Kamis, 08 Juli 2010

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Penasihat PP Muhammadiyah, Prof Dr Syafii Maarif, meminta Ketua Umum dan anggota PP Muhammadiyah terpilih periode 2010-2015 menjaga amanah yang telah diberikan oleh peserta Muktamar di Yogyakarta 2010 ini. Menurutnya, jabatan yang diemban oleh para anggota PP Muhammadiyah termasuk ketua Umumnya merupakan amanah warga Muhammadiyah.

"Jaga amanah Muhammadiyah, apalagi yang memiliki suara terbanyak," ujar Syafii saat dimintai komentarnya terkait pemilihan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Rabu (7/7)

Menurut Syafii, adanya beberapa kader muda di tubuh PP MUhammadiyah yang baru merupakan warna baru bagi Muhammadiyah ke depan. Namun, kata dia, para kader muda ini pun harus memiliki karakter tersendiri dan tidak ikut-ikutan kader lama yang sudah duduk di kepemimpinan sebelumnya. "Mudah-mudahan mereka (kader muda-red) adalah kader-kader yang merdeka tak mudah dipengaruhi. Itu akan lebih bagus dan tidak terbawa oleh kader-kader lama," jelasnya.

Syafii sendiri hadir dalam pemilihan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut. Bahkan penasehat PP Muhammadiyah ini juga menyaksikan langsung penetapan Ketua Umum PP Muhammadiyah dalam sidang pleno Muktamar di Sportorium UMY, Rabu.

Salah satu Ketua PP Muhammadiyah terpilih, Haedar Nashir mengatakan, PP Muhammadiyah yang yang baru ini harus bisa menjalankan keputusan-keputusan sidang Muktamar di Yogyakarta untuk lima tahun ke depan.
Menurut Haedar, apa yang diputuskan dalam sidang muktamar merupakan 'guiden' atau pijakan bagi PP Muhammadiyah untuk menjalankan roda organisasi lima tahun ke depan. "Apa yang dihasilkan di muktamar itu sudah sangat bagus, tinggal bagaimana menjalankannya saja," tandasnya.

Red: Endro Yuwanto
Rep: Yulianingsih




EmoticonEmoticon