Paskibraka Sleman Siap Bertugas Pengibaran Bendera - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 16 August 2019

Paskibraka Sleman Siap Bertugas Pengibaran Bendera

Sleman - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta siap untuk melaksanakan tugas pengibaran duplikat bendera pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia yang dijadwalkan akan dilaksanakan di Lapangan Denggung pada Sabtu 17 Agustus 2019.

"Seluruh anggota Paskibraka Kabupaten Sleman baik dari unsur pelajar maupun anggota TNI-POLRI, telah siap untuk melaksanakan tugas. Paskibraka ini resmi dikukuhkan Bupati Sleman Sri Purnomo pada Kamis (15/8) malam, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman," kata Plh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman Ery Widaryana di Sleman, Jumat.

Menurut dia, Paskibraka Kabupaten Sleman ini nantinya selain melaksanakan tugas pengibaran bendera, juga bertugas dalam penurunan duplikat bendera pusaka pada 17 Agustus nanti.

"Acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh pimpinan OPD di Kabupaten Sleman, pembina dan juga orang tua Paskibraka," katanya.

Ia mengatakan, dengan hanya bercahayakan lilin serta aroma wangi kembang yang sengaja ditebar membuat suasana pengukuhan terasa sakral dan hikmat.

Seluruh Paskibraka dan para hadirin pun tampak menghayati acara pengukuhan tersebut. Setiap perkataan yang diucapkan serta derap langkah terdengar jelas dan tegas.

Ia mengatakan, putra dan putri terbaik Kabupaten Sleman tersebut sebelumnya telah melakoni pemusatan pelatihan.

"Pemusatan pelatihan dilakukan di beberapa tempat, di antaranya bertempat di Stadion Tridadi Sleman, Lapangan Denggung dan asrama Paskibraka di Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM)," katanya.

Ery mengatakan, pelatihan tidak hanya berfokus pada ketahanan fisik, tapi juga kesiapan mental para Pasibraka.

Sedangkan Bupati Sleman Sri Purnomo berharap Paskibraka Kabupaten Sleman dapat mengemban tugas dengan baik saat upacara HUT ke-74 RI nanti.

Untuk itu menurut Sri Purnomo diperlukan semangat, konsentrasi, kesiapan mental dan kesehatan yang prima. Kelancaran dan kehikmatan upacara tanggal 17 Agustus nanti salah satunya ditentukan oleh kesuksesan Paskibraka dalam menjalankan tugas.

"Paskibraka merupakan kader masa depan. Maka diharapkan para Paskibraka Kabupaten Sleman dapat menjadi teladan bagi orang-orang di sekitarnya," katanya.

Menurut dia, keteladanan tersebut salah satunya dapat ditunjukkan dengan menjadi siswa berprestasi, bermoral dan memiliki jiwa nasionalis.

"Paskibraka harus bisa menyebarkan semangat nasionalisme, patriotisme bagi kalangan muda, dan mampu memberikan pengaruh positif baik di lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah dan dimana pun berada," katanya.

Sumber : AntaraNews Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad