Selasa, 01 Juni 2010

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Bangsa Indonesia sudah saatnya menerapkan kembali Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kata Letjen TNI (purn) Prabowo Subianto di Yogyakarta, ddalam sarasehan peringatan lahirnya Pancasila oleh Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (MLPT), Senin malam.

Dia menambahkan, bangsa Indonesia hendaknya berupaya mengembalikan Pancasila dari penyimpangan, ke arah seharusnya dan jangan hanya diucapkan tetapi juga tidak diterapkan dalam kehidupan."Perlu sumbangsih pemikiran dari para tokoh nasional, intelektual, pemuda serta seluruh komponen bangsa. Mereka harus menyadari bahwa Pancasila perlu diterapkan dalam setiap kehidupan di masyarakat, "kata Ketua Umum Dewan Pembina Pusat Partai Gerindra itu.

Menurutnya, dalam bidang ekonomi tampaknya Pancasila masih diabaikan sehingga sistem ekonomi bangsa Indonesia makin jauh dari cita-cita para pendiri bangsa ini.

"Harapan saya masyarakat Indonesia harus memiliki kesadaran kembali antara lain dengan membahas Pancasila melalui diskusi maupun sarasehan seperti yang digagas Tamansiswa dengan tujuan agar dapat mengembalikan dan mengingatkan jika ada penyimpangan Pancasila,"kata Prabowo.

Sementara itu Ketua Umum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa Ki Tyasno Sudarto mengatakan penyelenggaraan sarasehan dimaksudkan untuk refleksi bangsa Indonesia agar mengembalikan Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Indonesia.

"Kita mestinya mengembalikan Pancasila ke tempat semestinya dengan melaksanakan dalam setiap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu, Tamansiswa selalu konsisten menjalankan dan menjaga Pancasila,"katanya.

Red: Krisman Purwoko
Sumber: ant
internet marketing


EmoticonEmoticon