Kamis, 26 Agustus 2010

YOGYA (KRjogja.com) - Poltabes Yogyakarta akan mengerahkan 1.200 personel untuk mengamankan pelaksanaan malam Takbir atau malam sehari sebelum Idul Fitri. Pada malam tersebut, diperkirakan merupakan hari dimana penumpukan aktifitas warga akan terjadi di kota ini.

"Poltabes Yogyakarta akan mengerahkan kekuatan penuh dan semua jajaran kami siagakan untuk pengamanan wilayah serta lalu lintas arus kendaraan pemudik. Khusus untuk pengamanan lalu lintas ini kami kerahkan 600 personel," tegas Kapoltabes Yogyakarta Kombes Atang Heradi di Yogyakarta, Rabu (25/8).

Ia mengatakan pada malam menjelang Idul Fitri tempat-tempat ibadah menjadi prioritas pengamanan. "Sebanyak 600 personel juga kami siagakan di pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan tempat berkumpulnya warga," katanya.

Menurut dia, petugas kepolisian yang akan diterjunkan di beberapa lokasi sebagian mengenakan pakaian dinas dan sebagian lainnya tidak berseragam atau sebagai pengamanan secara tertutup.

Selain itu, Atang Heradi mengatakan, enam posko Lebaran akan didirikan di lokasi strategis di kota ini, di antaranya ujung selatan dan ujung utara Jalan Malioboro, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, simpang empat Tugu serta Terminal Giwangan. "Posko tersebut akan difungsikan mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Posko ini didirikan di tempat berkumpulnya massa yang potensial terjadi gangguan keamanan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan institusi lain dalam melakukan pengamanan melalui posko Lebaran. "Kami telah melakukan koordinasi dengan Trantib, Kodim, ORARI, Pramuka, serta ormas yang ikut dalam pengamanan tersebut," katanya. (Ant/Van)




EmoticonEmoticon