Senin, 13 September 2010

HARIAN JOGJA: Memasuki hari ketiga Lebaran, Senin (13/9) sejumlah ruas utama jalan Kota Jogja telah dipadati ribuan mobil asal luar daerah dan menimbulkan kemacetan. Kebanyakan adalah mobil plat B baik mobil pribadi maupun angkutan rombongan hendak berlibur ke sejumlah tempat wisata.

Selain mengunjungi sanak keluarga, kesempatan liburan dimanfaatkan mereka berekreasi ke Keraton, Taman Pintar maupun Gembira Loka. Akibatnya kemacetan lalu lintas tidak terhindarkan, Senin Siang (13/9). Mulai dari Jalan Mangkubumi, Malioboro, Ahmad Yani serta Kusumanegara, arus lalu lintas kendaraan padat, mobil, motor dan angkutan umum berjalan merayap.

"Pada musim liburan seperti hari ini, pengunjung Malioboro saja bisa meningkat 100%, dalam sehari saja bisa 10.000 orang lebih yang datang ke Jogja, kebanyakan pengunjung dari Jakarta dan Bandung,” kata Kepala Sub Bagian Umum UPT Malioboro, Sigit Kusumaatmaja, saat dihubungi Harian Jogja melalui telepon selulernya, Senin (13/9).

Menurut Sigit, kemacetan di Jalan raya terjadi, disamping karena ramainya mobil dari luar daerah, juga banyaknya angkutan maupun taksi yang berhenti dan menurunkan penumpang secara sembarangan, seperti di depan pusat perbelanjaan, pasar, maupun toko sehingga mengakibatkan terhentinya arus lalu lintas yang sudah padat.

Karena itu, menurut dia, untuk mengurangi kemacetan tersebut, para pengunjung lokal maupun luar daerah harusnya bisa menyadari kelancaran arus lalu lintas, mematuhi rambu-rambu dan tidak berhenti sembarangan. (Harian Jogja/Mustaqim Fikri AR)




EmoticonEmoticon