Kamis, 09 September 2010

SLEMAN: Jumlah pemudik jalur udara menuju bandara Adi Sutjipto Jogja hari ini Rabu (8/9) mengalami kenaikan. Dari pantauan PT Angkasapura I hingga H-3 Lebaran, terjadi kenaikan kedatangan 3,69%.

Pemudik asal Jakarta masih mendominasi kedatangan domestik sebanyak 3.800 dari total kedatangan domestik 6.720 penumpang.
Jumlah penumpang asal Denpasar dan Balikpapan juga mulai naik masing-masing sebanyak 668 dan 555 penumpang. Begitupula dengan kedatangan internasional, khususnya asal Malaysia sebanyak 466 penumpang.

Asisten Manajer Pelayanan Bandara Adi Sutjipto, Kadari mengatakan, beberapa maskapai memang melakukan penambahan pesawat ekstra khusus untuk arus mudik (domestik).

Beberapa di antaranya adalah, Lion Air sejak tanggal 5-10 September (pesawat tipe R900) dan dua pesawat dari Air Asia tipe AirBus sejak tanggal 7-19 September.

Sriwijaya Air rencananya juga akan menambah penerbangan mulai tanggal 13-19 September.

“Semuanya rute dari dan ke Jakarta, untuk internasional ada pesawat ekstra dua, dari Singapura dan Malaysia,” ujarnya saat dijumpai di kantornya, Rabu (8/9).

Menurutnya, peningkatan jumlah pemudik tahun ini tergolong signifikan. Kenaikan penumpang di bandara Adi Sutjipto tertinggi biasanya terjadi pada H-3.(Harian Jogja/Galih Kurniawan)




EmoticonEmoticon