Pergaulan Remaja Mengarah ke Seksual - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 14 February 2012

Pergaulan Remaja Mengarah ke Seksual

YOGYAKARTA– Pergaulan remaja, khususnya pelajar, di Kota Yogyakarta sudah mengarah pada kegiatan seksual. Dengan menggunakan seragam sekolah, mereka terang-terangan berani membeli alat kontrasepsi kondom.

Dari penelusuran SINDO di sejumlah kios maupun apotek di Kota Yogyakarta didapatkan informasi bahwa pembeli alat kontrasepsi itu tidak hanya dilakukan oleh orang tua, tapi juga banyak dari kalangan remaja. Mereka juga diketahui masih berstatus pelajar. ”Ada yang beli pagi, siang, dan masih pakai seragam SMP. Ada juga yang seragam SMA,” ujar penjaga apotek di Jalan Hayam Wuruk berinisial MF, kemarin.

Mereka yang membeli alat kontrasepsi itu mayoritas pria. Namun,ada juga beberapa di antaranya yang diantarkan oleh pasangannya. Tidak hanya membeli kondom,kadang sebagian dari mereka juga membeli alat tes kehamilan pribadi (test pack).”Ada juga yang malam-malam beli tes kehamilan pribadi,”katanya.

Disinggung mengenai pembelian alat kontrasepsi kondom menjelang malam Valentine, penjaga itu mengatakan tidak diketahui peningkatan penjualan alat kontrasepsi. Sebab, pembelian alat kontrasepsi itu banyak dilakukan para remaja saat hari-hari biasa.”Kalau malam minggu itu biasanya banyak,” ungkapnya lagi.

Sosiolog Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Sulistyaningsih berpendapat seks bebas di kalangan remaja, khususnya pelajar, dilatarbelakangi dua faktor, yakni faktor internal dan eksternal.Faktor internal berasal dari keluarga, sebagaimana besar keluarga memberikan sosialisasi pendidikan seks kepada anak, sedangkan faktor eksternal berasal dari pengaruh lingkungan, pergaulan, perkembangan IT yang membentuk karakter remaja.

Di sisi lain, saat ini setiap orang bisa dengan mudah mengakses situs porno tanpa filter, misal dengan HP, melalui warnet di luar sepengetahuan orang tua. Tidak adanya sosialisasi pendidikan seks karena dianggap tabu membuat anak mencoba- coba mencari sendiri. muji barnugroho 

Sumber : Seputar Indonesia

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)