Paku Alam IX Buka lagi Tugu Pal Putih - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Pasang Iklan Banner 790x90
Harga Rp. 100.000,-/Bulan

Breaking

Home Top Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Post Top Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Tuesday, 18 December 2012

Paku Alam IX Buka lagi Tugu Pal Putih

YOGYAKARTA - Tugu Pal Putih dibuka kembali untuk umum setelah direvitalisasi. Pembukaan tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Paku Alam IX.

Tugu pal putih menjalani proses revitalisasi selama lebih kurang 3,5 bulan. Setelah direvitalisasi, selain kondisinya menjadi lebih baik, di sekitar tugu dibuat pedestrian yang mengeliling tugu berjarak 0,5 meter sehingga pengunjung tidak dapat menyentuh tugu yang dibangun pada 1889. Peresmian revitalisasi tugu tahap pertama yang menelan biaya Rp688.862.000.

Kepala Bidang Sejarah Purbakala dan Museum Dinas Kebudayaan DIY Nursatwika di Yogyakarta, Selasa (18/12), menjelaskan pemasangan buffer space selebar dua meter persegi mengelilingi tugu dan ditanami pohon Cempaka Mulya dimaksudkan agar pondasi tugu kuat dari getaran kendaraan yang melintas. "Buffer space juga berfungsi meredam getaran yang terlalu dekat dari pondasi ketika kendaraan melintas," paparnya.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH Yudhaningrat menambahkan, pohon Cempaka Mulya di taman yang terdapat dalam buffer space memiliki makna agar bunga yang mekar hampir tak kenal musim dan beraroma wangi diharapkan membawa kemuliaan warga Yogyakarta dan DIY pada umumnya.

Revitalisasi tahap dua akan dimulai pada 2013 dengan pembuatan outdoor diorama Tugu Golong Gilig di tenggara Tugu Pal Putih.

Sumber Berita & gambar : Media Indonesia

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)