Lagi, Warga Gunungkidul Ditemukan Tewas Gantung Diri - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 6 September 2019

Lagi, Warga Gunungkidul Ditemukan Tewas Gantung Diri

Gunungkidul - Tidak hanya terjadi di Kecamatan Karangmojo saja, peristiwa gantung diri juga terjadi di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. MG (53), warga Desa Ngeposari, Semanu diduga nekat gantung diri karena penyakit yang diidapnya tak kunjung sembuh.

Kapolsek Semanu, Ahmad Fauzi, menjelaskan peristiwa itu bermula saat korban pergi ke ladang untuk bertani sekitar jam 07.00. Sedangkan Karsinem (50), anggota keluarganya pergi untuk menghadiri acara arisan.

"Sekitar jam 14.00 saksi (Karsinem) pulang ke rumah dan mendapati korban dalam keadaan gantung diri di kamar," ujarnya melalui pesan singkat, Kamis (5/9/2019).

Mengetahui hal tersebut Karsinem sontak berteriak minta tolong. Warga sekitar yang mendengar langsung mendatangi lokasi kejadian. Dan setelah mengetahui korban gantung diri, salah seorang warga kemudian melapor ke Polsek Semanu.

"Anggota bersama petugas medis lalu datang ke TKP. Dari hasil pemeriksaan, korban meninggal dunia karena murni gantung diri," jelas Fauzi.

Terkait motif korban nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri, Fauzi telah meminta keterangan dari sejumlah saksi khususnya pihak keluarga. Dugaan sementara karena mengidap penyakit yang tak kunjung sembuh.

"Dugaannya korban ini depresi karena penyakitnya tak kunjung sembuh," ujar Fauzi.

Fauzi menambahkan, pasca kejadian tersebut pihak keluarga korban telah menerima dan saat ini jenazah telah dimakamkan.


Sumber : DetikNews Yogyakarta

-------------------------
Pelajaran buat manusia hidup yang bisa kita ambil


وَلا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا


“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An Nisa’: 29).

Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِشَىْءٍ عُذِّبَ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa yang membunuh dirinya sendiri dengan suatu cara yang ada di dunia, niscaya pada hari kiamat, niscaya ia akan disiksa dengan cara seperti itu pula.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Menurut Hukum Islam :

Jika ia jelas bunuh diri, maka ia telah terjerumus dalam dosa besar. Namun ia tetap dishalatkan. Walau ada yang berbeda penilaian, namun yang tepat ia tetap dishalatkan. Sebagian muslim tetap menyolatkan, memandikan, mengafani dan menguburkannya.

Begitu pula ketika diketahui ia dibunuh oleh orang lain secara zalim, ia tetap dimandikan dan dishalatkan. Ia dimandikan, dikafani, dishalatkan dan dikuburkan di pemakaman kaum muslimin. Wallahul musta’an. Laa hawla wa laa quwwata illa billah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah.

Sumber : rumaysho

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad