Sabtu, 10 Juli 2010

YOGYA (KRjogja.com) - Pihak Pertamina, melalui Pemasaran Pertamina DIY berjanji pada pertengahan bulan Juli ini akan menarik tabung-tabung gas 3 kg yang beredar di wilayah DIY dan menggantinya dengan tabung-tabung yang sesuai standar. Penarikan ini dilakukan atas gencarnya tuntutan masyarakat, sekaligus untuk mensortir tabung gas yang layak maupun tidak layak yang selama ini beredar di masyarakat.

Seperti diungkapkan Sales Representatif Gas Pertamina Domestik Rayon II DIY - Surakarta - Megelang, Ana Dewi Lestari, penarikan ini telah dilakukan di beberapa wilayah di Jawa Tengah. Namun untuk di DIY, pihaknya masih akan melakukan persiapan, terutama masalah infrastruktur.

“Kita sedang mempersiapkan infrastruktur, kira-kira pertengahan bulan Juli akan mulai dilakukan. Kita berusaha secepat mungkin,” tegas Ana saat ditemui KRjogja.com di Kantor Pemasaran Pertamina DIY, Jalan Mangkubumi, Yogyakarta, Jumat (9/7) siang.

Dalam prakteknya nanti, kata Ana, pihak Pertamina akan menggandeng Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas), baik dalam proses penarikan atau saat pendistribusian kembali ke masyarakat. Pihaknya juga berharap partisipasi dari masyarakat untuk turut melancarkan program ini dengan menukarkan tabung gas 3 kg yang selama ini telah dimilikinya.

“Masyarakat yang tabungnya rusak dapat menukarkan di pangkalan. Dari pangkalan nanti akan diserahkan ke agen, dari agen nantinya akan diserahkan ke SPBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji). Nanti Pertamina akan melakukan penyortiran, yang tidak layak akan diganti dengan yang layak,” katanya.

Selain tabung gas 3 kg, pihak Pertamina juga akan melayani penukaran aksesoris lain, seperti regulator dan selang gas. Untuk menukarkannya, jelas Ana, warga diminta membawa surat keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), selang dan regulator yang akan ditukar.

“Nantinya Hiswana Migas akan menunjuk agen-agen. Untuk biaya aksesoris, masih akan dibicarakan. Yang pasti harganya murah,” terang Ana.

Mengenai jumlah tabung gas 3 kg, regulator dan selang gas yang akan disediakan, dikatakan Ana, pihaknya tidak akan membatasi jumlahnya. Pihak Pertamina akan menyediakan semuanya sesuai kebutuhan masyarakat. Selain itu, Pertamina sebelum pertengahan bulan Juli ini juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar warga mengetahui program ini.

“Untuk angka target, akan mengikuti kebutuhan itu sendiri. Target selesainya kapan juga tidak ada, semua sesuai kebutuhan masyarakat,” tegas Ana. (Van)




EmoticonEmoticon