Komboran Pakan Sapi Secara Optimal - Jogja Info [dot] net

“Nderek Tumut Nguri-uri Kabudayan Jawi”


Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 25 April 2019

Komboran Pakan Sapi Secara Optimal



Tugas Peternak Sapi yang berfokus pada penggemukan sapi pedaging yaitu memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral sapi. Protein berfungsi untuk mengganti sel-sel yang telah rusak, membentuk sel-sel tubuh baru dan sumber energi. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi dan pembentukan lemak tubuh. Lemak berfungsi untuk pembawa vitamin A,D,E,K dan juga sebagai sumber energi.

Mineral diperlukan untuk pembentukan jaringan tulang dan urat serta mempermudah proses pencernaan dan penyerapan zat-zat makanan. Vitamin berfungsi untuk mempertahankan kekuatan tubuh dan kondisi kesehatan.

Untuk komboran sendiri adalah bahan-bahan campuran untuk suplemen sapi yang bisa dicampur sendiri dari bahan-bahan seperti :
1. Ampas Tahu 1/2 tong kurang lebih 20kg-an dengan pertong ampas tahu harga sekitar Rp.100rb
2. Godogan Ampas Telo + Air Separo Tong kurang lebih 15 kg Harga sekitar Rp. 2800/kg
3. konsentrat 1 karung kurang lebih 20 kg harga sekitar Rp. 150rb/karung
4. Katul / Dedak 1 ember (1 karung biasanya untuk 3 ember) 15 kg Harga sekitar Rp.1300/kg
4. Garam secukupnya

Komboran sehari diberikan dua kali misalnya jam 8 pagi dengan jam 3 sore
untuk kondisi musim penghujan terkadang penggemukan sapi kurang maksimal dimana energi yang harusnya bisa dipakai untuk penggemukan daging menjadi kurang maksimal untuk mengatasi hawa dingin sehingga diperlukan kombinasi pakan yang lebih murah jika yang diinginkan adalah hasil yang maksimal

No comments:

Post a Comment

loading...
Disclaimer: Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Rp. 100.000,-/Bulan

Form Lowongan Kerja (FREE)