Jalan Kapas Dijadikan Satu Arah - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Pasang Iklan Banner 790x90
Harga Rp. 100.000,-/Bulan

Breaking

Home Top Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Post Top Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Saturday, 9 June 2012

Jalan Kapas Dijadikan Satu Arah


YOGYAKARTA– Jalur satu arah dari selatan ke utara akan diterapkan di Jalan Kapas Kota Yogyakarta. Selama sepekan, Senin-Minggu (11–17/6) dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB, kebijakan ini akan diujicobakan.

Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta Windarto Koeswando menjelaskan, selain menata arus lalu lintas,kebijakan ini juga untuk menertibkan dan mengatur kendaraan bermotor di kawasan tersebut.Selama ini Jalan Kapas sering dimanfaatkan untuk parkir yang membuat kapasitas jalan,terutama di dekat perkantoran dan institusi pendidikan menjadi berkurang.

“Akibatnya, Jalan Kapas menjadi padat dan semrawut. Bahkan di jam-jam tertentu arus lalu lintas sering macet. Dengan penerapan satu arah ini,gangguan kepadatan dapat berkurang dan lalu lintas lebih teratur,”katanya kemarin. Pemberlakuan kebijakan ini juga untuk menekan terjadinya gesekan antarpelajar di kawasan tersebut.Sebab,di sirip Jalan Kapas seperti Jalan Cendana I dan II banyak pelajar yang sering nongkrong, sehingga rentan terjadinya tawuran.

Dengan dibuat searah,selain memudahkan pengamanan lingkungan, juga gampang menjaring pelajar yang tawuran. Penerapan jalan satu arah ini juga akan ikuti dengan perubahan arus lalu lintas di sirip-siripnya, seperti larangan belok kanan atau kiri.Misalnya,jika selama ini dari Jalan Kenari boleh belok ke Jalan Kapas maka mulai Senin (11/6) besok dilarang.

“Rambu lalu lintas juga akan dipasang di sirip-sirip jalan, seperti Jalan Kapas I,Kapas II, Cendana I, Cendana II dan Jalan Sukonandi.Pemasangan rambu akan kami lakukan Sabtu (9/6) dan Minggu (10/5) besok,” paparnya. Denganujicobaselamasepekan, masyarakat diharapkan bisa memahami manajemen lalulintas baru tersebut.

Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Azhar Setiawibawa mengatakan, selain dengan memberlakukan kebijakan skema pengaturan arus lalu lintas,usaha lain yang diterapkan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas juga dengan menerapkan kebijakan lain, salah satunya dengan menyediakan layanan angkutan umum “Untuk angkutan umum ini,yaitu dengan menyediakan moda Trans Jogja,”ucapnya. priyo setyawan         

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)