3 Mahasiswa UTY Terseret Ombak Pantai Gunungkidul, 1 Orang Tewas - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 3 May 2019

3 Mahasiswa UTY Terseret Ombak Pantai Gunungkidul, 1 Orang Tewas

Gunungkidul - Tiga orang mahasiswa tenggelam usai terseret ombak Pantai Sanglen, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Dari tiga orang tersebut, satu orang berhasil diselamatkan, satu orang meninggal dunia dan satu orang lagi hilang.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Marjono mengatakan, kejadian bermula saat rombongan mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) bermalam di Pantai Sanglen, sejak Kamis (2/5). Kemudian setelah bangun tidur, mereka bermain air di pantai tersebut pagi tadi.

"Saat bermain air itu kebetulan ombak sedang besar, dan tiga orang dari rombongan itu terseret ke tengah lalu tenggelam," ujarnya saat dihubungi detikcom, Jumat (3/5/2019).

Identitas tiga mahasiswa yang terseret ombak masing-masing bernama Rizqi Khoirun Nasir (20), warga Desa Wedelan, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Erik Nurfauzi (19), warga Desa Belor, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah dan Gusti Muhammad Firdaus (19), warga Desa Pragak, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Lanjut Marjono, peristiwa tersebut diketahui oleh Tim SAR yang tengah berjaga di sekitar pantai, dan langsung berupaya menolong ketiga mahasiswa tersebut. Lebih lanjut, upaya Tim SAR pun membuahkan hasil meski hanya 1 orang yang berhasil diselamatkan.

"Tahu ada yang tenggelam, anggota SAR tadi langsung berenang dan menolong ketiganya. Tapi hanya satu yang selamat (Rizqi), dan yang atas nama Erik tadi ditemukan mengapung dengan kondisi sudah meninggal terus satunya lagi (Gusti) belum ditemukan," kata Marjono.

Sedangkan korban bernama Rizqi sempat mengalami sesak napas dan langsung dibawa ke Puskesmas terdekat. Sedangkan untuk jenazah Erik dibawa ke RSUD Wonosari.

Marjono menjelaskan saat ini ada 40 personel Tim SAR masih mencari korban bernama Gusti.

"Karena masih ada satu orang yang belum ketemu, saat ini kami masih lakukan pencarian dengan menyisir sekitar lokasi kejadian dengan 2 perahu jukung dan jetsky," pungkasnya.


1 MahasiswaTewas dan 1 Hilang di Pantai, UTY: Bukan Acara Kampus

Yogyakarta - Tiga mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) terseret ombak di Pantai Sangleng Gunungkidul, salah seorang di antaranya tewas. Pihak kampus memastikan ketiganya berada di pantai itu bukan dalam rangka kegiatan kampus. 

"Ini saya posisi mau berangkat ke Baron," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Komunikasi UTY, Rokhmat, saat dihubungi wartawan, Jumat (3/5/2019).

"Jadi bukan agenda kampus, itu padusan anak-anak istilahnya kayak gitu. Anak-anak tadi malam ke sana, bukan agenda kami," jelas Rokhmat.

Rokhmat mengatakan bahwa dirinya bersama tim dari kampus ingin memastikan identitas para mahasiswanya tersebut.

Sebelum ini, kata Rokhmat, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari SAR Baron bahwa tiga mahasiswa Teknik Industri angkatan 2018 itu terseret ombak di Pantai Sanglen. Informasi tersebut menyatakan 1 dari 3 korban meninggal dunia. 

"(Mahasiswa UTY) yang tenggelam ada 3, yang 1 selamat, yang 1 meninggal, yang 1 belum ditemukan. Ini informasi dari SAR-nya Baron," ungkapnya.

Rokhmat membenarkan nama tiga korban yang disampaikan SAR Gunungkidul adalah mahasiswa UTY yakni Rizqi Khoirun Nasir (20), Erik Nurfauzi (19) dan Gusti Muhammad Firdaus (19).

"Informasi ke kami yang meninggal Erik, yang belum ditemukan Gusti, Rizqi infonya selamat," ujarnya.

Rokhmat sendiri belum bisa memastikan apakah pihak kampus akan memberikan bantuan kepada keluarga korban atau tidak. "Sekarang saya belum bisa sampaikan itu, berapa jumlahnya juga belum," tutupnya.

Sumber : DetikNews Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad