Kamis, 09 September 2010

SLEMAN- Sejumlah 120.864 orang menjadi target wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan. Terdiri dari 114.966 wisatawan umum dan 5.899 wisatawan mancanegara. Untuk menarik minat para calon wisatawan, pengelola Candi Prambanan telah menyiapkan berbagai acara dan atraksi. Diantaranya cokekan, badut, pentas musik keroncong dan akustik, serta reog.

"Wisata Prambanan itu nuansanya nostalgia untuk transformasi budaya. Karenanya kami menyiapkan berbagai kegiatan berunsur budaya," ujar Kepala Unit Candi Prambanan Djoko Sutono, kemarin (7/9). Wisatawan juga diperkenankan berfoto bersama para tokoh Ramayana yang juga akan menghibur pengunjung Prambanan, seperti Rama, Shinta, dan Rahwana. Wisatawan yang ingin ikut bernyanyi keroncong dan akustik pun diperbolehkan bergabung dengan kelompok musik yang ada.

Ada juga fasilitas kuda tunggang, sepeda, kereta mini, mobil pasir, dan sarana outbound. "Khusus outbound, kami tak menyediakan flying fox. Ini kebijakan redaksi menyusul adanya kecelakaan di kawasan Borobudur beberapa waktu lalu," terangnya.

Fasilitas tentu saja diiringi tarif pelayanan. Pengelola taman menetapkan kenaikan tarif selama Lebaran mulai 7-19 September 2010. jika pada hari-hari biasa tarif masuk untuk wisatawan umum Rp 15 ribu/orang, saat Lebaran naik menjadi Rp 28 ribu/orang, sedangkan anak-anak Rp 12.500/orang. Sementara untuk wisman umum US $ 13 dan US $ 7 untuk anak-anak warga asing. "Tarif itu hanya berlaku selama libur Lebaran," terang Djoko. Kendati begitu untuk meningkatkan fasilitas taman, imbuh Djoko, pengelola taman juga akan menaikkan tarif setelah Lebaran menjadi Rp 20 ribu/orang untuk wisatawan umum. Ketentuan itu berlaku seterusnya hingga ada kebijakan baru.

Corporate Secretary PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Bambang Subandono menambahkan acara lain menyambut wisatawan berupa sendra tari di Unit Teater dan Pentas. Khusus Lebaran pentas akan digelar secara berturut-turut selama 6 hari mulai 11-16 September 2010. "Kami akan tampilkan full story per hari, bukan episode.

Jadi cerita Ramayana yang disuguhkan dari awal sampai akhir secara komplit," katanya. Untuk menonton pentas sendra tari ini tarif ditentukan berdasarkan kelas. Mulai VIP sebesar Rp 300 ribu sampai kelas II Rp 150 ribu. Tak hanya itu, bagi wisatawan ditawarkan paket Prambanan-Ratu Boko. Bagi yang ingin sedikit berhemat, pilihan paket akan lebih menguntungkan. Paket ditawarkan dengan tiket seharga Rp 37 ribu/orang wisatawan umum. Sementara jika tanpa paket, kunjungan ke Candi Ratu Boko biaya masuk ditetapkan Rp 15 ribu per orang dewasa.(yog)




EmoticonEmoticon