Senin, 21 April 2008

Jogja Potensi Pemirsa Terbesar
RADAR JOGJA - Jogja termasuk daerah dengan potensi pemirsa televisi lokal terbesar di Indonesia. Hal itu berdasarkan riset yang dilakukan lembaga riset AGB Nielsen kepada telivisi lokal di nusantara.

"Ternyata dua televisi lokal di Jogja yakni Jogja TV dan RB TV memiliki jumlah pemirsa yang cukup besar dibandingkan daerah lain. Hal ini menunjukkan bahwa potensi pemirsa televisi lokal di Jogja sangat potensial. Tidak rugilah mendirikan televisi lokal di Jogja," jelas Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIJ Rahmat Arifin kemarin.

Dikatakan, prospek televisi lokal sangat besar terutama dengan adanya sistem siaran berjaringan antara stasiun televisi lokal dengan nasional. Siaran televisi nasional tidak hanya direlay tetapi kewajiban untuk mendirikan cabang di daerah-daerah. Ini kesempatan emas bagi televisi lokal.

Selain itu, masa depan televisi lokal juga prospektif karena akan terjadi pembagian kue iklan. Selama ini kue iklan hanya terbagi di Jakarta. Namun, dengan adanya televisi lokal kue iklan dari Jakarta bisa disebar.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Jogja berpotensi besar untuk pendirian televisi lokal. Di antaranya tingkat pendidikan masyarakatnya yang tinggi. "Jika dilihat dari kue iklan, Jogja memang tidak signifikan seperti Jakarta. Tetapi karakter masyarakatnya yang kritis merupakan faktor menguntungkan bagi kehidupan televisi lokal."

Namun Rahmat mengingatkan hanya televisi lokal yang tetap menjunjung budaya lokal yang akan dipandang. Karena masyarakat akan menilai televisi itu mampu menyajikan hal yang berbeda. "Tayangan yang mengakar pada budaya lokal merupakan tayangan alternatif bagi masyarakat di tengah-tengah tayangan televisi nasional. Rata-rata televisi nasional lebih menyajikan acara hiburan. Setiap jam ada sinetron."

KPID mengharapkan televisi lokal mampu menyajikan satu dari tiga lokomotif Jogja. Yakni aspek pendidikan, budaya, dan pariwisata. "Televisi lokal bisa mengambil satu dari tiga lokomotif tersebut."

Hanya saja Rahmat mengakui pihaknya belum mengetahui berapa perbandingan antara masyarakat yang melihat televisi lokal dengan televisi nasional. Untuk itu, menurutnya, televisi lokal harus berani menentukan posisinya di antara televisi nasional.

"Ada satu pertanyaan yang belum pernah dijawab oleh pengelola televisi lokal kaitannya dengan keberadaan televisi nasional. Apakah televisi lokal akan berhadapan secara frontal atau lebih memposisikan diri sebagai televisi alternatif," ujar mantan penyiar Radio Trijaya ini.

Dikatakan Rahmat, yang dimaksud dengan televisi alternatif adalah tetep berpegang teguh dengan acara lokal. "Dan secara rutin melakukan penelitian untuk mengetahui respon masyarakat akan isi tayangannya."

Lebih lanjut Rahmat mengaku optimistis televisi lokal memiliki masa depan di Jojga. Hanya saja jalan itu tidak mudah. "Sampai saat ini dua televisi lokal di Jogja masih berusaha mencari jati dirinya. Dari segi teknis dan program, memang belum optimal. Tetapi kami mengharapkan agar pengusaha mampu mengelola chanel yang merupakan ranah publik dengan sebaik-baiknya," ujarnya. (lai)

12 komentar

saya pengan kerja d tv lokal wilayah jogja... pernah jadi streanger sctv wilayah kedu khususnya temanggung dan magelang mohon hubungi saya di 085729142148. mau berdomisili di jogja ...tapi saya hanya lulusan sma mohon bimbinganya

saya lulusan D3 ikj ( Institut kesenian Jakarta )..ingin sekali berdomisili di yogya, karena suasana dan kulturnya yang pas buat saya...daripada di jakarta...jujur saya sudah jenuh di jakarta terutama pergaulan dan lingkungannya..dan saya ingin sekali memperbaharui hidup saya di kota ini...kalo berkenan saya ingin sekali melamar mnjadi seorang repoter ( kamerawan )....dan karya yg telah saya kerjakan ( munkgkin tidak perlu semua saya sebutkan) diantara : untuk layar lebar @ Kuldesak, Janji Joni, DO drop out, MBA Merried by Accident, Urbanisexy ( belum release tapi tahun ini )...Sinetron (FTV) @ Doa dan anugerah,Titipan illahi,doa membawa berkah dll...Dokumenter@Seri balai pustaka anak nusantara ( Produksi S.E.T ) dll...iklan maupun PSA...posisi saya adalah sebagai penata suara...tapi saya juga bisa mengoperasikan kamera ( Karena sebelum saya mengambil mayor tata suara, saya biasa membantu di tium kamera ).....semoga gambaran ini bisa menjadi pertimbangan dari pihak Jogya TV.....kalo pihak Jogya TV berkenan, bisa menghubungi saya di nomer 08151633283....nama saya wahyu dieko ,umur 31th,lulusan D3 th 2009 FFTV - IKJ....dan saya akan menyerahkan data CV dan Riwayat hidup saat....besar harapan saya untuk bekerja di Stasiun Jogya TV ini....Terima kasih

saya febri baru saja lulus kuliah tapi masih revisi skripsi jurusan manajemen diupn jogja.saya pengen banget jadi presenter acara anak2 muda seperti "jogja nyasar" dll. kalau pihak jogja TV berkenan mohon bimbingannya dan bisa menghubungi saya di nomer 085643194387. umur 22 tahun kuliah di upn jogja.besar harapan saya untuk bisa mengasah kemampuan saya bekerja di Stasiun Jogja TV.

ada lowongan g mas??

saya nina,masih dalalm mengikuti perkuliahan di atmajaya,saya pingin kuliah sambil kerja.Ada lowongan?
saya pingin bergabung dengan jogja tv
mohon bimbinganya dan bisa menghubungi saya di 081903799891

Kartun Banyumasan Cekakak delete 20 Januari 2010 15.07

melihat animo pemirsa. sangat-sangat potensial pada produsen / produk (nas/lokal) untuk pemasangan iklan terutama di jogya TV. lebih-lebih di program acara KARTUN BANYUMASAN cekakak tayang tiap hari minggu pukul 21.30 wib yang mulai di gandrungi. tq

saya mhsiswa sosiologi antropologi lulusan 2009, berminat sekali untuk bida bekerja di bidang broadcast. mohon info jika ada lowongan pekerjaan...
bagi saya [engabdian jauh lebih berharga dibandingkan hanya sekedar bekarja. trimakasih :)

Ass. saya Iin, pendidikan terakhir Penyutradaraan Film S-1-Institut Kesenian Jakarta, lulus dan wisuda Desember 2009 lalu..umur saya 27 tahun, orang tua tunggal..saya memang mencari pekerjaan untuk menghidupi anak tapi saya juga ingin bekerja dimana saya bisa mengamalkan ilmu saya sekaligus belajar banyak dari tempat saya bekerja tersebut..jogjakarta adalah kota impian, tempat dimana saya ingin sekali menghabiskan sisa hidup saya bersama anak..mohon kabar jika memang ada lowongan pekerjaan untuk saya ke iindrafin@yahoo.com terima kasih..wass.wr.wb

Ass.....
perkenalkan saya bekti,saya ingin skali mjadi slah satu presenter acara(host) di tv lokal jogja.tp saya kurang tau cara untuk bisa menjadi hostnya bagaimana????
karna saya ada pngalaman mjadi MC dan shotting dI JAKARTA lalaupun saya hanya lulusan smk!!!
mohon infonya di FB bekti_cr9@gmail.com
terimakasihhhhhhhhhh....
wasalam.

ass,,,
salam sejahtera
perkenalkan saya aris,saya lulusan smk dengan jurusan elektronika komunikasi.
membutuhkan pekerjaan yang sepantasnya dengan pendidikan terahir,
pengalaman bekerja tidak diragukan lagi,
mampu berkerja keras,
dimohon untuk memberikan info lowongannya ke imail,atau no hp:087839817567.
sebelumnya terimakasih ,
waslm,

adakah lowongan kerja buar opreter konterol room ( MCR) w skrg akmasih pegang di tv lokal depok jk ada saya mau yang ada di wilayah jawa tengah. mohon informasinya hubungin 0815868 99092


EmoticonEmoticon