Selasa, 13 Juli 2010

YOGYA (KRjogja.com) - PT PLN (Persero) pada tahun 2010 ini menargetkan memperoleh 2.604 pegawai baru dari berbagai disiplin ilmu. Target tersebut diterapkan dalam rangka menjalankan proyek 10.000 MW yang ditargetkan tercapai pada tahum 2012 guna memenuhi kebutuhan listrik nasional.

Rekrutmen pegawai baru PLN tersebut dilakukan oleh Engginer Carrier Center (ECC) UGM melalui proses pendaftaran online di website www.ecc.ft.ugm.ac.id hingga 13 Juli nanti. Menurut direktur ECC UGM, Nurhadi, kebutuhan PLN akan tenaga baru sampai saat ini belum bisa terpenuhi. Hal ini dikarenakan PLN terus mencari SDM yang benar-benar berkualitas dan memenuhi kriteria.

"Dari target tahun lalu sebesar 1.600 pegawai, kami hanya bisa memenuhi 1.000 saja. Sedangkan untuk tahun ini, target 2.604 pegawai kemungkinan hanya akan memenuhi 1.000 orang juga. Total pendaftar sendiri sampai saat ini telah mencapai 11 ribu orang dan akan disaring 3 ribu orang serta kemungkinan bisa diterima hanya 5-10 persennya saja," terangnya di gedung UC UGM, Senin (12/7).

Faktor yang banyak menjadi penghambat dalam keberhasilan proses rekrutmen di PLN, katanya, yakni karena kegagalan pada tes kesehatan dan psikotes. Meskipun demikian, pihaknya tetap memberlakukan seleksi ketat untuk memperoleh kandidat terbaik.

"Sekitar 30-57 persen kegagalan rekrutmen adalah karena alasan kesehatan, dimana banyak peserta yang memiliki kolesterol tinggi. Sedangkan 30 persen lainnya adalah karena faktor kematangan emosional yang belum memenuhi kriteria terutama saat psikotes maupun wawancara," ungkapnya.

Dalam proses rekrutmen kali ini dibuka untuk 14 bidang ilmu masing-masing 6 bidang tingkat S1 dan 8 bidang tingkat D3. Untuk tahapan seleksi meliputi input data, seleksi administrasi, pengumuman dan briefing, general attitude test, tes akademik dan bahasa Inggris, tes psikologi, kesehatan, wawancara dan pengumuman. Pada tanggal 14 Juli nanti, peserta yang sudah mendaftar diminta untuk mengumpulkan berkas di gedung UC UGM dan akan menerima pengumuman lolos administrasi pada 21 Juli. (Ran)




EmoticonEmoticon