Jumat, 17 Februari 2012

YOGYAKARTA — Deputi Gubernur Bank Indonesia Ardhayadi Mitroatmodjo meresmikan penggunaan kembali gedung cagar budaya milik BI di Yogyakarta. Gedung yang berlokasi di kawasan nol kilometer itu merupakan bekas kantor De Javashce Bank.

"Dengan melestarikan heritage bangunan eks De Javasche Bank, kami ingin berbagi pengetahuan dengan masyarakat mengenai pelestarian bangunan bersejarah," kata Ardhayadi, Jumat (17/2/2012) di Yogyakarta.

BI memiliki 12 gedung eks De Javasche Bank di seluruh Indonesia. Empat bangunan di antaranya sudah selesai dikonservasi, yakni di Jakarta, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Upaya konservasi, kata Ardhayadi, sesuai standar UNESCO untuk cagar budaya, yakni dengan tidak mengubah bagian-bagian inti dari bangunan.

BI tidak hanya mendiamkan gedung yang selesai dikonservasi. Namun, memanfaatkan gedung itu, baik untuk kepentingan BI maupun masyarakat luas.

Sultan Hamengku Buwono X yang hadir dalam acara peresmian menyambut baik penggunaan kembali gedung yang diapit Kantor BI dan Kantor Pos Yogyakarta itu. "Harapannya bisa menjadi tambahan tujuan wisata di Yogyakarta," kata Sultan HB X.

Sumber : Kompas


EmoticonEmoticon