN memiliki mesin politik yang bagus di DIY.Terbukti PAN sukses mengantarkan calonnya menjadi kepala dan wakil kepala daerah di tiga kabupaten,yakni Sleman, Bantul, dan Gunungkidul. “Itu juga menjadi pertimbangan kami,”katanya. (abdul malik mubarak)




EmoticonEmoticon