Camaba Gak Usah Bingung, Ini Caranya Mau Cari Kos di Yogya - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 28 March 2019

Camaba Gak Usah Bingung, Ini Caranya Mau Cari Kos di Yogya

Yogyakarta - Tiap tahun ada ribuan mahasiswa dari luar DIY yang akan menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi. Saat ini Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 telah diumumkan.

Di Yogyakarta ada lima perguruan tinggi negeri yang masuk jalur SNMPTN 2019 yakni Universitas Gadja Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, UPN Veteran dan Institut Seni Indonesia (ISI).

Bagi calon mahasiswa baru, kebutuhan tempat tinggal atau kos menjadi sangat penting untuk selama belajar di Yogyakarta. Faktor kenyamanan, keamanan dan jarak dengan kampus sangatlah penting

Ada cara agar kita mudah mencari kos yang dekat dengan kampus dengan suasana belajar mendukung.

Salah satunya bisa menghubungi kakak kelas saat waktu SMA dari daerah yang sama. Mereka lebih dulu belajar/kuliah di Yogyakarta. Selain itu juga bisa menghubungi asrama-asrama daerah masing-masing yang ada di Yogyakarta. Sebab hampir semua daerah di nusantara mempunyai asrama pelajar dan mahasiswa di kota pelajar ini.

"Selamat datang di UGM bagi mahasiswa baru yang lolos melalui jalur SNMPTN. Bagi teman-teman mahasiswa baru yang akan mencari kos-kosann dan masih bingung akan kos dimana nanti bisa menghubungi Direktorat Kemahasiswaan UGM, karena nanti kakak-kakak kelas akan membantu memberikan solusi. Atau bisa juga menghubungi Gadjah Mada Residence," kata Humas UGMm Iva Ariani.

Untuk kawasan UGM, UNY dan UIN Sunan Kalijaga, ada banyak pilihan tempat tinggal atau kos yang berdekatan dengan kampus.

Untuk di sekitar kampus UGM ada banyak pilihan tempat kos mulai dari harga yang paling murah hingga mahal atau kos-kosan eksklusif. Beberapa wilayah/kampung yang banyak menyediakan tempat Terban, Sagan, Samirono, Kuningan, Karangmalan, Pogung Kidul, Pogung Baru, Karangasem, hingga kawasan Ringroad utara.

Kemudian di sekitar Gejayan, ada di kawasan Mrican, Papringan, Pring Wulung yang juga berdekatan dengan kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan Universitas Sanata Dharma (USD).

"Kalau tempat kos di Pogung sekitar Rp 3,5 juta sampai Rp 4,5 juta/tahun. Tapi ada yang bisa bayar per 6 bulan," kata Agung Dwi Nugroho salah pemilik kos di Pogung Lor kepada detikcom.

Menurutnya kalau yang murah biasanya kamar dalam keadaan kosong tanpa ada tempat tidur atau meja kursi belajar. Kamar mandi juga dipakai bersama 1 kamar bisa untuk 3-4 orang secara bergantian. Ukuran kamar sekitar 3x2,75 meter. Sedangkan kamar kos yang sudah ada tempat tidur, almari, meja belajar atau kursi atau istilahnya tinggal masukm harga lebih mahal sekitar Rp 4,5 juta/tahun.

"Kalau kos eksklusif bisa yang bayar bulanan dengan fasiltas lengkap dan kamar mandi dalam bisa di atas Rp 4 juta/bulan," katanya.

Menurutnya kalau mahasiswa Teknik, Biologi, Kedokteran kalau mau ke kampus sangat dekat. Bisa jalan kaki atau naik sepeda motor saja. Warung-warung makan juga banyak karena banyak warga yang berjualan makanan.

Untuk camaba yang diterima di UIN sunan Kalijaga bisa memilih di daerah Sapen, Gondokusuman Kota Yogyakarta atau memilih di daerah Nologaten, Gowok Catur Tunggal Depok Sleman. Sedangkan camaba yang diterima di UPN Veteran bisa mencari tempat kos di wilayah Seturan, Condongsari, kawasan Condongcatur Depok Sleman.

Namun bagi yang ingin agak jauh dari kampus-kampus tersebut ada banyak pilihan di sekitar Sleman, Kota Yogyakarta dan seputaran Ringroad Utara yang menyediakan tempat tinggal. Hanya saja untuk menuju ke kamous bisa mengendarai sepeda motor.

Di wilayah Kota Yogya dan Sleman ada ribuan tempat kos murah hingga kos eksklufif dengan berbagai fasiltas yang. Kamu tinggal pilih sesuai kebutuhan, kantong atau dana dari orangtua. Tempat kos juga ada yang khusus putri atau putra saja. Namun ada juga yang campur putra-putra bahkan ada yang sudah berumah tangga.

Ada pula kos-kosan yang masih jadi dengan induk semang atau pemilik kos. Namun ada pula yang terpisah dan hanya dijaga oleh penjaga kos.

Harus diingat pula pada bulan-bulan seperti sekarang ini hingga awal masuk kuliah, sering kesulitan mencari tempat kos.

Untuk mahasiswa UGM biasanya mereka memilih kos di seputar Pogung Kidul, Pogung Lor, Pogung Baru, Karangasem, Karangbendo, Karanggayam, Sagan, Terban dan Blimbingsari. Sedangkan mahasiswa UNY biasanya lebih banyak tinggal di kampung Karangmalang, Kuningan, Samirono, Mrican, Deresan.

Sumber : DetikNews Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)