Usai Ditabrak Truk, Bus Hantam Pohon di Gunungkidul - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 1 August 2019

Usai Ditabrak Truk, Bus Hantam Pohon di Gunungkidul

Gunungkidul - Kecelakaan yang melibatkan truk dan bus terjadi di Jalan Semanu-Bedoyo, Dusun Asem Lulang, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul. Diduga truk mengalami rem blong dan menabrak bus di depannya hingga bus menghantam sebuah pohon.

Akibatnya, supir bus sempat terhimpit dan memerlukan waktu untuk evakuasi. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Pantauan detikcom, bus bernomor polisi AD 1469 FG mengalami ringsek di bagian depan akibat menabrak pohon dengan diameter sekitar setengah meter yang berada di pinggir jalan. Sedangkan truk dengan nomor polisi AB 8949 JN tampak berada sekitar 500 meter dari lokasi kejadian dengan kondisi rusak pada bagian depan sebelah kiri.

Salah seorang saksi, Suparno (50) mengatakan, bahwa ia sempat mendengar suara keras ketika bekerja mengemasi pupuk sekitar jam 12 siang. Mendengar suara benturan itu Suparno langsung mendatangi sumber suara tersebut.

"Jadi saat saya kerja di belakang itu tiba-tiba terdengar suara praaaaaaaaak, saya keluar ke jalan raya ternyata ada bus nabrak pohon," katanya saat ditemui di Jalan Semanu-Bedoyo, Dusun Asem Lulang, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, Kamis (1/8/2019).

"Terus ada truk warna kuning melaju ke arah barat, kemungkinan truk itu menyundul bus dari belakang karena rem blong, wong nyatanya tidak berhenti," imbuh Suparno.

Mendapati hal tersebut, Suparno dan rekan-rekannya langsung mengevakuasi penumpang di dalam bus jurusan Batu-Pracimantoro-Wonosari-Yogyakarta. Menurutnya, beberapa penumpang mengalami luka-luka.

"Tadi yang paling parah sopir busnya, dia (sopir bus) mengalami luka di kepala, tangan dan kaki. Terus sopirnya tadi juga sempat tergencet, jadi perlu waktu juga yang mengevakuasi," ucapnya.

"Kalau penumpangnya rata-rata luka pada kaki karena terbentur besi tempat duduk. Tapi tidak ada yang meninggal tadi," sambung Suparno.

Kanit Lantas Polsek Ponjong, Iptu Edy Ganefiono menambahkan bahwa kejadian bermula saat truk dan bus melaju dari arah timur ke barat. Namun, sesampainya di turunan Pok Cucak truk mengalami rem blong.

"Dugaannya truk rem blong, terus menabrak bus. Untuk sopir truk sudah diamankan (polisi)," katanya.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Novian menambahkan bahwa sopir truk mengaku sudah membunyikan klakson saat merasa remnya blong.

"Tapi sopir bus mengira truk itu mau nyalip, jadi bus tetap melaju dan akhirnya benturan itu tadi," kata Anang.

Alhasil, truk menabrak sisi kanan bagian belakang bus. Karena terdorong, bus pun menabrak sebuah pohon munggur yang berada di pinggir Jalan.

"Setelah (truk) mendorong maju (bus), sopir truk sebetulnya mau stir ke kanan, tapi karena ada mobil dan motor tidak jadi. Baru setelah ada kesempatan truk banting stir ke kanan mendahului bus hingga berhenti sekitar 600 meter dari TKP," katanya.

Anang menjelaskan ada 13 orang terluka dalam kejadian ini.

"Seperti luka sobek karena kena pecahan kaca dan patah tulang. Mereka sudah dibawa ke Rumah Sakit Pelita Husada untuk mendapat penanganan medis," ucapnya.

"Dan untuk korban jiwa tidak ada. Terus untuk sopir truk saat ini masih kita mintai keterangan. Karena setelah kita cek ternyata KIR (truk) baru semua," imbuh Anang.

Sumber : DetikNews Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad