Sabtu, 02 Oktober 2010

YOGYA (KRjogja.com) - Sebanyak 3.192 calon jamaah haji DIY Jumat (1/10) mengikuti pemantapan kloter di Asrama Haji Yogyakarta. Pemantapan kloter ini dimaksudkan agar jamaah yang nantinya tergabung dalam satu kloter dapat saling mengenal dan menjalin komunikasi dengan baik.

''Calon jamaah haji dari DIY ada terdiri dari 9 kloter yakni kloter 44-52. Rencananya mereka akan diberangkatkan dalam dua gelombang mulai tanggal 24-28 Oktober. Setiap kloter diharapkan untuk mengikuti pemantapan kloter selama sehari. Sehingga diharapkan para calon jamaah haji yang satu kloter hubungannya bisa lebih baik, bisa saling mengenal dan karena mereka satu pesawat bisa saling tolong menolong,'' ujar Kasi Penyuluhan Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Propinsi DIY, Aidi Johansyah.

Pemantapan kloter yang dikoordinir oleh pihak propinsi ini diakui baru dilakukan pertama kali. Sebab biasanya diselenggarakan oleh setiap kabupaten/kota. "Ini karena sekarang setiap kloter calon jamaah hajinya ada yang berasal dari dua kabupaten. Misalnya Kloter 45 gabungan calon jamaah haji Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, Kloter 49 gabungan calon jamaah haji dari Kabupaten Kulonprogo dan Sleman, Kloter 50 gabungan calon jamaah haji dari Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, Kloter 52 gabungan calon jamaah haji dari Bantul, Sleman dan Salatiga," jelasnya.

Sementara itu, untuk propinsi DIY, kuota tambahan untuk calon jamaah haji dari Pusat telah diputuskan sebanyak 31 orang. Sehingga untuk sementara jumlah calon jamaah haji yang dipastikan akan berangkat sampai hari ini sebanyak 3.192 orang. Pemberian vaksin meningitis sendiri telah dilakukan di Kabupaten/kota dan sebagian besar calon jamaah haji sudah mendapatkan vaksin meningitis.

"Barangkali yang belum selesai melaksanakan vaksinasi meningitis hanya di wilayah Sleman, karena jumlah calon jamaah hajinya terbanyak. Sedangkan untuk persyaratan lainnya seperti paspor dan lain-lain Insya Allah sudah selesai semua. Demikian juga petugas hajinya juga sudah siap. Untuk tahun ini, jarak antara mahtab dengan Masjidil Haram bagi calon jamaah haji dari DIY paling jauh sekitar 4000 meter dan lebih dekat dibandingkan tahun lalu yang mencapai 7.000 meter," imbuhnya. (Ran)




EmoticonEmoticon