Domain Life Cycle. Status Domain Setelah Expired - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 13 June 2019

Domain Life Cycle. Status Domain Setelah Expired

Nama domain yang sudah dibeli bukan berarti akan menjadi hak milik selamanya. Sebuah domain memiliki masa aktif minimal 1 tahun dan harus diperpanjang  agar tidak expired atau terhapus jika ingin tetap menggunakanya. Namun bisa saja sebuah domain memiliki masa aktif 2-10 tahun, semua tergantung dari jangka waktu yang dipilih saat awal mendaftarkan nama domain. Maka benar - benar penting bagi Anda untuk menjaga dan memperhatikan masa aktif domain yang Anda miliki agar tidak didaftarkan oleh orang lain. 

Domain yang sudah expired atau sudah habis masa aktifnya, tidak bisa diregistrasi secara langsung. Domain expired baru bisa didaftarkan kembali setelah 80 hari atau hampir 3 bulan setelah expired. Mengapa demikian ? Karena domain tersebut akan masuk ke beberapa periode tahapan sebelum benar-benar available. 

Berikut tahapan - tahapan yang perlu kita ketahui : 

Renewal Grace Period
Ketika sebuah Domain memiliki status expired, Domain tersebut masuk ke dalam Renewal Grace Period atau kata lainnya masa tenggang. Periode ini berlangsung rata-rata selama 30 hari. Pemilik Domain masih bisa me-renew Domain tersebut dengan biaya normal. Pada masa ini, nama Domain yang telah expired biasanya di parkir oleh registrar ke halaman komersial.

Redemption Grace Period
Domain yang belum diperpanjang sampai masa Renewal Grace Period berakhir, maka otomatis akan masuk ke dalam tahapan Redemption Grace Period. Domain pada masa ini secara manual telah dihapus oleh registrar. Domain sudah tidak bisa diakses dan tidak diparkir. Pemilik Domain masih bisa mendaftarkan ulang namun dengan biaya yang lebih mahal (10 kali lipat) dibandingkan biaya perpanjangan atau pendaftaran Domain baru. Masa ini umumnya terjadi selama 30 hari.

Pending Delete 
Ini merupakan periode masa persiapan untuk dilepaskan ke umum dan nama Domain sudah tidak bisa diperpanjang lagi. Masa Pending Delete terjadi selama 5 hari, dan biasanya pada hari ketujuh Domain sudah dapat diregistrasi lagi seperti layaknya Domain baru.

Available 
Pada masa ini, domain sudah tersedia untuk publik dan bisa dibeli oleh siapapun. Jika anda menginginkannya kembali, anda harus aktif mengawasi dan meregistrasikan kembali secepatnya saat statusnya sudah available.

Bagi Anda pemilik Domain, kami himbau untuk melakukan pengecekan rutin terhadap status Domainnya sebelum expired. Jika Anda membeli Domain di Qwords.com maka Anda akan mendapatkan informasi jatuh tempo Domain 30 hari sebelum, 14 hari sebelum, dan pada hari Domain Anda expired. Aktifkan selalu email yang Anda gunakan saat mendaftarkan Domain di Qwords.com agar selalu menerima  update informasi.

#Astrid Larasati 
PT Qwords Company International
Kantor Yogyakarta
Jl. Blotan no. 18 Kayen Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta 55584 - Indonesia
Local Phone : 0274 6058800



*** Tulisan ini adalah hasil kerjasama antara Qwords.com dengan Jogjainfo.net

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad